Saturday, April 11, 2015

Pengertian Organisasi

Standard
ORIENTASI UMUM ORGANISASI

ORGANISASI
I.   Pengertian
pada umumnya manusia cenderung untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan dalam kehidupannya. Kebutuhan atau keinginan yang belum terpenuhi akan sangat berpengaruh pada tingkah laku dan semangat (Motivasi). karena kemampuan manusia yang relative terbatas, dan pemenuhan kebetuhan yang tinggi maka maka manusia akan terus berpikir untuk memenuhi kebutuhan dan keinginanya dengan memberdayakan atau bekerjasama dengan orang lain.

Hal inilah yang melatar belakangi manusia untuk selalu berorganisasi secara substantive dalam kehidupan sehari hari serta dalam bidang apapun.definiosi organisasi banyak dikemukakan oleh para praktisi dan pakar seperti :

ü  Menurut Ernest Dale, organisasi merupakan proses perencanaan yang meliputi penyusunan , pengembangan, dan pemeliharaan suatu struktur atau  pola hubungan kerja dari orang-orang dari suatu kelompok.
ü  Menurut Cyril Soffer, organisasi merupakan perserikatan orang-orang yang masing-masing mempunyai peranan  tertentu dalam suatu system kerja dan pembagian kerja, dimana pekerjaan itu dirinci dan digabung dalam beberapa bentuk hasil.
ü  Menurut Liang Gie, organisasi adalah wadah kerjasama sekelompok orang untuk mencapai tujuan yang telqah ditetapkan.

Dari hal itu dapat dikatakan bahwa organisasi didirkan sebagai instrument dalam usaha mencapai tujuan kolektif. Namun demikian karakteristik organisasi dapat dirinci sebagai berikut:

ü  Organisasi adalah wadah kerjasama dari sekumpulan orang dengan pola interaksi yang telah ditetapkan
ü  Organisasi dikembangkan untuk mencapai tujuan tertentu, oleh karena itu organisasi merupakan kreasi social yang memerlukan aturan
ü  Organisasi secara sadar dan sengaja dikoordinasikan dan disusun sehingga organisasi memerlukan pembagian wewenang
ü  Organisasi merupakan instrumen sosial yang mempunyai batasan yang bias didefinisikan dan keberadaannya mempunyai basis yang permanent.

Oleh karena sifat organisasi yang selalu berada di mana mana dan semakin berkembangnya peran organisasi dalam kehidupan manusia , maka hakekat organisasi menjadi sangat relative tergantung dari sisi dan sudut pandang yang digunakan dan kepentingan yang mendasari berdirinya organisasi.

II. Prinsip Pinsip Organisasi

  1. pembagian kerja
  2. pembagian dan pelimpahan wewenang
  3. sato kesatuan komando
  4. disiplin ( sesuai dengan aturan)
  5. punya kesamaan tujuan
  6. mendahulukan kepentingan umum diatas kepentingan pribadi
  7. fungsionalisasi
  8. koordinasi, sinkronisasi, dan integrasi
  9. kontinuitas
  10. inisiatif
  11. punya semangat membangun dan kompak 

0 comments:

Post a Comment