Lampiran
3. Angket Guru
|
|||
1.
|
Nama Sekolah
|
:
|
|
2.
|
NSS
|
:
|
|
3.
|
Alamat Sekolah
|
:
|
|
|
Desa
|
:
|
|
|
Kecamatan
|
:
|
|
|
Kabupaten/ Kota
|
:
|
Kode Pos :
|
4.
|
Telepon/ Faksimili
|
:
|
HP :
|
5.
|
E-mail
|
:
|
|
6.
|
SK/ Akte Tahun Pendirian
|
:
|
Tahun :
|
7.
|
Nama Yayasan
*)
|
|
|
8.
|
Jumlah Rombongan Belajar
|
:
|
Kelas X : Kelas XI :
Kelas XII :
|
9.
|
Kualifikasi Akreditasi/ SK
|
:
|
( ) Nomor SK : Tahun :
|
10.
|
Nama Responden
|
|
|
|
a. Kepala Sekolah
|
:
|
|
|
b. Wakil Kepsek/Urusan
|
:
|
|
|
c. Guru
|
:
|
|
|
d. Kepala TU/Tenaga
Admin
|
:
|
|
|
e. Siswa/ Perwakilan
|
:
|
|
|
f. Komite Sekolah
|
:
|
|
|
g. Pengurus Yayasan
*)
|
:
|
|
|
h. Lainnya
|
:
|
|
KOMPONEN
STANDAR PENILAIAN
NO
|
INDIKATOR
|
DESKRIPTOR
|
CENTANG
|
BUKTI FISIK/ INFORMASI
PENDUKUNG
|
RESPONDEN
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
||
1
|
Ada atau tidak adanya
informasi rancangan kriteria penilaian pada silabus, kepada para siswa di awal semester
|
Rancangan kriteria penilaian pada silabus
selalu diinformasikan kepada para siswa di awal
semester
|
|
Data hasil wawancara
|
Guru maple
|
||
Rancangan kriteria penilaian pada silabus
sering diinformasikan kepada para siswa di awal semester
|
|
||||||
Rancangan kriteria penilaian pada silabus
jarang diinformasikan kepada para siswa di awal semester
|
|
||||||
Rancangan kriteria penilaian pada silabus
tidak pernah diinformasikan kepada para siswa di awal semester
|
|
||||||
2
|
Kesesuaian teknik penilaian pada silabus
dengan indikatorpencapaian KD
|
Teknik
penilaian pada silabus sesuai dengan indikator
pencapaian kompetensi dasar
|
|
Dokumen silabus dan
RPP
|
Guru maple
|
||
Teknik
penilaian pada silabus kurang sesuai dengan indikator
pencapaian kompetensi dasar
|
|
||||||
Teknik penilaian
pada silabus tidak sesuai dengan indikator
pencapaian kompetensi dasar
|
|
||||||
3
|
Kesesuaian
instrumen dan pedoman penilaian dengan bentuk dan teknik penilaian
|
Instrumen dan
pedoman penilaian sesuai dengan bentuk dan teknik
penilaian
|
|
Dokumen silabus dan RPP
|
Guru maple
|
||
Instrumen dan
pedoman penilaian kurang sesuai dengan bentuk dan
teknik penilaian
|
|
||||||
Instrumen dan
pedoman penilaian tidak sesuai dengan bentuk dan
teknik penilaian
|
|
||||||
4
|
Penilaian hasil
pembelajaran
|
>80% penilaian
hasil belajar bersifat otentik
|
|
a. Catatan hasil
supervisi akademik
b. RPP semua mapel
|
Guru mapel
|
||
50%-80% penilaian
hasil belajar bersifat otentik
|
|
||||||
<50% penilaian
hasil belajar bersifat otentik
|
|
||||||
>80% penilaian
hasil belajar bersifat otentik
|
|
||||||
5
|
Macam asesmen yang
digunakan: traditional (tes
tertulis), alternative assessmen
|
Sebagian jenis asesmen yang digunakan
oleh guru mata pelajaran adalah alternative
assessmen dan sebagian lagi traditional
assessment (tes tertulis)
|
|
|
|
||
Semua jenis asesmen yang digunakan oleh
guru mata pelajaran adalah traditional
assessmen (tes tertulis)
|
|
||||||
6
|
Macam asesmen
tergolong asesmen autentik atau asesmen non autentik
|
Semua jenis asesmen tergolong asesmen autentik
|
|
|
|
||
Sebagian jenis asesmen tergolong asesmen
autentik dan sebagian lagi asesmen non autentik
|
|
||||||
Semua jenis asesmen tergolong asesmen non
autentik
|
|
||||||
7
|
Macam tes tertulis
yang digunakan: essay atau multiple choice
|
Semua tes tertulis yang digunakan guru
adalah tes essay
|
|
|
|
||
Sebagian tes tertulis yang digunakan guru
adalah tes essay dan sebagian lagi multiple choice
|
|
||||||
Semua tes tertulis yang digunakan guru
adalah multiple choice
|
|
||||||
8
|
Tingkat taksonomi
Bloom yang digunakan pada tes tertulis
|
Semua soal tes tertulis termasuk dalam
kategori berpikir tingkat tinggi (C4-C6)
|
|
|
|
||
> 50% soal
tes tertulis termasuk dalam kategori berpikir tingkat tinggi (C4-C6)
|
|
||||||
Antara 25 -
<50% soal tes tertulis termasuk dalam kategori berpikir tingkat tinggi
(C4-C6)
|
|
||||||
< 25% soal
tes tertulis termasuk dalam kategori berpikir tingkat tinggi (C4-C6)
|
|
||||||
9
|
Kesesuaian
instrumen dan pedoman penilaian dengan bentuk dan teknik penilaian
|
Instrumen dan
pedoman penilaian sesuai dengan bentuk dan teknik
penilaian
|
|
Dokumen silabus, RPP
dan Instrumen penillaian
|
Guru maple
|
||
Instrumen dan pedoman
penilaian kurang sesuai dengan bentuk dan teknik
penilaian
|
|
||||||
Instrumen dan
pedoman penilaian tidak sesuai dengan bentuk dan
teknik penilaian
|
|
||||||
10
|
Teknik penilaian
yang digunakan
|
Guru mata pelajaran
menggunakan lebih dari tiga teknik penilaian
|
|
Dokumen silabus, RPP
dan Instrume n penillaian
|
Guru maple
|
||
Guru mata pelajaran
menggunakan 2-3 teknik penilaian
|
|
||||||
Guru mata pelajaran
menggunakan <2 teknik penilaian
|
|
||||||
11
|
Ada
atau tidak adanya lebih dari satu teknik penilaian
|
Guru mata
pelajaran selalu menggunakan lebih dari satu teknik penilaian
|
|
|
Guru maple
|
||
Guru mata
pelajaran sering menggunakan lebih dari satu teknik penilaian
|
|
||||||
Guru mata
pelajaran jarang menggunakan lebih dari satu teknik penilaian
|
|
||||||
Guru mata
pelajaran tidak pernah menggunakan lebih dari satu teknik penilaian
|
|
||||||
12
|
Ada atau tidak adanya
pengolahan atau analisis hasil penilaian untuk mengetahui kemajuan dan
kesulitan belajar
|
Guru mata pelajaran selalu mengolah dan
menganalisis hasil penilaian untuk mengetahui kemajuan
dan kesulitan belajar
|
|
a. Program pengolahan
nilai berbasis ICT
b. Dokumen hasil
analisis nilai
|
Guru maple
|
||
Guru mata pelajaran sering mengolah dan
menganalisis hasil penilaian untuk mengetahui
kemajuan dan kesulitan belajar
|
|
||||||
Guru mata pelajaran jarang mengolah dan
menganalisis hasil penilaian untuk mengetahui
kemajuan dan kesulitan belajar
|
|
||||||
Guru mata pelajaran tidak pernah mengolah
dan menganalisis hasil penilaian untuk mengetahui
kemajuan dan kesulitan belajar
|
|
||||||
13
|
Ada
atau tidak adanya balikan hasil kerja siswa disertai masukan/komentar yang
mendidik
|
Guru selalu
memberikan balikan hasil kerja siswa disertai
masukan/komentar yang mendidik
|
|
a. Lembar penilaian
hasil belajar siswa
b. Data hasil
wawancara
|
Guru maple
|
||
Guru sering memberikan balikan hasil kerja siswa disertai masukan/komentar yang mendidik
|
|
||||||
Guru jarang memberikan balikan hasil kerja siswa disertai masukan/komentar yang mendidik
|
|
||||||
Guru tidak pernah memberikan balikan hasil kerja siswa disertai masukan/komentar yang mendidik
|
|
||||||
14
|
Ada atau tidak adanya
pemanfaatan hasil penilaian untuk perbaikan pembelajaran
|
Guru mata
pelajaran selalu memanfaatkan hasil penilaian untuk
perbaikan pembelajaran.
|
|
|
Guru maple
|
||
Guru mata pelajaran sering memanfaatkan hasil penilaian untuk perbaikan pembelajaran.
|
|
||||||
Guru mata pelajaran jarang memanfaatkan hasil penilaian untuk perbaikan pembelajaran.
|
|
||||||
Guru mata pelajaran tidak pernah
memanfaatkan hasil penilaian untuk perbaikan
pembelajaran.
|
|
||||||
15
|
Ada atau tidak adanya
laporan hasil penilaian akhlak siswa kepada guru pendidikan agama, sebagai
informasi untuk penentuan nilai akhir semester
|
Guru mata pelajaran selalu melaporkan hasil penilaian akhlak siswa kepada guru
pendidikan agama untuk penentuan nilai akhir semester
|
|
|
Guru maple
|
||
Guru mata pelajaran sering melaporkan
hasil penilaian akhlak siswa kepada guru pendidikan agama untuk penentuan
nilai akhir semester
|
|
||||||
Guru mata pelajaran jarang melaporkan
hasil penilaian akhlak siswa kepada guru pendidikan agama untuk penentuan
nilai akhir semester
|
|
||||||
Guru mata pelajaran tidak pernah
melaporkan hasil penilaian akhlak siswa kepada guru pendidikan agama untuk
penentuan nilai akhir semester
|
|
||||||
16
|
Ada atau tidak adanya
laporan hasil penilaian kepribadian siswa kepada guru Pendidikan
Kewarganegaraan sebagai informasi untuk pemantauan nilai akhir semester
|
Guru mata pelajaran selalu melaporkan
hasil penilaian akhir siswa kepada guru Pendidik Kewarganegaraan sebagai
informasi untuk penentuan nilai akhir semester
|
|
|
Guru maple
|
||
Guru mata pelajaran sering melaporkan
hasil penilaian akhir siswa kepada guru Pendidik Kewarganegaraan sebagai
informasi untuk penentuan nilai akhir semester
|
|
||||||
Guru mata pelajaran jarang melaporkan
hasil penilaian akhir siswa kepada guru Pendidik Kewarganegaraan sebagai
informasi untuk penentuan nilai akhir semester
|
|
||||||
Guru mata pelajaran tidak pernah
melaporkan hasil penilaian akhir siswa kepada guru Pendidik Kewarganegaraan
sebagai informasi untuk penentuan nilai akhir semester
|
|
||||||
17
|
Ada atau tidak adanya
ulangan tengah semester, akhir semester, dan kenaikan kelas
|
Sekolah selalu mengadakan ulangan tengah semester, akhir semester, dan kenaikan
kelas
|
|
Lembar laporan nilai
|
Guru maple
|
||
Sekolah sering
mengadakan ulangan tengah semester dan akhir semester
|
|
||||||
Sekolah jarang
mengadakan ulangan akhir semester
|
|
||||||
Sekolah tidak
pernah mengadakan ulangan akhir semester
|
|
||||||
18
|
Ada atau tidak adanya prestasi
kelulusan UN sekolah dalam perbandingan dengan rata-rata kelulusan UN
Nasional tahun terakhir
|
Hasil mata pelajaran yang diujikan selalu
lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata mata pelajaran nasional
|
|
|
|
||
Hasil mata pelajaran yang
diujikan, sering lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata mata pelajaran
nasional
|
|
||||||
Hasil mata pelajaran yang
diujikan, jarang lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata mata pelajaran
nasional
|
|
||||||
19
|
Evaluasi adalah suatu proses yang sistematis dan
berkelanjutan untuk menentukan kualitas (nilai dan arti) dari sesuatu
berdasarkan pertimbangan dan kriteria tertentu dalam rangka pembuatan
keputusan
|
Dilakukan secara
sistematik dan berkelanjutan serta memiliki standar atau kriteria tertentu
|
|
|
|
||
Dilakukan secara
sistematik dan berkelanjutan tetapi tidak ada standar atau kriterianya
|
|
||||||
Tidak
dilakukan secara sistematis dan berkelanjutan
|
|
||||||
20
|
Ruang lingkup evaluasi pembelajaran meliputi beberapa domain pembelajaran
|
Menerapkan domain-domain
pembelajaran dalam kegiatan proses pembelajaran
|
|
|
Guru Mapel
|
||
Hanya beberapa
domain pembelajaran saja yang diterapkan dalam kegiatan proses pembelajaran
|
|
||||||
Tidak menerapakan
domain pembelajaran dalam kegiatan proses pembelajaran
|
|
||||||
0 comments:
Post a Comment