1. Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI
1.1 Pengertian
Model pembelajaran TAI (Team Assisted
Individualization) termasuk dalam pembelajaran kooperatif. Menurut (Slavin,
2006: 19) “Dalam model pembelajaran TAI
siswa ditempatkan dalam kelompok-kelompok kecil (4 sampai 5 siswa) yang
heterogen untuk menyelesaikan tugas kelompok yang sudah disiapkan oleh guru,
selanjutnya diikuti dengan pemberian bantuan secara individu bagi siswa yang
memerlukannya” Keheterogenan kelompok mencakup jenis kelamin, ras, agama (kalau
mungkin), tingkat kemampuan (tinggi, sedang, rendah), dan sebagainya.
1.2 Sintaks Model
Pembelajaran TAI
a.
Guru menyiapkan materi
bahan ajar yang akan diselesaikan oleh kelompok siswa
b. Guru
memberikan pre-test kepada siswa atau melihat rata-rata nilai harian siswa agar
guru mengetahui kelemahan siswa pada bidang tertentu. (Mengadopsi komponen Placement
Test)
c.
Guru memberikan materi
secara singkat. (Mengadopsi komponen Teaching Group)
d. Guru
membentuk kelompok kecil yang heterogen tetapi harmonis berdasarkan nilai
ulangan harian siswa, setiap kelompok 4-5 siswa. (Mengadopsi komponen Teams)
e.
Setiap kelompok
mengerjakan tugas dari guru berupa LKS yang telah dirancang sendiri sebelumnya,
dan guru memberikan bantuan secara individual bagi yang memerlukannya.
(Mengadopsi komponen Team Study)
f.
Ketua kelompok
melaporkan keberhasilan kelompoknya dengan mempresentasikan hasil kerjanya dan
siap untuk diberi ulangan oleh guru. (Mengadopsi komponen Student Creative)
g. Guru
memberikan post-test untuk dikerjakan secara individu. (Mengadopsi komponen Fact
Test)
h. Guru
menetapkan kelompok terbaik sampai kelompok yang kurang berhasil (jika ada)
berdasarkan hasil koreksi. (Mengadopsi komponen Team Score and Team
Recognition). Guru memberikan tes formatif sesuai dengan kompetensi yang
ditentukan.
1.3 Kelebihan
Kelebihan
model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Slavin , 2009: 190-195) adalah:
a.
Meminimalisir
keterlibatan guru
b. Para
siswa akan melakukan pengecekan satu sama lain
c.
Siswa termotivasi akan
hasil yang lebih cepat dan tepat
d. Siswa
belajar mempelajari materi sendiri, kemudian memahaminya, dan menerapkannya
1.4 Kekurangan
Kekurangan
model pembelajaran kooperatif tipe TAI:
a.
Membutuhkan banyak
waktu
b.
Sering terjadi
miskonsepsi
1.5 Cakupan Materi
Cakupan Materi SMP
No.
|
Model Pembelajaran
|
Kelas
|
Materi yang cocok
|
Alat Peraga
|
1.
|
Kooperatif Tipe TAI
|
VII
|
· Suhu
dan Pengukurannya
· Pengukuran
· Kalor
|
·
Suhu
dan Pengukurannya :
-
Termometer
-
3
buah ember
-
Air
panas
-
Es
·
Pengukuran
:
-
Mistar
-
Jangka
Sorong
-
Neraca
-
Mikrometer
Skrub
-
Beban
-
Kaleng
·
Kalor
:
-
Tampilan
Macromedia Flash
-
Lilin
-
Air
-
Balon
-
Es
|
2.
|
VIII
|
· Usaha
dan Energi
· Cahaya
· Alat
– alat Optik
|
·
Usaha dan
Energi :
-
Katrol
-
Macromedia
Flash
-
Meja
-
Bola Lampu
-
Kabel Listrik
·
Cahaya :
-
Kit Optik
-
Macromedia
Flash
-
Jarum Pentul
-
Laser
·
Alat – alat
Optik :
-
Kit Optik
-
Macromedian
-
Flash
|
|
3.
|
IX
|
· Listrik
Statis
· Kemagnetan
|
·
Listrik
Statis :
-
Multimeter
-
Resistor
-
Lampu
-
Kabel
·
Kemagnetan :
-
Magnet
batang
-
Kompas
-
Mistar
panjang
-
Busur
|
0 comments:
Post a Comment