Monday, November 23, 2015

Definisi Belajar

Standard
2.1
Sudjana (1991:5) berpendapat bahwa belajar adalah sebagai hasil dari praktik atau latihan belajar pada dasarnya adalah perubahan kelakukan yang berkaitan dengan pengalaman dan latihan. Perubahan itu tidak hanya mengenai jumlah pengetahuan melainkan juga dalam bentuk kecakapan, kebiasaan, pengertian penghargaan minat dan penyesuaian diri.
Menurut Gagne (1985 :2), belajar merupakan suatu proses dimana suatu organisme berubah perilakunya akibat suatu pengalaman. Belajar merupakan suatu proses internal yang mencakup ingatan, retensi, pengolahan informasi, emosi dan faktor-faktor lain berdasarkan pengalaman-pengalaman sebelumnya.
Winkel (1991:36) mengatakan bahwa belajar adalah suatu aktifitas mentaati psikis yang berlangsung dalam interaksi dengan lingkungan yang menghasilkan perubahan-perubahan dalam pengetahuan dan nilai sikap.
Sukahar (1992:3) mempunyai pendapat tersendiri, belajar matematika pada hakekatnya adalah belajar berkenaan dengan ide, struktur-struktur yang diatur menurut urutan logis. Belajar matematika tidak ada artinya kalau dihafalkan saja. Belajar matematika baru bermakna bila dimengerti.

Berdasarkan dari pendapat-pendapat di atas dapat di tarik kesimpulan bahwa belajar adalah suatu aktifitas yang meliputi ingatan, retensi, pengolahan informasi yang berkaitan dengan pengalaman dan latihan sebagai hasil interaksi dengan lingkungannya  sehingga terjadi perubahan tingkah laku yang bersifat permanen.

0 comments:

Post a Comment