BAB III
METODE PENELITIAN
3.1 Pendekatan Penelitian
Dalam penelitian ini,
metode yang digunakan adalah metode kualitatif , Jenis penelitian Ethnografi. Peneliti menggunakan metode kualitatif karena permasalahan belum
fokus, holistik, kompleks, dinamis, dan penuh makna. Peneliian ethnografi digunakan untuk menghimpun informasi atau data dari sampel sumber
data.
3.2 Tempat dan Waktu Penelitian
Penelitian
dilaksanakan di beberapa Sekolah Menengah Atas (SMA) dengan akreditasi yang
berbeda di Kota Medan. Waktu penelitian dimulai bulan Mei dan berakhir di bulan Juli tahun 2012.
3.3 Instrumen Penelitian
Dalam penelitian kualitatif instrumen utamanya adalah peneliti
sendiri, namun selanjutnya setelah fokus penelitian menjadi jelas, maka
kemungkinan akan dikembangkan instrumen penelitian sederhana, yang diharapkan
dapat melengkapi data dan membandingkan dengan data yang telah ditemukan
melalui observasi, angket, wawancara dan dokumentasi.
3.4 Sampel Sumber Data
Sampel
sumber data dipilih secara purposive. Dalam penelitian ini, sampel
sumber datanya adalah guru fisika SMA dengan pertimbangan kualifikasi guru,
golongan, umur, setifikasi, dan lama mengajar.
3.5 Teknik Pengumpulan Data
Dalam
penelitian ini, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi
partisipan, kuesioner, dan wawancara mendalam. Hal-hal yang di observasi adalah
kegiatan belajar mengajar, metode pembelajaran, sarana dan prasarana sekolah,
pemahaman guru tentang UU Sisdiknas, dan
Pemahaman Guru Tentang Standar Penilaian. Kuesioner dan wawancara mendalam akan
dilakukan kepada guru fisika dari beberapa sekolah yang memiliki akreditasi
yang berbeda.
Jenis kuesioner
yang digunakan adalah kuesioner tak berstruktur. Kuesioner tak berstruktur
digunakan untuk menggali informasi yang diinginkan dan sumber data dapat
memberikan informasi dengan bebas. Setelah peneliti mendapatkan fokus atau inti
permasalahan yang akan diteliti, maka peneliti akan melakukan wawancara yang
mendalam kepada sampel sumber data sehingga diperoleh data yang akurat dan jelas.
3.6 Teknik Analisis Data
Teknik analisis data
dalam penelitian ini lebih banyak dilakukan bersamaan dengan pengumpulan data.
Miles dan Huberman dalam (Sugiyono, 2010: 246) mengemukakan bahwa dalam
analisis data kualitatif dilakukan secara interaktif dengan aktivitas analisis
data yaitu reduksi data, display data, dan kesimpulan gambaran/verifikasi.
3.6.1 Reduksi Data
Data
yang diperoleh dari lapangan jumlahnya cukup banyak. Untuk itu perlu dicatat
secara teliti dan rinci. Semakin sering peneliti ke lapangan maka jumlah data
akan makin banyak, kompleks dan rumit. Untuk itu perlu dilakukan analisis data
melalui reduksi data. Mereduksi data berarti merangkum, memilih hal-hal yang
pokok, memfokuskan pada hal-hal yang penting, dicari pola dan temanya dan
membuang yang tidak perlu.
3.6.2 Display Data
Dengan mendisplaykan data, maka akan
memudahkan untuk memahami apa yang terjadi, merencanakan kerja selanjutnya
berdasarkan apa yang telah dipahami tersebut.data dapat di displaykan dalam
teks yang naratif, grafik, matrik, network
(jejaring kerja) dan chart.
3.6.3 Verifikasi
Pada penelitian kualitatif
verifikasi (simpulan awal) yang dikemukakan masih bersifat sementara dan akan
berubah bila ditemukan bukti-bukti yang kuat yang mendukung pada tahap
pengumpulan data berikutnya . Tetapi apabila kesimpulan yang dikemukakan pada
tahap awal, didukung oleh bukti-bukti yang valid dan konsisten pada saat
peneliti kembali ke lapangan mengumpulkan data, maka simpulan yang dikemukakan
merupakan simpulan yang kredibel.
0 comments:
Post a Comment