Pendekatan SETS
dalam Pembelajaran
Kata SETS dapat dimaknakan sebagai sains, lingkungan, teknologi, dan
masyarakat, merupakan satu kesatuan yang dalam konsep pendidikan mempunyai
implementasi agar anak didik mempunyai kemampuan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking).
Pendidikan SETS dapat diawali dengan
konsep-konsep yang sederhana yang terdapat di lingkungan sekitar kehidupan
sehari-hari peserta didik atau konsep-konsep rumit sains maupun non sains.
Binadja (1999:2) menyatakan dalam
konteks pendidikan SETS, urutan
ringkasan SETS membawa pesan bahwa
untuk menggunakan sains (S-pertama) ke bentuk teknologi (T) dalam memenuhi kebutuhan masyarakat (S-kedua)
diperlukan pemikiran tentang berbagai implikasinya
pada lingkungan (E) secara fisik maupun mental.
Secara tidak
langsung, hal ini menunjukan arah pendidikan SETS yang juga memuat unsur-unsur SETS dalam lingkungan (E).
Implikasi visi SETS. Praksis pembelajaran bervisi dan berpendekatan SETS itu bila dilaksanakan dengan
sungguh-sungguh tentu akan memberi keuntungan bagi berbagai pihak, para peserta
didik itu sendiri, pendidik, dan masyarakat (Binadja, 2006). Lebih jauh visi
dan pendekatan SETS itu memungkinkan
penjagaan pada nilai-nilai positif pendidikan, agama, dan budaya.
0 comments:
Post a Comment