BAB V
KESIMPULAN
5.1 Kesimpulan
Dari data di atas dapat di simpulkan
bahwa:
1.
Berdasarkan data
yang diperoleh bahwa guru fisika di sekolah menengah atas kurang sesuai dalam
melaksanakan standar penilaian menurut Badan Standar Nasional Pendidikan.
2.
Adapun faktor
penyebab yang mempengaruhi implementasi guru dalam melaksanakan penilaian yang
standar yaitu :
1. Kurang Sosialisasi dan
pembianaan dari pemerintah. Serta tidak
adanya pernyamaan persepsi yang dilakuakn oleh dinas pendidikan setempat
sehingga guru melakukan penilaian yang menurut guru pahami.
2. Sistem pengawasan
sekolah yang masih lemah. Untuk merancang, melaksanakan, dan melaporkan hasil
dan prestasi belajar peserta didik perlu dukungan dari sekolah.
3. Adanya sistem penilaian dari sekolah, sehingga guru sulit
untuk memperbaiki mekanisme tata cara penilaian yang berstandar.
4. Minat
dan motivasi peserta didik dalam mengikuti mata pelajaran fisika masih sangat
rendah.
5. Adanya persepsi bahwa penilaian yang berstandar hanya
dari pemerintah yaitu melalui Ujian Nasional.
5.2 Saran
Dari data di atas dapat di sarankan bahwa :
1.
Untuk peneliti yang
ingin melakukan penelitian yang sejenis penelitian ini disarankan untuk
mengambil sampel penelitian lebih banyak, agar diperoleh data yang lebih
variatif.
2.
Bagi peneliti
berikutnya disarankan untuk lebih dapat mendisplay data dengan daya kreatif
sendiri sehingga menghasilkan temuan-temuan yang dapat memperbaiki pendidikan
di Indonesia.
3.
Perlunya bagi guru
untuk mengikuti seluruh perkembangan informasi dalam pendidikan sehingga dapat
melakukan improvisasi dalam proses pembelajaran.
0 comments:
Post a Comment