Friday, November 20, 2015

Efektivitas Pembelajaran

Standard
           
Efektivitas adalah kata yang sering didengar akan tetapi tidak memiliki patokan makna yang pasti dalam pengukurannya. Kata efektifitas banyak digunakan diberbagai bidang seperti pendidikan, usaha, kesehatan dan bidang kerja. Bidang pendidikan biasanya mengaitkan efektivitas dengan pembelajaran atau sering disebut sebagai efektivitas pembelajaran. Berikut ini akan berikan definisi efektifitas dari beberapa pakar.
Kamus Besar Bahasa Indonesia (2002:584) mendefinisikan efektif dengan “ada efeknya (akibatnya, pengaruhnya, kesannya)” atau “dapat membawa hasil, berhasil guna (usaha, tindakan)” dan efektivitas diartikan “keadaan berpengaruh; hal berkesan” atau ” keberhasilan (usaha, tindakan)”.
Gie (1989:108) mendefinisikan efektivitas sebagai berikut. Suatu keadaan yang mengandung pengertian mengenai terjadinya efek atau akibat yang dikehendaki. Jika seseorang melakukan suatu perbuatan dengan maksud tertentu yang memang dikehendaki, maka orang itu dikatakan efektif kalau memang menimbulkan akibat dari yang dikehendakinya itu.
 Pengertian efektivitas di atas dapat diartikan bahwa efektivitas adalah suatu usaha yang dilakukan secara terus menerus untuk mencapai tujuan. Tujuan dari usaha tersebut adalah hasil yang diperoleh setiap melakukan kegiatan. kegiatan yang dilakukan adalah kegiatan yang direncanakan dan dikelola dengan baik sehingga menimbulkan dampak yang positif dan sesuai dengan tujuan yang telah direncanakan.
Definisi yang dikemukakan diatas adalah pengertian efektivitas secara umum. Efektivitas secara khusus juga digunakan dalam dunia pendidikan yaitu dengan istilah efektivitas pembelajaran. Penggunaan istilah dari efektivitas pembelajaran bertujauan untuk membengun pembelajaran yang efektif. Berikut adalah beberapa pengertian efektivitas pembelajaran.
Muhidin (2010) menyatakan pembelajaran dikatakan efektif apabila dalam proses pembelajaran setiap elemen berfungsi secara keseluruhan, peserta merasa senang, puas dengan hasil pembelajaran, membawa kesan, sarana/fasilitas memadai, materi dan metode affordable, guru profesional. Tinjauan utama efektivitas pembelajaran adalah outputnya, yaitu kompetensi peserta didik.

Efektivitas dapat dicapai apabila semua unsur dan komponen yang terdapat pada sistem pembelajaran berfungsi sesuai dengan tujuan dan sasaran yang ditetapkan. Efektivitas pembelajaran dapat dicapai apabila rancangan pada persiapan, implementasi, dan evaluasi dapat dijalankan sesuai prosedur serta sesuai dengan fungsinya masing-masing.

0 comments:

Post a Comment