BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Pendidikan nasional bertujuan untuk
meningkatkan kualitas manusia Indonesia seutuhnya, yaitu: manusia yang beriman
dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur, berkepribadian,
mandiri, maju, tangguh, cerdas, kreatif, terampil, berdisiplin, memiliki etos
kerja yang tinggi, bertanggung jawab, serta sehat jasmani dan rohani.
Tujuan tersebut dapat tercapai melalui
kegiatan intrakurikuler dan kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan ekstrakurikuler
yang dapat dilakukan di sekolah diantaranya adalah kepramukaan yang dilakukan
oleh gerakan pramuka tingkat penegak untuk tingkat sekolah menengah atas.
Pendidikan kepramukaan dilaksanakan melalui gugus depan gerakan pramuka yang
berpangkalan di sekolah yang bersangkutan.
Perihal peningkatan pembinaan kegiatan
ekstrakurikuler terutama bidang kepramukaan telah ditetapkan melalui surat yang
diterbitkan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor
533/C8/U/1995 pada tanggal 7 September 1995.
Berdasarkan uraian di atas, maka
pendidikan kepramukaan agar dapat dilaksanakan sebaik – baiknya di sekolah dan
dapat menunjang pencapaian tujuan pendidikan nasional.
B. Tujuan
Laporan hasil pelaksanaan program
kegiatan penempuhan Narakarya I ini disusun sebagai :
1.
Syarat untuk mendapatkan
sertifikat Narakarya I kegiatan pasca KMD.
2.
Prasyarat untuk
mengikuti kegatan KML.
3. Evaluasi
pelaksanaan program kepramukaan yang telah dilaksanakan.
4.
Tujuan pembinaan
ekstrakurikuler dibidang kepramukaan di sekolah adalah untuk menunjang kegiatan
belajar mengajar, khususnya di bidang pembinaan ke peserta didik dalam
pembentukan watak dan kepribadian peserta didik melalui kegiatan kepramukaan.
C. Sasaran
Sasaran yang ingin dicapai dengan
diselenggarakannya pembinaan kepramukaan adalah sebagai berikut.
1. Kuat
keyakinan beragama.
2. Tinggi
mental dan moralnya serta berjiwa Pancasila.
3. Sehat,
segar, dan kuat jasmaninya.
4. Cerdas,
tangkas, dan terampil.
5. Berpengetahuan
luas dan dalam.
6. Berjiwa
kepemimpinan dan patriot.
7. Berkesadaran
nasional dan peka terhadap perubahan lingkungan.
8. Berpengalaman
banyak.
BAB II
ANALISIS
KONDISI GUDEP
A.
Deskripsi Gudep
Nama
Sekolah : SMA Negeri 3 Semarang
Nama
Ambalan Gudep : Ambalan Soeringgit
Nomor
Gudep : 08.093 (Putra) - 08.094 (Putri)
B.
Pelaksanaan Latihan/Kegiatan.
1. Pelaksanaan
latihan/kegiatan golongan peserta didik di lakukan di gugus depan.
2. Pelaksanaan
kegiatan dilakukan sebanyak mungkin dengan praktik dan tetap memperhatikan
ketertiban, keamanan,berupa kegiatan nyata yang memberi kesempurnaan kepada
peserta didik menerapkan pengetahuan dan kecakapan yang sesuai dengan usia,
kemampuan jasmani dan rohani.
3. Pelaksanaan
kegiatan dilakukan secara praktis yaitu sederhana, mudah menfaaatkan sumber
daya yang ada dan menghemat biaya, tetapi berhasil guna dan tepat guna
4. Pelaksanaan
latihan/kegiatan berupaya mencapai anggaran dasar gerakan pramuka
5. Pelaksanaan
kegiatan/latihan di susun secara berkala dalam prigram latihan
C.
Administrasi Gugus Depan
Administrasi
gugus depan merupakan alat bantu kelancaran jalannya gugus depan. Maka dari
itu, dibawah ini contoh administrasi yang ada di gugus depan dengan format
terlampir, yang terdiri dari :
1.
Biodata
Pengurus Gudep
2.
Program Kerja
3.
Uraian
Program Kegiatan Latihan
4.
No Induk
Anggota
5.
Daftar Hadir
Latihan 1
6.
Agenda
Kegiatan harian
7.
Agenda Acara
Pelantikan
8.
Aganda
Kenaikan TIngkat
9.
Buku Tamu
10. Buku Kas Mingguan
11. Buku Kas Bulanan
12. Buku Kas Tahunan
13. Agenda Surat masuk
|
14. Agenda Suart Keluar
15. Buku Inventaris Barang
16. Buku Catatan Rapat / Notulen Rapat
17. Buku Catatan Peristiwa Penting ( Buku LOG)
18. Agenda Dokumentasi Kegiatan
19. Buku Adat
20. Program Kerja Tahunan
21. Buku Hubungan Kemasyarakatan
22. Buku Daftar Hadir Latihan 2
23. Program Mingguan
24. Persiapan Mengajar
25. Catatan Pribadi Anggota
|
D.
Analisis
Swot
Analisis kondisi gugus depan Ambalan Soeringgit SMA Negeri 3 Semarang perlu
dijabarkan menggunakan analisis SWOT (strengths,
weaknesses, opportunities, dan threats). Melalui analisis SWOT ini
diharapkan akan diketahui tindakan yang perlu dilakukan guna menghadapi
kelemahan (weaknesses) dan ancaman (threats) dengan menggunakan kekuatan (strengths) dan peluang (opportunities).
1.
Strenght
Hal-hal
yang menguatkan dalam proses pembinaan peserta didik pramuka di Gugusdeoan Kota
Semarang 08.093 – 08.094 adalah sebagai berikut :
a.
Pembina Pramuka yang andal dan berpengalaman.
b.
Sarana Prasarana sekolah yang memadai yaitu, lapangan dan perlengkapan
tekpram dan sanggar pramuka.
c.
Dewan Ambalan yang sudah terkoordinasi dengan baik
2.
Weakness
Kelemahan
dalam proses proses pembinaan pramuka diantaranya adalah sebagai berikut:
a.
Tidak proporsinya jumlah Pembina dengan Peserta didik.
b.
Tidak proporsinya jumlah Dewan Ambalan dengan jumlah Sangga.
c.
Jumlah sangga yang terlalu banyak.
3.
Opportunities
Kesempatan
yang bisa meningkatkan produktivitas kegiatan ekstrakurikuler adalah sebagai
berikut:
a.
Letak sekolah yang strategis yaitu di tengah ibukota provinsi.
b.
Akses yang mudah untuk bekerja sama dengan Dewan Kerja Cabang dan Dewan
Kerja Daerah.
c.
Mempunyai reputasi sekolah yang baik dengan prestasi yang banyak.
4.
Threath
Ancaman
terhadap proses kegiatan pembinaan pramuka ini bisa dari luar dan bisa dari
organisasi. Ancaman itu diantaranya adalah :
a.
Dekatnya lokasi Sekolah dengan sekolah lainnya.
b.
Padatnya jam sekolah dan banyaknya tugas yang
diberikan, membuat
siswa tidak
mengikuti kegiatan pramuka, karena sudah lelah .
BAB III
LAPORAN
HASIL PELAKSANAAN PROGRAM
A.
Perencanaan Program
Program yang akan dilaksanakan oleh gugusdepan Kota Semarang 08.093 –
08.094 Ambalan Soeringgit adalah sebagai berikut :
No
|
Kegiatan
|
Bulan
|
Tanggal
|
1
|
Pioneering
|
Agustus
|
8
|
2
|
Game dan tali
temali
|
15
|
|
3
|
Latihan Sandi
|
22
|
|
4
|
Latihan Morse
|
29
|
|
5
|
Latihan semaphore
|
September
|
5
|
6
|
Latihan mendirikan
Tenda
|
12
|
|
7
|
Latihan P3K
|
19
|
|
8
|
Pencapaian SKU/SKK
|
26
|
|
9
|
Pelantikan penegak
laksana
|
Oktober
|
3
|
10
|
Penyuluhan NAPZA
|
10
|
|
11
|
Koordinasi kegiatan
penerimaan tamu ambalan
|
17
|
|
12
|
Pembentukan sangga
baru
|
24
|
|
13
|
Latihan upacara
pembukaan dan penutupan
|
31
|
|
14
|
Penerimaan Tamu
Ambalan
|
November
|
7
|
15
|
Sejarah Kepramukaan
|
14
|
B.
Pelaksanaan Program
Adapun pelaksanaan programnya sebagai berikut :
No
|
Bulan
|
Jenis Kegiatan
|
tanggal
|
Keterangan
|
Agustus-2014
|
||||
1
|
Minggu
I
|
14.00 – 14.20 Upacara pembukaan
|
08/08/2014
|
Halaman depan
sekolah
|
14.20 – 15.40 Pioneering
|
||||
15.40 – 16.00 Upacara Penutupan
|
||||
2
|
Minggu
II
|
14.00 – 14.20 Upacara pembukaan
|
15/08/2014
|
Halaman depan
sekolah
|
14.20 – 15.40 Game dan tali temali
|
||||
15.40 – 16.00 Upacara Penutupan
|
||||
3
|
Minggu
III
|
14.00 – 14.20 Upacara pembukaan
|
22/08/2014
|
Halaman depan
sekolah
|
14.20 – 15.40 Latihan sandi-sandi
|
||||
15.40 – 16.00 Upacara Penutupan
|
||||
4
|
Minggu
IV
|
14.00 – 14.20 Upacara pembukaan
|
29/08/2014
|
Halaman depan
sekolah
|
14.20 – 15.40 Latihan Morse
|
||||
15.40 – 16.00 Upacara Penutupan
|
||||
September-2014
|
||||
5
|
Minggu
I
|
14.00 – 14.20 Upacara pembukaan
|
05/09/2014
|
Halaman depan
sekolah
|
14.20 – 15.40 Latihan Semaphore
|
||||
15.40 – 16.00 Upacara Penutupan
|
||||
6
|
Minggu
II
|
14.00 – 14.20 Upacara pembukaan
|
12/09/2014
|
Halaman depan
sekolah
|
14.20 – 15.40 Latihan Mendirikan Tenda
|
||||
15.40 – 16.00 Upacara Penutupan
|
||||
7
|
Minggu
III
|
14.00 – 14.20 Upacara pembukaan
|
19/09/2014
|
Halaman depan
sekolah
|
14.20 – 15.40 Latihan P3K
|
||||
15.40 – 16.00 Upacara Penutupan
|
||||
8
|
Minggu
IV
|
14.00 – 14.20 Upacara pembukaan
|
26/09/2014
|
Ruang Kelas
|
14.20 – 15.40 Latihan SKU/SKK
|
||||
15.40 – 16.00 Upacara Penutupan
|
||||
Okobert-2014
|
||||
9
|
Minggu
I
|
14.00 – 14.20 Upacara pembukaan
|
03/09/2014
|
Halaman depan
sekolah
|
14.20 – 15.40 Pelantikan Penegak Laksana
|
||||
15.40 – 16.00 Upacara Penutupan
|
||||
10
|
Minggu
II
|
14.00 – 14.20 Upacara pembukaan
|
10/09/2014
|
Ruang Multimedia
|
14.20 – 15.40 Penyuluhan NAPZA
|
||||
15.40 – 16.00 Upacara Penutupan
|
||||
11
|
Minggu
III
|
14.00 – 14.20 Upacara pembukaan
|
17/09/2014
|
Halaman depan
sekolah dan Ruang Kelas
|
14.20 – 15.40 Koordinasi KegiatanTamu
Ambalan
|
||||
15.40 – 16.00 Upacara Penutupan
|
||||
12
|
Minggu IV
|
14.00 – 14.20 Upacara pembukaan
|
24/09/2014
|
Halaman depan
sekolah dan Ruang Kelas
|
14.20 – 15.40 Pembentukan Sangga Baru
|
||||
15.40 – 16.00 Upacara Penutupan
|
||||
13
|
Minggu
V
|
14.00 – 14.20 Upacara pembukaan
|
31/09/2014
|
Halaman Depan
Sekolah
|
14.20 – 15.40 Lat. Upacara pembukaan dan
penutupan
|
||||
14.20 – 15.40 Upacara Penutupan
|
||||
November-2014
|
||||
14
|
Minggu
I
|
14.00 – 14.20 Upacara pembukaan
|
31/09/2014
|
Ruang Multimedia
|
14.20 – 15.40 Penerimaan Tamu Ambalan
|
||||
14.20 – 15.40 Upacara Penutupan
|
||||
15
|
Minggu
II
|
14.00 – 14.20 Upacara pembukaan
|
31/09/2014
|
Halaman Depan
Sekolah
|
14.20 – 15.40 Sejarah Kepramukaan
|
||||
14.20 – 15.40 Upacara Penutupan
|
C.
Ketercapaian Program
Ketercapaian
program yang diraih dalam kegiatan kepramukaan dalam Gugusdepan 08.093 – 08.094 pangkalan SMA
Negeri 3 Semarang yaitu
terlaksananya 90% program kegiatan yang sudah disusun oleh Ambalan Soeringgit dengan berdasarkan
Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan.
BAB
IV
PENUTUP
A.
SIMPULAN
Pelaksanaan Pembinaan ektrakurikuler Pramuka di
Gugusdepan Kota Semarang 08.093 – 08.094 Ambalan Soeringgit sudah
berjalan dengan baik. Berjalannya kegiatan ini didukung oleh kinerja Pembina
dan Dewan Ambalan Soeringgit. Berdasarkan
analisis SWOT yang sudah dilakukan penulis adalah ada beberapa yang bisa
dijadikan evaluasi untuk meningkatkan kualitas pramuka yaitu dengan mengurangi
kelemahan-kelamahan dan ancaman yang bisa saja terjadi.
B.
SARAN
Saran yang dapat kami berikan untuk meningkatkan
produktifiktas dan kualitas baik dari Pembina dan Dewan Ambalan serta anggota
ambalan adalah sebagai berikut:
a.
Pelatihan keterampilan dan manajemen untuk Pembina
b.
Gladian Pimpinan Satuan untuk dewan Ambalan
c.
Mengadakan Studi Banding ke Ambalan lain
d.
Mengadakan Upgrading untuk Dewan Ambalan Soeringgit
e.
Anggota Ambalan di harapkan untuk aktif menjadi Dewan Kerja Ranting atau
Dewan Kerja Cabang dan Satuan Karya.
terima kasih kak .. salam dari Kep.meranti Riau
ReplyDeleteSalam Pramuka
ReplyDeleteTrimakasih
Untuk contoh tugas habis KMD
Salam dari Jambi
Salam pramuka Terima kasih contoh yang baik untuk laporan masah pengembangan
ReplyDeleteMana lembar pengesahan nya
ReplyDeleteAlhamdulillah, dapat pencerahan untuk penyusunan narakarya bagi saya yang pemula sebagai pembina pramuka.
ReplyDeleteTerima kasih banyak, senantiasa memberi manfaat ...
Terimakasih pengetahuan nya kak salam Pramuka dari kab.Anambas Kepulauan Riau
ReplyDeletesalam pramuka
ReplyDelete