Friday, November 20, 2015

Teori Belajar David Ausubel

Standard
1.    Teori Belajar David Ausubel
 Ausubel (Dahar, 2011: 94) mengklasifikasikan belajar kedalam dua dimensi. Dimensi yang pertama berhubungan dengan cara informasi atau materi pelajaran yang disajikan pada peserta didik melalui penerimaan atau pertemuan. Dimensi kedua menyangkut cara bagaimana peserta didik dapat mengaitkan informasi itu pada struktur kognitif yang telah ada. Struktur kognitif ialah fakta, konsep dan generalisasi yang telah dipelajari dan diingat oleh peserta didik.

Ausubel (Dahar, 2010: 100) The most important single faktor influencing learning is what the learner already knows. Ascertain this and teach him accordingly. Inti dari teori belajar Ausubel adalah mempersiapkan peserta didik dalam belajar. Langkah – langkah belajar bermakna Ausubel adalah: (1) Pengatur Awal (Advance Organizer). Pengatur awal dapat digunakan untuk membantu mengaitkan konsep yang lama dengan konsep yang baru yang lebih tinggi maknanya. (2) Diferensiasi Progregsif. Pembelajaran bermakna perlu ada pengembangan dan kolaborasi konsep-konsep. Caranya unsur yang inklusif diperkenalkan terlebih dahulu kemudian baru lebih mendetail. (3) Belajar Superordinat terjadi bila konsep-konsep yang telah dipelajari sebelumnya dikenal sebagai unsur-unsur suatu konsep yang lebih luas, lebih inklusif. (4) Penyesuaian Integratif yaitu dengan menghubungkan konsep-konsep yang dipelajari dengan konsep yang ada pada tahap superordinat. Untuk mencapai penyesuaian integrative materi pelajaran hendaknya disusun sedemikian rupa hingga kita mengerakan hierarki-hierarki konseptual ke atas dan ke bawah selama informasi disajikan.

0 comments:

Post a Comment