Saturday, April 18, 2015

KARAKTER GURU

Standard



KARAKTER GURU YANG DICINTAI

Jika seorang guru memiliki beberapa metode pengajaran yang baru dan memikat maka ia akan menjadi seorang guru yang dirindukan oleh murid-muridnya. Mereka akan menerima pelajaran yang diberikan dengan hati senang dan antusias. Sehingga, ia menjadi seorang guru yang dicintai oleh murid-muridnya, dan hendaknya dia jugas menyayangi mereka . Tidak diragukan lagi, guru yang tidak memiliki sifat kasih terhadap murid, maka ia tidak akan bertahan lama menekuni profesi sebagai seorang guru – kecuali karena terpaka. Ketenangan hati dan sifat menerima guru dan murid – muridnya adalah unsur terpenting dalam proses pendidikan yang sukses.

Pendapat Para Cendekiawan tentang Guru yang Dicintai

Daniel Comiza berpendapat bahwa guru yang dicintai adalah sosok yang menerima dengan tulus dan berbahagia – sebelum segala sesuatu – sebagai manusia. Hal ini akan menjadikan dirinya lebih bisa memahami murid – muridnya dan berinteraksi baik dengan mereka. Bahkan, ia akan bangga dengan kemampuan dan keahlian yang dimiliki, serta senang dengan kondisi yang ada di sekitarnya. Hal itu diwujudkannya dengan membantu dan membimbing para murid dengan baik lagi tulus. Dan juga, ia berinteraksi dengan semua orang dengan baik dan sikap mulia.
Flandrez berpendapat bahwa ada beberapa sifat yang harus dimiliki jika ia ingin menjadi seorang guru yang bangga dengan dirinya dan dicintai oleh murid – muridnya. sifat yang paling dibutuhkannya adalah menerima orang lain, tenang atau bisa mengendalikan emosai, ramah, murah senyum, sabar, dan mampu untuk melakukan tugasa – tugas yang menjadi tanggung jawabnya.

            Murze berpendapat bahwa guru yang dicintai adalah seorang guru yang memiliki sifat ramah dalm berinteraksi kepada sesama, memahamim orang lain, menghormati tanggung jawab, disiplin dalam sikap dan tugas – tugasnya, dan mampu berinisiatif dan inovatif.

0 comments:

Post a Comment