Tuesday, August 4, 2015

Narakarya Pasca KMD

Standard
BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Pendidikan nasional bertujuan untuk meningkatkan kualitas manusia Indonesia seutuhnya, yaitu: manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur, berkepribadian, mandiri, maju, tangguh, cerdas, kreatif, terampil, berdisiplin, memiliki etos kerja yang tinggi, bertanggung jawab, serta sehat jasmani dan rohani.
Tujuan tersebut dapat tercapai melalui kegiatan intrakurikuler dan kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan ekstrakurikuler yang dapat dilakukan di sekolah diantaranya adalah kepramukaan yang dilakukan oleh gerakan pramuka tingkat penegak untuk tingkat sekolah menengah atas. Pendidikan kepramukaan dilaksanakan melalui gugus depan gerakan pramuka yang berpangkalan di sekolah yang bersangkutan.
Perihal peningkatan pembinaan kegiatan ekstrakurikuler terutama bidang kepramukaan telah ditetapkan melalui surat yang diterbitkan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor 533/C8/U/1995 pada tanggal 7 September 1995.
Berdasarkan uraian di atas, maka pendidikan kepramukaan agar dapat dilaksanakan sebaik – baiknya di sekolah dan dapat menunjang pencapaian tujuan pendidikan nasional.

B.    Tujuan
Laporan hasil pelaksanaan program kegiatan penempuhan Narakarya I ini disusun sebagai :
1.     Syarat untuk mendapatkan sertifikat Narakarya I kegiatan pasca KMD.
2.     Prasyarat untuk mengikuti kegatan KML.
3.      Evaluasi pelaksanaan program kepramukaan yang telah dilaksanakan.
4.     Tujuan pembinaan ekstrakurikuler dibidang kepramukaan di sekolah adalah untuk menunjang kegiatan belajar mengajar, khususnya di bidang pembinaan ke peserta didik dalam pembentukan watak dan kepribadian peserta didik melalui kegiatan kepramukaan.

C.    Sasaran
Sasaran yang ingin dicapai dengan diselenggarakannya pembinaan kepramukaan adalah sebagai berikut.
1.     Kuat keyakinan beragama.
2.     Tinggi mental dan moralnya serta berjiwa Pancasila.
3.     Sehat, segar, dan kuat jasmaninya.
4.     Cerdas, tangkas, dan terampil.
5.     Berpengetahuan luas dan dalam.
6.     Berjiwa kepemimpinan dan patriot.
7.     Berkesadaran nasional dan peka terhadap perubahan lingkungan.
8.     Berpengalaman banyak.

















BAB II
ANALISIS KONDISI GUDEP

A.      Deskripsi Gudep
Nama Sekolah                 : SMA Negeri 3 Semarang
Nama Ambalan Gudep    : Ambalan  Soeringgit
Nomor Gudep                              : 08.093 (Putra) - 08.094 (Putri)

B.      Pelaksanaan Latihan/Kegiatan.
1.   Pelaksanaan latihan/kegiatan golongan peserta didik di lakukan di gugus depan.
2.   Pelaksanaan kegiatan dilakukan sebanyak mungkin dengan praktik dan tetap memperhatikan ketertiban, keamanan,berupa kegiatan nyata yang memberi kesempurnaan kepada peserta didik menerapkan pengetahuan dan kecakapan yang sesuai dengan usia, kemampuan jasmani dan rohani.
3.   Pelaksanaan kegiatan dilakukan secara praktis yaitu sederhana, mudah menfaaatkan sumber daya yang ada dan menghemat biaya, tetapi berhasil guna dan tepat guna
4.   Pelaksanaan latihan/kegiatan berupaya mencapai anggaran dasar gerakan pramuka
5.   Pelaksanaan kegiatan/latihan di susun secara berkala dalam prigram latihan

C.      Administrasi Gugus Depan
Administrasi gugus depan merupakan alat bantu kelancaran jalannya gugus depan. Maka dari itu, dibawah ini contoh administrasi yang ada di gugus depan dengan format terlampir, yang terdiri dari :
1.     Biodata Pengurus Gudep
2.     Program Kerja
3.     Uraian Program Kegiatan Latihan
4.     No Induk Anggota
5.     Daftar Hadir Latihan 1
6.     Agenda Kegiatan harian
7.     Agenda Acara Pelantikan
8.     Aganda Kenaikan TIngkat
9.     Buku Tamu
10.  Buku Kas Mingguan
11.  Buku Kas Bulanan
12.  Buku Kas Tahunan
13.  Agenda Surat masuk
14.  Agenda Suart Keluar
15.  Buku Inventaris Barang
16.  Buku Catatan Rapat / Notulen Rapat
17.  Buku Catatan Peristiwa Penting ( Buku LOG)
18.  Agenda Dokumentasi Kegiatan
19.  Buku Adat
20.  Program Kerja Tahunan
21.  Buku Hubungan Kemasyarakatan
22.  Buku Daftar Hadir Latihan 2
23.  Program Mingguan
24.  Persiapan Mengajar
25.  Catatan Pribadi Anggota

D.      Analisis Swot
Analisis kondisi gugus depan Ambalan Soeringgit SMA Negeri 3 Semarang perlu dijabarkan menggunakan analisis SWOT (strengths, weaknesses, opportunities, dan threats). Melalui analisis SWOT ini diharapkan akan diketahui tindakan yang perlu dilakukan guna menghadapi kelemahan (weaknesses) dan ancaman (threats) dengan menggunakan kekuatan (strengths) dan peluang (opportunities).
1.     Strenght
Hal-hal yang menguatkan dalam proses pembinaan peserta didik pramuka di Gugusdeoan Kota Semarang 08.093 – 08.094  adalah sebagai berikut :
a.      Pembina Pramuka yang andal dan berpengalaman.
b.     Sarana Prasarana sekolah yang memadai yaitu, lapangan dan perlengkapan tekpram dan sanggar pramuka.
c.      Dewan Ambalan yang sudah terkoordinasi dengan baik
2.     Weakness
Kelemahan dalam proses proses pembinaan pramuka diantaranya adalah sebagai berikut:
a.      Tidak proporsinya jumlah Pembina dengan Peserta didik.
b.     Tidak proporsinya jumlah Dewan Ambalan dengan jumlah Sangga.
c.      Jumlah sangga yang terlalu banyak.
3.     Opportunities
Kesempatan yang bisa meningkatkan produktivitas kegiatan ekstrakurikuler adalah sebagai berikut:
a.      Letak sekolah yang strategis yaitu di tengah ibukota provinsi.
b.     Akses yang mudah untuk bekerja sama dengan Dewan Kerja Cabang dan Dewan Kerja Daerah.
c.      Mempunyai reputasi sekolah yang baik dengan prestasi yang banyak.
4.     Threath
Ancaman terhadap proses kegiatan pembinaan pramuka ini bisa dari luar dan bisa dari organisasi. Ancaman itu diantaranya adalah :
a.      Dekatnya lokasi Sekolah dengan sekolah lainnya.
b.     Padatnya jam  sekolah dan banyaknya tugas yang diberikan, membuat siswa tidak mengikuti kegiatan pramuka, karena sudah lelah .



BAB III
LAPORAN HASIL PELAKSANAAN PROGRAM

A.      Perencanaan Program
Program yang akan dilaksanakan oleh gugusdepan Kota Semarang 08.093 – 08.094 Ambalan Soeringgit adalah sebagai berikut :
No
Kegiatan
Bulan
Tanggal
1
Pioneering
Agustus
8
2
Game dan tali temali
15
3
Latihan Sandi
22
4
Latihan Morse
29
5
Latihan semaphore
September
5
6
Latihan mendirikan Tenda
12
7
Latihan P3K
19
8
Pencapaian SKU/SKK
26
9
Pelantikan penegak laksana
Oktober
3
10
Penyuluhan NAPZA
10
11
Koordinasi kegiatan penerimaan tamu ambalan
17
12
Pembentukan sangga baru
24
13
Latihan upacara pembukaan dan penutupan
31
14
Penerimaan Tamu Ambalan
November
7
15
Sejarah Kepramukaan
14

B.      Pelaksanaan Program
Adapun pelaksanaan programnya sebagai berikut :
No
Bulan
Jenis Kegiatan
tanggal
Keterangan
Agustus-2014
1
Minggu I
14.00 – 14.20 Upacara pembukaan
08/08/2014
Halaman depan sekolah
14.20 – 15.40 Pioneering
15.40 – 16.00 Upacara Penutupan
2
Minggu II
14.00 – 14.20 Upacara pembukaan
15/08/2014
Halaman depan sekolah
14.20 – 15.40 Game dan tali temali
15.40 – 16.00 Upacara Penutupan
3
Minggu III
14.00 – 14.20  Upacara pembukaan
22/08/2014
Halaman depan sekolah
14.20 – 15.40 Latihan sandi-sandi
15.40 – 16.00 Upacara Penutupan
4
Minggu IV
14.00 – 14.20  Upacara pembukaan
29/08/2014
Halaman depan sekolah
14.20 – 15.40 Latihan Morse
15.40 – 16.00 Upacara Penutupan
September-2014
5
Minggu I
14.00 – 14.20 Upacara pembukaan
05/09/2014
Halaman depan sekolah
14.20 – 15.40 Latihan Semaphore
15.40 – 16.00 Upacara Penutupan
6
Minggu II
14.00 – 14.20 Upacara pembukaan
12/09/2014
Halaman depan sekolah
14.20 – 15.40 Latihan Mendirikan Tenda
15.40 – 16.00 Upacara Penutupan
7
Minggu III
14.00 – 14.20 Upacara pembukaan
19/09/2014
Halaman depan sekolah
14.20 – 15.40 Latihan P3K
 15.40 – 16.00 Upacara Penutupan
8
Minggu IV
14.00 – 14.20 Upacara pembukaan
26/09/2014
Ruang Kelas
14.20 – 15.40 Latihan SKU/SKK
15.40 – 16.00 Upacara Penutupan
Okobert-2014
9
Minggu I
14.00 – 14.20 Upacara pembukaan
03/09/2014
Halaman depan sekolah
14.20 – 15.40 Pelantikan Penegak Laksana
15.40 – 16.00 Upacara Penutupan
10
Minggu II
14.00 – 14.20 Upacara pembukaan
10/09/2014
Ruang Multimedia
14.20 – 15.40 Penyuluhan NAPZA
15.40 – 16.00 Upacara Penutupan
11
Minggu III
14.00 – 14.20 Upacara pembukaan
17/09/2014
Halaman depan sekolah dan Ruang Kelas
14.20 – 15.40 Koordinasi KegiatanTamu Ambalan
15.40 – 16.00 Upacara Penutupan
12
Minggu IV
14.00 – 14.20 Upacara pembukaan
24/09/2014
Halaman depan sekolah dan Ruang Kelas
14.20 – 15.40 Pembentukan Sangga Baru
15.40 – 16.00 Upacara Penutupan
13
Minggu V
14.00 – 14.20 Upacara pembukaan
31/09/2014
Halaman Depan Sekolah
14.20 – 15.40 Lat. Upacara pembukaan dan penutupan
14.20 – 15.40 Upacara Penutupan
November-2014
14
Minggu I
14.00 – 14.20 Upacara pembukaan
31/09/2014
Ruang Multimedia
14.20 – 15.40 Penerimaan Tamu Ambalan
14.20 – 15.40 Upacara Penutupan
15
Minggu II
14.00 – 14.20 Upacara pembukaan
31/09/2014
Halaman Depan Sekolah
14.20 – 15.40 Sejarah Kepramukaan
14.20 – 15.40 Upacara Penutupan

C.      Ketercapaian Program
Ketercapaian program yang diraih dalam kegiatan kepramukaan dalam Gugusdepan 08.093 – 08.094 pangkalan SMA Negeri 3 Semarang yaitu terlaksananya 90% program kegiatan yang sudah disusun oleh Ambalan Soeringgit dengan berdasarkan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan.



BAB IV
PENUTUP

A.      SIMPULAN
Pelaksanaan Pembinaan ektrakurikuler Pramuka di Gugusdepan Kota Semarang 08.093 – 08.094 Ambalan Soeringgit sudah berjalan dengan baik. Berjalannya kegiatan ini didukung oleh kinerja Pembina dan Dewan Ambalan Soeringgit. Berdasarkan analisis SWOT yang sudah dilakukan penulis adalah ada beberapa yang bisa dijadikan evaluasi untuk meningkatkan kualitas pramuka yaitu dengan mengurangi kelemahan-kelamahan dan ancaman yang bisa saja terjadi.

B.      SARAN
Saran yang dapat kami berikan untuk meningkatkan produktifiktas dan kualitas baik dari Pembina dan Dewan Ambalan serta anggota ambalan adalah sebagai berikut:
a.      Pelatihan keterampilan dan manajemen untuk Pembina
b.     Gladian Pimpinan Satuan untuk dewan Ambalan
c.      Mengadakan Studi Banding ke Ambalan lain
d.     Mengadakan Upgrading untuk Dewan Ambalan Soeringgit
e.      Anggota Ambalan di harapkan untuk aktif menjadi Dewan Kerja Ranting atau Dewan Kerja Cabang dan Satuan Karya.


7 comments:

  1. terima kasih kak .. salam dari Kep.meranti Riau

    ReplyDelete
  2. Salam Pramuka
    Trimakasih
    Untuk contoh tugas habis KMD
    Salam dari Jambi

    ReplyDelete
  3. Salam pramuka Terima kasih contoh yang baik untuk laporan masah pengembangan

    ReplyDelete
  4. Alhamdulillah, dapat pencerahan untuk penyusunan narakarya bagi saya yang pemula sebagai pembina pramuka.
    Terima kasih banyak, senantiasa memberi manfaat ...

    ReplyDelete
  5. Terimakasih pengetahuan nya kak salam Pramuka dari kab.Anambas Kepulauan Riau

    ReplyDelete