Friday, November 20, 2015

Pendekatan Pembelajaran SAVI

Standard
Pendekatan Pembelajaran SAVI
Belajar berdasarkan aktivitas berarti bergerak aktif secara fisik ketika belajar, dengan memanfaatkan indra sebanyak mungkin dan membuat seluruh tubuh/pikiran terlibat dalam proses pembelajaran. (Meier 2002:90). Belajar tidak akan berhasil jika hanya menyuruh siswa untuk membaca ataupun menulis saja. 
Pembelajaran yang baik dalam IPA adalah dengan menggunakan multi indra yang menekankan dan mengoptimalkan semua alat indra pada tubuh manusia. Seperti apa yang dikemukakan Howard Gardner dalam (Armstrong 2005:19) delapan kecerdasan dasar adalah
(1) Kecedasan linguistik (word smart),
(2) kecerdasan logis-matematis (numbering smart),
(3) kecerdasan spasial (picture smart),
(4) kecerdasan kinestetik (body smart),
(5) kecerdasan musikal (musical smart),
(6) kecerdasan antgar pribadi (people smart),
(7) kecerdasan intra pribadi (self smart),
(8) kecerdasan naturalis (naturalis smart). 

Dari pengelompokan kecerdasan di atas dapat diketahui bahwa pendekatan SAVI menerapkan 8 kecerdasan dasar karena pendekatan SAVI merupakan pembelajaran multi indra. pendekatan SAVI yang  merupakan akronim dari Somatic (bersifat Raga), Auditory (bersifat suara), Visualization (bersifat gambar), dan Intelektually (bersifat merenungkan). 

0 comments:

Post a Comment