Tuesday, April 21, 2015

Lampiran Angket Guru

Standard
Lampiran 3. Angket Guru

DATA IDENTITAS SEKOLAH
1.
Nama Sekolah
:

2.
NSS
:

3.
Alamat Sekolah
:


Desa
:


Kecamatan
:


Kabupaten/ Kota
:
                                                                Kode Pos :
4.
Telepon/ Faksimili
:
                                                                                      HP  :
5.
E-mail
:

6.
SK/ Akte Tahun Pendirian
:
                                                                                                               Tahun :
7.
Nama Yayasan  *)


8.
Jumlah Rombongan Belajar
:
                                         Kelas X :                  Kelas XI :                      Kelas XII :                    
9.
Kualifikasi Akreditasi/ SK
:
            (                       )  Nomor SK :                                                                 Tahun :
10.
Nama Responden



a. Kepala Sekolah
:


b. Wakil Kepsek/Urusan
:


c. Guru
:


d. Kepala TU/Tenaga Admin
:


e. Siswa/ Perwakilan OSIS
:


f. Komite Sekolah
:


g. Pengurus Yayasan  *)
:


h. Lainnya
:



KOMPONEN STANDAR PENILAIAN
NO
INDIKATOR
DESKRIPTOR
CENTANG
BUKTI FISIK/ INFORMASI PENDUKUNG
RESPONDEN

1
2
3
4
5
6

1
Ada atau tidak adanya informasi rancangan kriteria penilaian pada silabus, kepada para siswa di awal semester
Rancangan kriteria penilaian pada silabus selalu diinformasikan kepada para siswa di awal semester

Data hasil wawancara
Guru maple

Rancangan kriteria penilaian pada silabus sering diinformasikan kepada para siswa di awal semester


Rancangan kriteria penilaian pada silabus jarang diinformasikan kepada para siswa di awal semester


Rancangan kriteria penilaian pada silabus tidak pernah diinformasikan kepada para siswa di awal semester


2
Kesesuaian teknik penilaian pada silabus dengan indikatorpencapaian KD
Teknik penilaian pada silabus sesuai dengan indikator pencapaian kompetensi dasar

Dokumen silabus dan RPP
Guru maple

Teknik penilaian pada silabus kurang sesuai dengan indikator pencapaian kompetensi dasar


Teknik penilaian pada silabus tidak sesuai dengan indikator pencapaian kompetensi dasar


3
Kesesuaian instrumen dan pedoman penilaian dengan bentuk dan teknik penilaian
Instrumen dan pedoman penilaian sesuai dengan bentuk dan teknik penilaian

Dokumen silabus dan RPP
Guru maple

Instrumen dan pedoman penilaian kurang sesuai dengan bentuk dan teknik penilaian


Instrumen dan pedoman penilaian tidak sesuai dengan bentuk dan teknik penilaian


4


Penilaian hasil pembelajaran
>80% penilaian hasil belajar bersifat otentik

a. Catatan hasil supervisi akademik
b. RPP semua mapel
Guru mapel

50%-80% penilaian hasil belajar bersifat otentik


<50% penilaian hasil belajar bersifat otentik


>80% penilaian hasil belajar bersifat otentik


5
Macam asesmen yang digunakan: traditional (tes tertulis), alternative assessmen
Sebagian jenis asesmen yang digunakan oleh guru mata pelajaran adalah alternative assessmen dan sebagian lagi traditional assessment (tes tertulis)




Semua jenis asesmen yang digunakan oleh guru mata pelajaran adalah traditional assessmen (tes tertulis)


6
Macam asesmen tergolong asesmen autentik atau asesmen non autentik
Semua jenis asesmen tergolong asesmen autentik




Sebagian jenis asesmen tergolong asesmen autentik dan sebagian lagi asesmen non autentik


Semua jenis asesmen tergolong asesmen non autentik


7

Macam tes tertulis yang digunakan: essay atau multiple choice
Semua tes tertulis yang digunakan guru adalah tes essay




Sebagian tes tertulis yang digunakan guru adalah tes essay dan sebagian lagi multiple choice


Semua tes tertulis yang digunakan guru adalah multiple choice


8
Tingkat taksonomi Bloom yang digunakan pada tes tertulis
Semua soal tes tertulis termasuk dalam kategori berpikir tingkat tinggi (C4-C6)




> 50% soal tes tertulis termasuk dalam kategori berpikir tingkat tinggi (C4-C6)


Antara 25 - <50% soal tes tertulis termasuk dalam kategori berpikir tingkat tinggi (C4-C6)


< 25% soal tes tertulis termasuk dalam kategori berpikir tingkat tinggi (C4-C6)


9
Kesesuaian instrumen dan pedoman penilaian dengan bentuk dan teknik penilaian
Instrumen dan pedoman penilaian sesuai dengan bentuk dan teknik penilaian

Dokumen silabus, RPP dan Instrumen penillaian
Guru maple

Instrumen dan pedoman penilaian kurang sesuai dengan bentuk dan teknik penilaian


Instrumen dan pedoman penilaian tidak sesuai dengan bentuk dan teknik penilaian


10
Teknik penilaian yang  digunakan
Guru mata pelajaran menggunakan lebih dari tiga teknik penilaian

Dokumen silabus, RPP dan Instrume n penillaian
Guru maple

Guru mata pelajaran menggunakan 2-3 teknik penilaian


Guru mata pelajaran menggunakan <2 teknik penilaian


11
Ada atau tidak adanya lebih dari satu teknik penilaian
Guru mata pelajaran selalu menggunakan lebih dari satu teknik penilaian


Guru maple

Guru mata pelajaran sering menggunakan lebih dari satu teknik penilaian


Guru mata pelajaran jarang menggunakan lebih dari satu teknik penilaian


Guru mata pelajaran tidak pernah menggunakan lebih dari satu teknik penilaian


12
Ada atau tidak adanya pengolahan atau analisis hasil penilaian untuk mengetahui kemajuan dan kesulitan belajar
Guru mata pelajaran selalu mengolah dan menganalisis hasil penilaian untuk mengetahui kemajuan dan kesulitan belajar

a. Program pengolahan nilai berbasis ICT
b. Dokumen hasil analisis  nilai
Guru maple

Guru mata pelajaran sering mengolah dan menganalisis hasil penilaian untuk mengetahui kemajuan dan kesulitan belajar


Guru mata pelajaran jarang mengolah dan menganalisis hasil penilaian untuk mengetahui kemajuan dan kesulitan belajar


Guru mata pelajaran tidak pernah mengolah dan menganalisis hasil penilaian untuk mengetahui kemajuan dan kesulitan belajar


13
Ada atau tidak adanya balikan hasil kerja siswa disertai masukan/komentar yang mendidik
Guru selalu memberikan balikan hasil kerja siswa disertai masukan/komentar yang mendidik

a. Lembar penilaian hasil  belajar siswa
b. Data hasil wawancara
Guru maple

Guru sering memberikan balikan hasil kerja siswa disertai masukan/komentar yang mendidik


Guru jarang memberikan balikan hasil kerja siswa disertai masukan/komentar yang mendidik


Guru tidak pernah memberikan balikan hasil kerja siswa disertai masukan/komentar yang mendidik


14
Ada atau tidak adanya pemanfaatan hasil penilaian untuk perbaikan pembelajaran
Guru mata pelajaran selalu memanfaatkan hasil penilaian untuk perbaikan pembelajaran.


Guru maple

Guru mata pelajaran sering memanfaatkan hasil penilaian untuk perbaikan pembelajaran.


Guru mata pelajaran jarang memanfaatkan hasil penilaian untuk perbaikan pembelajaran.


Guru mata pelajaran tidak pernah memanfaatkan hasil penilaian untuk perbaikan pembelajaran.


15
Ada atau tidak adanya laporan hasil penilaian akhlak siswa kepada guru pendidikan agama, sebagai informasi untuk penentuan nilai akhir semester
Guru mata pelajaran selalu melaporkan hasil penilaian akhlak siswa kepada guru pendidikan agama untuk penentuan nilai akhir semester


Guru maple

Guru mata pelajaran sering melaporkan hasil penilaian akhlak siswa kepada guru pendidikan agama untuk penentuan nilai akhir semester


Guru mata pelajaran jarang melaporkan hasil penilaian akhlak siswa kepada guru pendidikan agama untuk penentuan nilai akhir semester


Guru mata pelajaran tidak pernah melaporkan hasil penilaian akhlak siswa kepada guru pendidikan agama untuk penentuan nilai akhir semester


16
Ada atau tidak adanya laporan hasil penilaian kepribadian siswa kepada guru Pendidikan Kewarganegaraan sebagai informasi untuk pemantauan nilai akhir semester
Guru mata pelajaran selalu melaporkan hasil penilaian akhir siswa kepada guru Pendidik Kewarganegaraan sebagai informasi untuk penentuan nilai akhir semester


Guru maple

Guru mata pelajaran sering melaporkan hasil penilaian akhir siswa kepada guru Pendidik Kewarganegaraan sebagai informasi untuk penentuan nilai akhir semester


Guru mata pelajaran jarang melaporkan hasil penilaian akhir siswa kepada guru Pendidik Kewarganegaraan sebagai informasi untuk penentuan nilai akhir semester


Guru mata pelajaran tidak pernah melaporkan hasil penilaian akhir siswa kepada guru Pendidik Kewarganegaraan sebagai informasi untuk penentuan nilai akhir semester


17
Ada atau tidak adanya ulangan tengah semester, akhir semester, dan kenaikan kelas
Sekolah selalu mengadakan ulangan tengah semester, akhir semester, dan kenaikan kelas

Lembar laporan nilai
Guru maple

Sekolah sering mengadakan ulangan tengah semester dan  akhir semester


Sekolah jarang mengadakan ulangan akhir semester


Sekolah tidak pernah mengadakan ulangan akhir semester



18






Ada atau tidak adanya prestasi kelulusan UN sekolah dalam perbandingan dengan rata-rata kelulusan UN Nasional tahun terakhir
Hasil mata pelajaran yang diujikan selalu lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata mata pelajaran nasional










Hasil mata pelajaran yang diujikan, sering lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata mata pelajaran nasional

Hasil mata pelajaran yang diujikan, jarang lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata mata pelajaran nasional

19
Evaluasi adalah suatu proses yang sistematis dan berkelanjutan untuk menentukan kualitas (nilai dan arti) dari sesuatu berdasarkan pertimbangan dan kriteria tertentu dalam rangka pembuatan keputusan
Dilakukan secara sistematik dan berkelanjutan serta memiliki standar atau kriteria tertentu



Dilakukan secara sistematik dan berkelanjutan tetapi tidak ada standar atau kriterianya

Tidak dilakukan secara sistematis dan berkelanjutan

20
Ruang lingkup evaluasi pembelajaran meliputi beberapa domain pembelajaran
Menerapkan domain-domain pembelajaran dalam kegiatan proses pembelajaran


Guru Mapel
Hanya beberapa domain pembelajaran saja yang diterapkan dalam kegiatan proses pembelajaran

Tidak menerapakan domain pembelajaran dalam kegiatan proses pembelajaran



0 comments:

Post a Comment