Tuesday, April 21, 2015

METODE PENELITIAN FISIKA

Standard
BAB III
METODE PENELITIAN

3.1    Pendekatan Penelitian
Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode kualitatif , Jenis penelitian Ethnografi. Peneliti menggunakan metode kualitatif karena permasalahan belum fokus, holistik, kompleks, dinamis, dan penuh makna. Peneliian ethnografi digunakan untuk menghimpun informasi atau data dari sampel sumber data.

3.2    Tempat dan Waktu Penelitian
            Penelitian dilaksanakan di beberapa Sekolah Menengah Atas (SMA) dengan akreditasi yang berbeda di Kota Medan. Waktu penelitian dimulai bulan Mei dan berakhir di bulan Juli tahun 2012.

3.3    Instrumen Penelitian
            Dalam penelitian kualitatif instrumen utamanya adalah peneliti sendiri, namun selanjutnya setelah fokus penelitian menjadi jelas, maka kemungkinan akan dikembangkan instrumen penelitian sederhana, yang diharapkan dapat melengkapi data dan membandingkan dengan data yang telah ditemukan melalui observasi, angket, wawancara dan dokumentasi.

3.4    Sampel Sumber Data
            Sampel sumber data dipilih secara purposive. Dalam penelitian ini, sampel sumber datanya adalah guru fisika SMA dengan pertimbangan kualifikasi guru, golongan, umur, setifikasi, dan lama mengajar.

3.5    Teknik Pengumpulan Data
Dalam penelitian ini, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipan, kuesioner, dan wawancara mendalam. Hal-hal yang di observasi adalah kegiatan belajar mengajar, metode pembelajaran, sarana dan prasarana sekolah, pemahaman guru tentang UU Sisdiknas, dan Pemahaman Guru Tentang Standar Penilaian. Kuesioner dan wawancara mendalam akan dilakukan kepada guru fisika dari beberapa sekolah yang memiliki akreditasi yang berbeda.
Jenis kuesioner yang digunakan adalah kuesioner tak berstruktur. Kuesioner tak berstruktur digunakan untuk menggali informasi yang diinginkan dan sumber data dapat memberikan informasi dengan bebas. Setelah peneliti mendapatkan fokus atau inti permasalahan yang akan diteliti, maka peneliti akan melakukan wawancara yang mendalam kepada sampel sumber data sehingga diperoleh data yang akurat dan jelas.

  
3.6    Teknik Analisis Data
                        Teknik analisis data dalam penelitian ini lebih banyak dilakukan bersamaan dengan pengumpulan data. Miles dan Huberman dalam (Sugiyono, 2010: 246) mengemukakan bahwa dalam analisis data kualitatif dilakukan secara interaktif dengan aktivitas analisis data yaitu reduksi data, display data, dan kesimpulan gambaran/verifikasi.

3.6.1 Reduksi Data
Data yang diperoleh dari lapangan jumlahnya cukup banyak. Untuk itu perlu dicatat secara teliti dan rinci. Semakin sering peneliti ke lapangan maka jumlah data akan makin banyak, kompleks dan rumit. Untuk itu perlu dilakukan analisis data melalui reduksi data. Mereduksi data berarti merangkum, memilih hal-hal yang pokok, memfokuskan pada hal-hal yang penting, dicari pola dan temanya dan membuang yang tidak perlu.

3.6.2 Display Data
            Dengan mendisplaykan data, maka akan memudahkan untuk memahami apa yang terjadi, merencanakan kerja selanjutnya berdasarkan apa yang telah dipahami tersebut.data dapat di displaykan dalam teks yang naratif, grafik, matrik, network (jejaring kerja) dan chart.

3.6.3 Verifikasi
            Pada penelitian kualitatif verifikasi (simpulan awal) yang dikemukakan masih bersifat sementara dan akan berubah bila ditemukan bukti-bukti yang kuat yang mendukung pada tahap pengumpulan data berikutnya . Tetapi apabila kesimpulan yang dikemukakan pada tahap awal, didukung oleh bukti-bukti yang valid dan konsisten pada saat peneliti kembali ke lapangan mengumpulkan data, maka simpulan yang dikemukakan merupakan simpulan yang kredibel.

0 comments:

Post a Comment