Saturday, April 11, 2015

Pengertian Manajemen

Standard
ORIENTASI UMUM MENEJEMEN

MENEJEMEN

1. Pengertian.

Dalam pencapaian kebutuhan atau tujuan dalam sebuah organisasi sangat diperlukan adanya sebuah manejemen yang bagus. Dimana dalam mengelola, mengatur, merencanakan, dan control sebuah organisasi.

Dikuatkan juga oleh Drs. Ero H. Roasidi. Menurutnya menejemen adalah perencanaan dan pengaturan atau bimbingan suatu organisasi dalam hubungannya dengan tata kerja. Dan dengan kewajiban atau tugas pegawainya. Menurut James A. F. Stone. Menejemen adalah proses perencanaan pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan usaha usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber daya organisasi lainya untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Dari sini dapat kita definisikan bahwa menejemn adalah adalah proses perencanaan, pengaturan, pengarahan dan pengawasan dinamika organisasiadan penggunaan instrument lainya untuk mencapai tujuan organisasi.
  
II. Unsur Unsur Dalam Menejemen.

1.  Planning (perencanaan) : merupakan suatu hal yang esensial yang harus dilakuka oleh seorang emimpin untuk menentukasn kebijakan yang harus dilakukanoleh semua pejabat organisasi, baik apa, kapan, dan bagaimana.
2.  Organizing (pengorganisasian : yaitu pembagian dan p[engalokasian tugas dan aktifitas kepada semua komponen organisasi.
3.  Actuating (pengerak) : mengerakkan orang orang yang ada da;lam organisasi untuk bekerja  dan bertindak.
4.  Controlling/evaluating : pengendalian atau evaluasi dari proses mulai dari planning sampai actuating.

Dari semua yang terdapat dqalam menejemen punya arti penting dalam mengelola sebuah organisasi.

a.  Untuk mempermudah dalam melaksanakan aktifitas organisasi
b.  Mempermudah pencapaian tujuan organisasi.
c.  Untuk menjaga keseimbangaj dalam sebuah organisasi

d.  Mencapai efektifitas dan efisiensi dalam berorganisasi.      

0 comments:

Post a Comment