Tuesday, April 21, 2015

Kesimpulan dalam melaksanakan standar penilaian menurut Badan Standar Nasional Pendidikan

Standard
BAB V
KESIMPULAN

5.1 Kesimpulan
Dari data di atas dapat di simpulkan bahwa:
1.     Berdasarkan data yang diperoleh bahwa guru fisika di sekolah menengah atas kurang sesuai dalam melaksanakan standar penilaian menurut Badan Standar Nasional Pendidikan.
2.     Adapun faktor penyebab yang mempengaruhi implementasi guru dalam melaksanakan penilaian yang standar yaitu :
1.     Kurang Sosialisasi dan pembianaan dari pemerintah. Serta tidak adanya pernyamaan persepsi yang dilakuakn oleh dinas pendidikan setempat sehingga guru melakukan penilaian yang menurut guru pahami.
2.     Sistem pengawasan sekolah yang masih lemah. Untuk merancang, melaksanakan, dan melaporkan hasil dan prestasi belajar peserta didik perlu dukungan dari sekolah.
3.     Adanya sistem penilaian dari sekolah, sehingga guru sulit untuk memperbaiki mekanisme tata cara penilaian yang berstandar.
4.     Minat dan motivasi peserta didik dalam mengikuti mata pelajaran fisika masih sangat rendah.
5.     Adanya persepsi bahwa penilaian yang berstandar hanya dari pemerintah yaitu melalui Ujian Nasional. 


5.2  Saran
Dari data di atas dapat di sarankan bahwa  :
1.     Untuk peneliti yang ingin melakukan penelitian yang sejenis penelitian ini disarankan untuk mengambil sampel penelitian lebih banyak, agar diperoleh data yang lebih variatif.
2.     Bagi peneliti berikutnya disarankan untuk lebih dapat mendisplay data dengan daya kreatif sendiri sehingga menghasilkan temuan-temuan yang dapat memperbaiki pendidikan di Indonesia.

3.     Perlunya bagi guru untuk mengikuti seluruh perkembangan informasi dalam pendidikan sehingga dapat melakukan improvisasi dalam proses pembelajaran.

0 comments:

Post a Comment