Friday, November 20, 2015

Pendekatan SETS dalam Pembelajaran

Standard
                        Pendekatan SETS dalam Pembelajaran
Kata SETS dapat dimaknakan sebagai sains, lingkungan, teknologi, dan masyarakat, merupakan satu kesatuan yang dalam konsep pendidikan mempunyai implementasi agar anak didik mempunyai kemampuan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking). Pendidikan SETS dapat diawali dengan konsep-konsep yang sederhana yang terdapat di lingkungan sekitar kehidupan sehari-hari peserta didik atau konsep-konsep rumit sains maupun non sains.

Binadja (1999:2) menyatakan dalam konteks pendidikan SETS, urutan ringkasan SETS membawa pesan bahwa untuk menggunakan sains (S-pertama) ke bentuk teknologi (T) dalam  memenuhi kebutuhan masyarakat (S-kedua) diperlukan pemikiran tentang berbagai implikasinya pada lingkungan (E) secara fisik maupun mental. Secara tidak langsung, hal ini menunjukan arah pendidikan SETS yang juga memuat unsur-unsur SETS dalam lingkungan (E).
Implikasi visi SETS. Praksis pembelajaran bervisi dan berpendekatan SETS itu bila dilaksanakan dengan sungguh-sungguh tentu akan memberi keuntungan bagi berbagai pihak, para peserta didik itu sendiri, pendidik, dan masyarakat (Binadja, 2006). Lebih jauh visi dan pendekatan SETS itu memungkinkan penjagaan pada nilai-nilai positif pendidikan, agama, dan budaya.

0 comments:

Post a Comment