2.1
Sudjana
(1991:5) berpendapat bahwa belajar adalah sebagai hasil dari praktik atau
latihan belajar pada dasarnya adalah perubahan kelakukan yang berkaitan dengan
pengalaman dan latihan. Perubahan itu tidak hanya mengenai jumlah pengetahuan
melainkan juga dalam bentuk kecakapan, kebiasaan, pengertian penghargaan minat
dan penyesuaian diri.
Menurut
Gagne (1985 :2), belajar merupakan suatu proses dimana suatu organisme berubah
perilakunya akibat suatu pengalaman. Belajar merupakan suatu proses internal
yang mencakup ingatan, retensi, pengolahan informasi, emosi dan faktor-faktor
lain berdasarkan pengalaman-pengalaman sebelumnya.
Winkel
(1991:36) mengatakan bahwa belajar adalah suatu aktifitas mentaati psikis yang
berlangsung dalam interaksi dengan lingkungan yang menghasilkan perubahan-perubahan
dalam pengetahuan dan nilai sikap.
Sukahar
(1992:3) mempunyai pendapat tersendiri, belajar matematika pada hakekatnya
adalah belajar berkenaan dengan ide, struktur-struktur yang diatur menurut
urutan logis. Belajar matematika tidak ada artinya kalau dihafalkan saja.
Belajar matematika baru bermakna bila dimengerti.
Berdasarkan
dari pendapat-pendapat di atas dapat di tarik kesimpulan bahwa belajar adalah
suatu aktifitas yang meliputi ingatan, retensi, pengolahan informasi yang
berkaitan dengan pengalaman dan latihan sebagai hasil interaksi dengan
lingkungannya sehingga terjadi perubahan
tingkah laku yang bersifat permanen.
0 comments:
Post a Comment