Saturday, November 21, 2015

Definisi menulis menurut ahli

Standard
2.1.1        
Menulis merupakan salah satu keterampilan yang harus dikuasai oleh murid. Salah satunya adalah menulis deskripsi. Deskripsi adalah karangan yang melukiskan sesuatu sesuai dengan keadaan yang sebenarnya sehingga pembaca dapat mencitrai (melihat, mendengar, mencium, merasakan) apa yang dilukiskan itu sesuai dengan citra penulisnya (Ali, 1991:118).
Sejalan dengan pendapat di atas, Budiharso (2007:22) mengatakan bahwa deskripsi adalah penjabaran hasil pengamatan alat indera ke dalam kata-kata atau perakitan kata-kata untuk memberi kesan indera kepada orang lain.
Sependapat dengan Budiharso dan Ali di atas, Maskurun (2007:32) menjelaskan bahwa deskripsi adalah karangan yang berisi gambaran mengenai suatu hal/keadaan sehingga pembaca seolah-olah melihat, merasa atau mendengar hal tersebut.

Dari penjelasan mengenai deskripsi dari para ahli di atas, dapat disimpulkan bahwa menulis deskripsi menulis sebuah karangan berdasarkan suatu objek dengan melukiskan keadaan yang sebenarnya dari objek tersebut sehingga memberikan kesan indera (melihat, mendengar, dan merasakan) kepada pembaca. 

0 comments:

Post a Comment