Wednesday, April 8, 2015

Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI

Standard
1. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI
1.1 Pengertian
Model pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) termasuk dalam pembelajaran kooperatif. Menurut (Slavin, 2006: 19)  “Dalam model pembelajaran TAI siswa ditempatkan dalam kelompok-kelompok kecil (4 sampai 5 siswa) yang heterogen untuk menyelesaikan tugas kelompok yang sudah disiapkan oleh guru, selanjutnya diikuti dengan pemberian bantuan secara individu bagi siswa yang memerlukannya” Keheterogenan kelompok mencakup jenis kelamin, ras, agama (kalau mungkin), tingkat kemampuan (tinggi, sedang, rendah), dan sebagainya.
1.2 Sintaks Model Pembelajaran TAI
a.        Guru menyiapkan materi bahan ajar yang akan diselesaikan oleh kelompok siswa
b.       Guru memberikan pre-test kepada siswa atau melihat rata-rata nilai harian siswa agar guru mengetahui kelemahan siswa pada bidang tertentu. (Mengadopsi komponen Placement Test)
c.        Guru memberikan materi secara singkat. (Mengadopsi komponen Teaching Group)
d.       Guru membentuk kelompok kecil yang heterogen tetapi harmonis berdasarkan nilai ulangan harian siswa, setiap kelompok 4-5 siswa. (Mengadopsi komponen Teams)
e.        Setiap kelompok mengerjakan tugas dari guru berupa LKS yang telah dirancang sendiri sebelumnya, dan guru memberikan bantuan secara individual bagi yang memerlukannya. (Mengadopsi komponen Team Study)
f.        Ketua kelompok melaporkan keberhasilan kelompoknya dengan mempresentasikan hasil kerjanya dan siap untuk diberi ulangan oleh guru. (Mengadopsi komponen Student Creative)
g.       Guru memberikan post-test untuk dikerjakan secara individu. (Mengadopsi komponen Fact Test)
h.       Guru menetapkan kelompok terbaik sampai kelompok yang kurang berhasil (jika ada) berdasarkan hasil koreksi. (Mengadopsi komponen Team Score and Team Recognition). Guru memberikan tes formatif sesuai dengan kompetensi yang ditentukan.
1.3 Kelebihan
Kelebihan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Slavin , 2009: 190-195) adalah:
a.        Meminimalisir keterlibatan guru
b.       Para siswa akan melakukan pengecekan satu sama lain
c.        Siswa termotivasi akan hasil yang lebih cepat dan tepat
d.       Siswa belajar mempelajari materi sendiri, kemudian memahaminya, dan menerapkannya
1.4 Kekurangan
Kekurangan model pembelajaran kooperatif tipe TAI:
a.        Membutuhkan banyak waktu
b.       Sering terjadi miskonsepsi
1.5 Cakupan Materi
Cakupan Materi SMP
No.
Model Pembelajaran
Kelas
Materi yang cocok
Alat Peraga
1.
Kooperatif Tipe TAI














VII
·     Suhu dan Pengukurannya





·     Pengukuran








·     Kalor
·     Suhu dan Pengukurannya :
-      Termometer
-      3 buah ember
-      Air panas
-      Es
·     Pengukuran :
-      Mistar
-      Jangka Sorong
-      Neraca
-      Mikrometer Skrub
-      Beban
-      Kaleng
·     Kalor :
-      Tampilan Macromedia Flash
-      Lilin
-      Air
-      Balon
-      Es
2.
VIII
·     Usaha dan Energi






·     Cahaya





·     Alat – alat Optik
·     Usaha dan Energi :
-      Katrol
-      Macromedia Flash
-      Meja
-      Bola Lampu
-      Kabel Listrik
·     Cahaya :
-      Kit Optik
-      Macromedia Flash
-      Jarum Pentul
-      Laser
·     Alat – alat Optik :
-      Kit Optik
-      Macromedian
-      Flash
3.
IX
·     Listrik Statis




·     Kemagnetan
·     Listrik Statis :
-      Multimeter
-      Resistor
-      Lampu
-      Kabel
·     Kemagnetan :
-      Magnet batang
-      Kompas
-      Mistar panjang
-      Busur


0 comments:

Post a Comment