Tuesday, April 21, 2015

Tips Menjawab Toefl

Standard
LISTENING
Part A listening biasanya berisi percakapan 2 orang. 1 bentuk percakapan 1 soal.
1.      Fokuskan pendengaran kepada pembicara kedua. Karena pertanyaan pasti akan menanyakan maksud dari percakapan orang yang kedua.
2.      Ketika audio menjelaskan tentang petunjuk soal, lewati saja, langsung saja membaca soal/pilihan jawaban. Ini untuk mempermudah menebak soal/percakapan yang akan diperdengarkan di audio. Misalnya, pilihan jawaban tentang macam-macam tempat, artinya percakapan akan membicarakan masalah tempat.
3.      Ketika pilihan jawaban terdapat kata yang sama atau mirip, bisa dipastikan itu hanya pengecoh.
4.      Jika pembicara kedua mengatakan “you can say that again”, artinya adl dia setuju dengan pembicara pertama.
5.      Jika seandainya kita melewati 1 percakapan/, maka jangan terpaku pada soal tersebut, langsung saja fokus untuk soal berikutnya, karena akan membuat kita ketinggalan mendengarkan soal selanjutnya.
Part B listening biasanya berisi percakapan antara 2 orang. 1 bentuk percakapan ada sekitar 3-5 soal.
1.      Ketika audio menjelaskan tentang petunjuk soal, lewati saja, langsung saja membaca soal/pilihan jawaban. Ini untuk mempermudah menebak soal/percakapan yang akan diperdengarkan di audio. Misalnya, pilihan jawaban tentang macam-macam tempat, artinya percakapan akan membicarakan masalah tempat.
2.      Jika seandainya kita melewati 1 percakapan, maka jangan terpaku pada soal tersebut, langsung saja fokus untuk soal berikunta, karena akan membuat kita ketinggalan mendengarkan soal
Part C listening biasanya bentuk soalnya adalah dosen yang memberikan materi perkuliahan, orang yang memberikan informasi tentang suatu fenomena dll.
1.      Ketika audio menjelaskan tentang petunjuk soal, lewati saja, langsung saja membaca soal/pilihan jawaban. Ini untuk mempermudah menebak soal/percakapan yang akan diperdengarkan di audio. Misalnya, pilihan jawaban tentang tahun, maka fokuskan pendengaran ketika speaker menyebutkan tahun.
2.      Jika seandainya kita melewati 1 soal, maka jangan terpaku pada soal tersebut, langsung saja fokus untuk soal berikutnya, karena akan membuat kita ketinggalan mendengarkan soal selanjutnya.
STRUCTURE/GRAMMAR
Biasanya soal berbentuk 2 macam.
1.      Bentuk pertama, Soal yang meminta kita untuk melanjutkan/mengisi dengan kata yang benar.
2.      Bentuk kedua soal yg berbentuk error analysis/menganalisis kesalahan salah satu kata dalam sebuah kalimat.
3.      Jika soal yang berbentuk kalimat parentheses, maka pastikan pilihan jawaban yang selaras. Contoh soal: You’re beautiful, smart, and....
Pilihan jawaban: a. Quickly b. Well c. Kind d. Help
Soal tersebut berbentuk parentheses,ketika yang disebutkan kata-kata sifat, maka lanjutan dari kalimat tersebut adalah kata sifat yaitu jawaban C.
4.      Bacalah soal dengan sampai akhir untuk memastikan khususnya soal yang berbentuk analisis kesalahan agar tidak terkecoh.
READING COMPREHENSION
Soal terdiri dari beberapa teks ilmiah, misalnya tentang astronomi, sejarah, geografi dll
1.      Baca soal terlebih dahulu sebelum membaca teks, ini untuk menghemat waktu juga mempermudah kita untuk mengetahui apa-apa saja yang ditanyakan di dalam soal, sehingga kita tidak membuang waktu untuk bolak-balik membaca teks.
2.      Soal pertama biasanya tentang mencari main idea/topik utama. Lewati saja menjawab tersebut langsung menuju soal selanjutnya untuk menghemat waktu. Karena ketika kita menjawab soal-soalselanjutnya otomatis kita tahu isi tentang teks/ dengan tidak sengaja membaca seluruh isi teks.
3.      Jika soal nomor 1, jawabannya terdapat pada baris ke2 teks, maka soal jawaban soal selanjutnya berada pada baris teks selanjutnya, jadi kita tidak lagi bolak-balik mencari jawaban dari baris pertama teks.
4.      Jika didalam soal ada kata “preceding” itu artinya soal menanyakan tentang teks penjelasan sebelumnya. Misalnya, soal teks menjelaskan tentang lukisan pada tahun reinasennce. Artinya sebelum teks tersebut menjelsakan tentang lukisan pada tahun reinasennce, teks menjelaskan terlebih dahulu tentang macam-macam jenis lukisan.
5.      Soal reading biasanya meminta kita untuk mencari kalimat tersirat, maka kita harus berhati-hati mengartikan teks. Biasanya soal akan berbentuk seperti ini “the paragraph 2 implies that....”



Jika kita kehabisan waktu menjawab soal ‘kepepet’ maka pilih jawaban antara B atau C, biasanya jawaban terdapat pada pilihan tersebut. Jika pilih B, maka pilih B semua atau jika pilih C, pilih C semua.




0 comments:

Post a Comment