Belajar
adalah proses yang dialami secara langsung dan secara aktif oleh peserta didik
untuk memperoleh kecakapan baru, baik yang berupa pengetahuan, pemahaman, keterampilan
maupun sikap. Menurut Oemar Hamalik (1990:21), belajar adalah suatu bentuk
pertumbuhan atau perubahan dalam diri seseorang yang dinyatakan dalam cara-cara
bertingkah laku yang baru berkat pengalaman dan latihan.
Winkel (Ingridwati Kurnia, dkk. 2007:1.3)
mendefinisikan, bahwa belajar adalah suatu proses kegiatan mental pada diri
seseorang yang berlangsung dalam interaksi aktif individu dengan lingkungan,
sehingga menghasilkan perubahan yang relatif menetap atau bertahan dalam
kemampuan ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik.
Dr. Slameto (1995:2) merumuskan,
bahwa belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan seseorang untuk
memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai
hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya.
0 comments:
Post a Comment