Studi
Implementasi Guru Fisika dalam Melaksanakan Standar Penilaian di Sekolah
Menengah Atas ( SMA )
Rhendi
Van Pasaribu ( 081244210021 )
ABSTRAK
Studi Implementasi Guru Fisika
dalam Melaksanakan Standar Penilaian di
Sekolah Menengah Atas (SMA). Penelitian dilakukan untuk mengetahui implementasi
penilaian yang dilakukan oleh guru fisika telah sesuai Badan Standar Nasional
Pendidikan. Penelitian dilakukan terhadap beberapa guru fisika di Sekolah
Menengah Atas ( SMA ) dengan melakukan penyebaran angket, wawancara dan
observasi. Penelitian dilakukan guna mengetahui kemampuan guru dalam menilai
dan kesesuaian mekanisme, prosedur dari penilaian yang telah ditetapkan oleh
Badan Standar Nasional Pendidikan. Berdasarkan data
yang diperoleh mealalui pendataan angket, dokumentasi serta pengamatan bahwa
guru fisika di sekolah menengah atas kurang sesuai dalam melaksanakan standar
penilaian menurut Badan Standar Nasional Pendidikan. Adapun faktor penyebab
yang mempengaruhi implementasi guru dalam melaksanakan penilaian yang standar
yaitu : kurang sosialisasi dan pembianaan dari pemerintah. Serta tidak adanya pernyamaan persepsi yang dilakuakn oleh dinas
pendidikan setempat sehingga guru melakukan penilaian yang menurut guru pahami. Sistem pengawasan sekolah yang masih
lemah untuk merancang, melaksanakan, dan
melaporkan hasil dan prestasi belajar peserta didik perlu dukungan dari
sekolah. Adanya sistem penilaian dari sekolah, sehingga guru sulit
untuk memperbaiki mekanisme tata cara penilaian yang berstandar. Minat
dan motivasi peserta didik dalam mengikuti mata pelajaran fisika masih sangat
rendah. Adanya persepsi bahwa penilaian yang berstandar hanya
dari pemerintah yaitu melalui Ujian Nasional.
0 comments:
Post a Comment