Saturday, April 18, 2015

Pengertian Penilaian

Standard
  Pengertian Penilaian
Penilaian adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi dari proses dan hasil pembelajaran untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik (PP No. 19 Thn 2005 ).
Penilaian adalah mengambil keputusan terhadap sesuatu dengan ukuran baik dan buruk.  Dan menurut Cullen (2003) bahwa Penilaian merupakan upaya sistematis yang dikembangkan oleh suatu institusi pendidikan yang ditujukan untuk menjamin tercapainya kualitas kemampuan peserta didik dengan tujuan yang telah ditetapkan ( Arifin. 2011 ).
Penilaian adalah suatu proses sistematis yang mengandung pengumpulan informasi, menganalisis, menginterpretasi informasi tersebut untuk membuat keputusan-keputusan (Tayibnapis, 2008).
Penilaian merupakan rangkaian kegiatan untuk memperoleh, menganalisis, dan menafsirkan data tentang proses dan hasil belajar peserta didik yang dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan, sehingga menjadi informasi yang bermakna dalam pengambilan keputusan.

Kualitas pendidikan sangat ditentukan oleh kemampuan satuan pendidikan dalam mengelola proses pembelajaran. Penilaian merupakan bagian yang penting dalam pembelajaran. Dengan melakukan penilaian, pendidik sebagai pengelola kegiatan pembelajaran dapat mengetahui kemampuan yang dimiliki peserta didik, ketepatan metode mengajar yang digunakan, dan keberhasilan peserta didik dalam meraih kompetensi yang telah ditetapkan.

0 comments:

Post a Comment