Saturday, November 21, 2015

Metode Concept Sentence

Standard
2.1.1        Metode Concept Sentence
Banyak dijumpai di kelas pembelajaran kooperatif tidak berjalan efektif, meskipun guru telah menerapkan prinsip-prinsip pembelajaran kooperatif. Pembelajaran kooperatif membutuhkan dukungan pengalaman peserta didik baik berupa pengetahuan awal maupun kemampuan bertanya jawab (Agus Suprijono, 2009:102) Salah satu pendukung pembelajaran kooperatif adalah metode concept sentence.

Pembelajaran dengan metode concept sentence bertujuan membekali murid agar mampu belajar dengan maksimal, memudahkan murid dalam belajar, dan melatih kerjasama. Dalam metode ini guru memberikan kata kunci-kata kunci sesuai materi yang disajikan. Secara jelas berikut ini langkah-langkah dalam metode concept sentence adalah (1) Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai, (2) Guru menyajikan materi secukupnya, (3) Guru membentuk kelompok yang anggotanya kurang lebih 4 orang heterogen, (4) Guru menyajikan beberapa kata kunci sesuai materi, (5) Tiap kelompok disuruh membuat beberapa kalimat dengan menggunakan minimal 4 kata kunci setiap kalimat, (6) Hasil diskusi kelompok didiskusikan kembali secara pleno dipandu oleh guru, dan (7) Kesimpulan.

0 comments:

Post a Comment