Monday, April 20, 2015

Cara Bermain Golf

Standard
Golf adalah olahraga yang pemainannya diadakan di lapangan luas dan dibuat hanya untuk golf saja. Dalam satu lapangan atau sering disebut padang golf, terdapat sembilan atau delapan belas lubang atau hole. Masing-masing hole ini mempunyai rintangan yang disebut hazard yang biasanya berbentuk kolam air atau cekungan yang di dalamnya terdapat pasir. Adapun cara bermain golf adalah dengan cara memasukan bola ke lubang dengan menggunakan tongkat pemukul. Semakin sedikit kita menggunakan pukulan, maka semakin tinggi nilai yang diperoleh.
Jenis-jenis pukulan dan alat golf:
Sebelum mengetahui cara bermain golf, sebaiknya kita harus paham dulu tentang jenis dan nama pukulan-pukulannya berikut tongkat pemukulnya. Karena dalam permainan golf, setiap pukulan punya nama tersendiri. Demikian pula dengan alat pukulnya. Nama-nama pukulan itu adalah :
1. Tee Shot
Adalah istilah untuk pukulan yang dilakukan pertama kali ketika bola golf masih berada di tempat khusus yang telah ditentukan. Stick yang digunakan untuk pukulan jenis ini adalah driver dan iron. Driver digunakan bila holenya panjang, sedang iron digunakan untuk hole yang pendek.
2. Fairway shot
Stik yang paling sering digunakan untuk melakukan pukulan jenis ini adalah iron dan wedge.
3. Bunker shot
Yaitu pukulan yang dilakukan ketika bola golf sudah berada di bunker bagian atas. Stik yang digunakan adalah sand wedge.
4. Knockdown atau punch
Yaitu melakukan pukulan yang rendah dengan tujuan agar tidak terkena dahan atau ranting pohon serta angin kuat yang berada di atas.
5. Putting
Kebanyakan pemain golf mengatakan bila ini adalah jenis pukulan yang paling sulit untuk dilakukan. Pukulan ini dilakukan ketika berada di atas green. Adapun stik pemukul yang digunakan adalah jenis putter, yaitu tongkat untuk melakukan  pukulan dengan jarak yang pendek.
6. Aproach Shot
Yaitu pukulan yang dilakukan dengan tujuan untuk mendekatkan bola golf pada green dengan jarak sedang atau pendek (dekat). Jenis pukulan ini terbagi lagi menjadi tiga :
- Pitch, yaitu melayangkan bola di bagian atas green atau di dekatnya dengan menggunakan pemukul jenis iron enam atau lob wedge.
– Flop, adalah pukulan dengan ukuran jarak yang agak tinggi (sedang) dan berhenti secara langsung ketika bola sudah sampai di tanah. Pukulan jenis ini sering dilakukan ketika ada rintangan sewaktu bola mau sampai pada green. Jenis tongkat yang sering digunakan adalah sand wedge dan lob wedge.
– Chip, adalah pukulan jenis rendah dan bola menggelinding dengan arah menuju green.

Cara Bermain Golf
Cara bermain golf selalu menggunakan sistem ronde yang terbagi dalam dua jenis, yaitu stroke play dan match play.
Dalam permainan ini, pemain selalu berusaha untuk melakukan pukulan sedikit mungkin. Karena skornya memang ditentukan oleh penggunaan pukulan.  Masing-masing skor yang diperoleh juga punya istilah lain-lain. Ada eagle, birdie, par, dan bogey. Dan setiap Hole ada ketentuan PAR nya. PAR adalah jumlah pukulan maksimum sampai bola masuk lobang. Misalnya di salah satu Hole, PAR nya 3. Berarti dari mulai pukul pertama, maksimum 3 kali pukul dah masuk itu bola ke lubang. 
Jika bolanya masuk hanya dengan 2 kali pukul, istilah ini disebut Birdie. Point jadi -1. Ini berarti bagus.  Namun jika 5 kali melakukan pukulan bola baru masuk, namanya Bogey. Jika PAR 3, dan mukulnya 5 kali berarti point nya +2 . Tentu saja ini tidak bagus.
Point akan masuk ke score board yg namanya Handicap. Jadi jika nilainya makin minus,  itu berarti permainannya bagus karena sering Birdie, dan akan sebaliknya makin jelek jika nilainya plus. 

Istilah hole in one  adalah sekali mukul di daerah TEE (tempat awal pemukulan permainan), bolanya langsung masuk ke lobang. Biasanya ini terjadi jika  Hole nya memiliki jarak yang  pendek dari TEE ke Lobangnya.  Skor tertinggi bisa diperoleh jika pemain bisa memasukan bola ke dalam hole hanya dengan satu pukulan saja. Namun selama ini kejadian tersebut sangat jarang terjadi. Apalagi dalam kompetisi atau pertandingan resmi. Dan biasanya meski bisa terjadi, yang paling sering adalah pada hole yang ketiga (ber-par tiga).

2 comments:

  1. Daftar di Bolasinga Skrg jg !!
    New Member Main Sekali, Cuan berkali kali
    Bonus Depo 10% |200Rb| Depo Pulsa Tanpa Potongan.
    WA : +62-813-1102-6235

    ReplyDelete
  2. Situs Betting Online Aman & Terpercaya SeAsia.
    Berapapun Kemenangan Member Pasti di Bayar.
    hanya DI BOLASINGA

    ReplyDelete