Efektivitas
adalah kata yang sering didengar akan tetapi tidak memiliki patokan makna yang
pasti dalam pengukurannya. Kata efektifitas banyak digunakan diberbagai bidang
seperti pendidikan, usaha, kesehatan dan bidang kerja. Bidang pendidikan
biasanya mengaitkan efektivitas dengan pembelajaran atau sering disebut sebagai
efektivitas pembelajaran. Berikut ini akan berikan definisi efektifitas dari
beberapa pakar.
Kamus Besar Bahasa Indonesia
(2002:584) mendefinisikan efektif dengan “ada efeknya (akibatnya, pengaruhnya,
kesannya)” atau “dapat membawa hasil, berhasil guna (usaha, tindakan)” dan
efektivitas diartikan “keadaan berpengaruh; hal berkesan” atau ” keberhasilan
(usaha, tindakan)”.
Gie (1989:108)
mendefinisikan efektivitas sebagai berikut. Suatu
keadaan yang mengandung pengertian mengenai terjadinya efek atau akibat yang
dikehendaki. Jika seseorang melakukan suatu perbuatan dengan maksud tertentu
yang memang dikehendaki, maka orang itu dikatakan efektif kalau memang
menimbulkan akibat dari yang dikehendakinya itu.
Pengertian efektivitas di atas
dapat diartikan bahwa efektivitas adalah suatu usaha yang dilakukan secara
terus menerus untuk mencapai tujuan. Tujuan dari usaha tersebut adalah hasil
yang diperoleh setiap melakukan kegiatan. kegiatan yang dilakukan adalah
kegiatan yang direncanakan dan dikelola dengan baik sehingga menimbulkan dampak
yang positif dan sesuai dengan tujuan yang telah direncanakan.
Definisi yang dikemukakan diatas adalah pengertian efektivitas secara
umum. Efektivitas secara khusus juga digunakan dalam dunia pendidikan yaitu
dengan istilah efektivitas pembelajaran. Penggunaan istilah dari efektivitas
pembelajaran bertujauan untuk membengun pembelajaran yang efektif. Berikut
adalah beberapa pengertian efektivitas pembelajaran.
Muhidin (2010) menyatakan pembelajaran dikatakan
efektif apabila dalam proses pembelajaran setiap elemen berfungsi secara
keseluruhan, peserta merasa senang, puas dengan hasil pembelajaran, membawa
kesan, sarana/fasilitas memadai, materi dan metode affordable, guru profesional. Tinjauan utama
efektivitas pembelajaran adalah outputnya,
yaitu kompetensi peserta didik.
Efektivitas dapat dicapai
apabila semua unsur dan komponen yang terdapat pada sistem pembelajaran
berfungsi sesuai dengan tujuan dan sasaran yang ditetapkan. Efektivitas
pembelajaran dapat dicapai apabila rancangan pada persiapan, implementasi, dan
evaluasi dapat dijalankan sesuai prosedur serta sesuai dengan fungsinya
masing-masing.
0 comments:
Post a Comment