BAB
III
METODE
PENELITIAN
3.1
Metode Penelitian
Dalam penelitian ini,
metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan survei.
Peneliti menggunakan metode kualitatif karena permasalahan belum fokus,
holistik, kompleks, dinamis, dan penuh makna. Survei digunakan untuk menghimpun
informasi atau data dari sampel sumber data.
3.2 Lokasi dan Waktu Penelitian
Penelitian akan dilaksanakan di beberapa sekolah
dengan akreditasi yang berbeda di kota Medan. Waktu penelitian adalah bulan Mei sampai
bulan Juni tahun 2012.
3.3 Instrumen Penelitian
Instrumen penelitian adalah peneliti
sendiri. Untuk mengeksplor atau menggali informasi dari sumber data, peneliti
menggunakan observasi , kuesioner, dan wawancara mendalam.
3.4
Sampel Sumber Data
Sampel sumber data
dalam penelitian ini adalah guru fisika. Sampel sumber data dipilih secara purposive. Peneliti menentukan sampel
sumber data dengan pertimbangan kualifikasi guru, golongan, umur, sertifikasi,
dan lama mengajar.
3.5 Teknik
Pengumpulan Data
` Dalam penelitian ini, teknik pengumpulan data
yang digunakan adalah observasi partisipan, kuesioner, dan wawancara mendalam.
Hal-hal yang di observasi adalah kegiatan belajar mengajar, metode
pembelajaran, sarana dan prasarana sekolah, pemahaman guru tentang UU
Sisdiknas, Pemahaman Guru Tentang UU 14 Tahun
2005 Tentang Guru dan Dosen, Pemahaman Guru Tentang PP 19 Tahun 2005, dan Pemahaman
Guru Tentang Standar Evaluasi/Penilaian. Kuesioner dan wawancara mendalam akan
dilakukan kepada guru fisika dari beberapa sekolah yang memiliki akreditasi
yang berbeda.
Jenis kuesioner
yang digunakan adalah kuesioner tak berstruktur. Kuesioner tak berstruktur
digunakan untuk menggali informasi yang diinginkan dan sumber data dapat
memberikan informasi dengan bebas.
Setelah peneliti
mendapatkan fokus atau inti permasalahan yang akan diteliti, maka peneliti akan
melakukan wawancara yang mendalam kepada sampel sumber data sehingga diperoleh
data yang akurat dan jelas
(sugiono.2009)
0 comments:
Post a Comment