Pengertian Evaluasi
Evaluasi (evaluation) adalah penilaian
yang sistematik tentang manfaat atau kegunaan suatu objek.
Dalam melakukan evaluasi terdapat judgement untuk menentukan nilai suatu program yang sedikit banyak mengandung
unsur subjektif. Evaluasi memerlukan data
hasil pengukuran dan informasi hasil penilaian yang memiliki banyak dimensi, seperti kemampuan, kreativitas, sikap,
minat, keterampilan, dan sebagainya. Oleh karena
itu, dalam kegiatan evaluasi, alat ukur yang digunakan juga bervariasi
bergantung pada jenis data yang ingin
diperoleh. ( Arifin.2011)
Evaluasi dapat juga menunjukkan bagaimana
murid tumbuh, karena itu evaluasi dapat meningkatkan efektivitas pengajaran.,
dengan evaluasi kita dapat melokalisasi kesulitan-kesulitan siswa dalam
belajar. Evaluasi dapat pula dijadikan bahan dalam membimbing kecerdasan murid
dalam memilih bidang keilmuan atau bidang pekerjaan. Pada umumnya evaluasi
berguna dalam menentukan kedudukan dan kemajuan siswa.
Menurut Raplh Tyler (1950) mengatakan bahwa evaluasi merupakan sebuah
proses pengumpulan data untuk menentukan sejauh mana, dalam hal apa, dan bagian
mana tujuan pendidikan sudah tercapai. Jika belum, bagaimana yang belum dan apa
sebabnya. Definisi yang lebih luas dikemukakan oleh dua orang ahli lain, yakni
Cronbach dan Stufflebeam. Tambahan definisi tersebut adalah bahwa proses
evaluasi bukan sekadar mengukur sejauh mana tujuan tercapai, tetapi digunakan
untuk membuat keputusan ( Arikunto. 2007: 3)
0 comments:
Post a Comment