ORIENTASI UMUM MENEJEMEN
MENEJEMEN
1. Pengertian.
Dalam pencapaian kebutuhan atau tujuan dalam sebuah organisasi
sangat diperlukan adanya sebuah manejemen yang bagus. Dimana dalam mengelola,
mengatur, merencanakan, dan control sebuah organisasi.
Dikuatkan juga oleh Drs. Ero
H. Roasidi. Menurutnya menejemen adalah perencanaan dan pengaturan atau
bimbingan suatu organisasi dalam hubungannya dengan tata kerja. Dan dengan
kewajiban atau tugas pegawainya. Menurut James
A. F. Stone. Menejemen adalah proses perencanaan pengorganisasian,
pengarahan, dan pengawasan usaha usaha para anggota organisasi dan penggunaan
sumber daya organisasi lainya untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Dari sini dapat kita definisikan bahwa menejemn adalah adalah proses
perencanaan, pengaturan, pengarahan dan pengawasan dinamika organisasiadan
penggunaan instrument lainya untuk mencapai tujuan organisasi.
II. Unsur Unsur Dalam Menejemen.
1.
Planning (perencanaan) : merupakan
suatu hal yang esensial yang harus dilakuka oleh seorang emimpin untuk
menentukasn kebijakan yang harus dilakukanoleh semua pejabat organisasi, baik
apa, kapan, dan bagaimana.
2.
Organizing (pengorganisasian :
yaitu pembagian dan p[engalokasian tugas dan aktifitas kepada semua komponen
organisasi.
3.
Actuating (pengerak) :
mengerakkan orang orang yang ada da;lam organisasi untuk bekerja dan bertindak.
4.
Controlling/evaluating :
pengendalian atau evaluasi dari proses mulai dari planning sampai actuating.
Dari semua yang terdapat dqalam menejemen punya arti penting dalam
mengelola sebuah organisasi.
a. Untuk mempermudah dalam melaksanakan aktifitas organisasi
b. Mempermudah pencapaian tujuan organisasi.
c. Untuk menjaga keseimbangaj dalam sebuah organisasi
d. Mencapai efektifitas dan efisiensi dalam berorganisasi.
0 comments:
Post a Comment