Friday, November 20, 2015

Tujuan pembelajaran IPA SD menurut peraturan Mendiknas

Standard
2.1.1     Hakekat IPA
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) sebagai disiplin ilmu dan penerapan dalam masyarakat membuat pendidikan IPA menjadi penting, tetapi pengajaran IPA yang bagaimana yang paling tepat untuk anak-anak?. Oleh karena struktur kognitif anak-anak tidak bisa dibandingkan dengan ilmuwan, padahal mereka perlu diberikan kesempatan untuk berlatih ketrampilan-ketrampilan proses IPA yang perlu dimodifikasi sesuai dengan tahap perkembangan kognitifnya.
Tujuan pembelajaran IPA SD menurut peraturan Mendiknas (2006:487) menjelaskan tentang tujuan sebagai berikut : (1) memperoleh keyakinan terhadap kebesaran Tuhan Yang Maha Esa berdasarkan keberadaan, keindahan dan keteraturan alam ciptaan-Nya, (2)  mengembangkan pengetahuan dan pemahaman konsep-konsep IPA bermanfaat dan dapat diterima dalam kehidupan sehari-hari, (3)  mengembangkan rasa ingin tahu, sikap positif dan kesadaran tentang adanya hubungan yang saling mempengaruhi antara IPA, lingkungan, teknologi dan masyarakat, (4) mengembangkan keterampilan proses untuk menyelidiki alam sekitar, memecahkan masalah dan membuat keputusan, (5) meningkatkan kesadaran untuk berperanserta dalam memelihara, menjaga dan melestarikan lingkungan, f. meningkatkan kesadaran untuk menghargaio alam dan segala keteraturan sebagai sebagai salah satu ciptaan Tuhan, Memperoleh bekal pengetahuan, konsep dan keterampilan IPA sebagai dasar untuk melanjudkan pendidikan ke SMP/MTs.

Ruang Lingkup pembelajaran IPA yang terdapat dalam peraturan Mendiknas (2006:487) mengemukakan, mata pembelajaran IPA meliputi aspek-aspek sebagai berikut : a. makhluk hidup dan proses kehidupan, yaitu manusia, hewan, tumbuhan dan interaksinya dengan lingkungan, serta kesehatan, b. Benda/materi, sifat-sifat dan kegunaannya, meliputi: cair, padat dan gas, c. energi dan perubahannya, meliputi: gaya, bunyi, panas, magnet, listrik, cahaya dan pesawat sederhana, d bumi dan alam semesta, meliputi: tanah, bumi, tata surya, dan benda-benda langit lainnya.

0 comments:

Post a Comment