2.1.1
Metode Concept Sentence
Banyak
dijumpai di kelas pembelajaran kooperatif tidak berjalan efektif, meskipun guru
telah menerapkan prinsip-prinsip pembelajaran kooperatif. Pembelajaran kooperatif
membutuhkan dukungan pengalaman peserta didik baik berupa pengetahuan awal
maupun kemampuan bertanya jawab (Agus Suprijono, 2009:102) Salah satu pendukung
pembelajaran kooperatif adalah metode concept
sentence.
Pembelajaran
dengan metode concept sentence
bertujuan membekali murid agar mampu belajar dengan maksimal, memudahkan murid
dalam belajar, dan melatih kerjasama. Dalam metode ini guru memberikan kata
kunci-kata kunci sesuai materi yang disajikan. Secara jelas berikut ini
langkah-langkah dalam metode concept
sentence adalah (1) Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai, (2) Guru
menyajikan materi secukupnya, (3) Guru membentuk kelompok yang anggotanya kurang
lebih 4 orang heterogen, (4) Guru menyajikan beberapa kata kunci sesuai materi,
(5) Tiap kelompok disuruh membuat beberapa kalimat dengan menggunakan minimal 4
kata kunci setiap kalimat, (6) Hasil diskusi kelompok didiskusikan kembali secara
pleno dipandu oleh guru, dan (7) Kesimpulan.
0 comments:
Post a Comment