Pendekatan Pembelajaran SAVI
Belajar
berdasarkan aktivitas berarti bergerak aktif secara fisik ketika belajar,
dengan memanfaatkan indra sebanyak mungkin dan membuat seluruh tubuh/pikiran
terlibat dalam proses pembelajaran. (Meier 2002:90). Belajar tidak akan berhasil jika hanya
menyuruh siswa untuk membaca ataupun menulis saja.
Pembelajaran yang baik dalam
IPA adalah dengan menggunakan multi indra yang menekankan dan mengoptimalkan
semua alat indra pada tubuh manusia. Seperti apa yang dikemukakan Howard
Gardner dalam (Armstrong 2005:19) delapan kecerdasan dasar adalah
(1) Kecedasan
linguistik (word smart),
(2)
kecerdasan logis-matematis (numbering
smart),
(3) kecerdasan spasial (picture
smart),
(4) kecerdasan kinestetik (body
smart),
(5) kecerdasan musikal (musical
smart),
(6) kecerdasan antgar pribadi
(people smart),
(7) kecerdasan intra pribadi (self smart),
(8) kecerdasan naturalis (naturalis smart).
Dari pengelompokan kecerdasan di atas dapat
diketahui bahwa pendekatan SAVI menerapkan
8 kecerdasan dasar karena pendekatan SAVI
merupakan pembelajaran multi indra. pendekatan SAVI yang merupakan akronim dari Somatic (bersifat Raga), Auditory
(bersifat suara), Visualization (bersifat gambar), dan Intelektually (bersifat merenungkan).
0 comments:
Post a Comment