Tuesday, March 31, 2015

Metode Penelitian

Standard
BAB III
METODE PENELITIAN

3.1       Metode Penelitian
Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan survei. Peneliti menggunakan metode kualitatif karena permasalahan belum fokus, holistik, kompleks, dinamis, dan penuh makna. Survei digunakan untuk menghimpun informasi atau data dari sampel sumber data.

3.2       Lokasi dan Waktu Penelitian
Penelitian akan dilaksanakan di beberapa sekolah dengan akreditasi yang berbeda di kota Medan. Waktu penelitian adalah bulan Mei sampai bulan Juni tahun 2012.

3.3       Instrumen Penelitian
Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri. Untuk mengeksplor atau menggali informasi dari sumber data, peneliti menggunakan observasi , kuesioner, dan wawancara mendalam.

3.4       Sampel Sumber Data
Sampel sumber data dalam penelitian ini adalah guru fisika. Sampel sumber data dipilih secara purposive. Peneliti menentukan sampel sumber data dengan pertimbangan kualifikasi guru, golongan, umur, sertifikasi, dan lama mengajar.

3.5       Teknik Pengumpulan Data
`  Dalam penelitian ini, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipan, kuesioner, dan wawancara mendalam. Hal-hal yang di observasi adalah kegiatan belajar mengajar, metode pembelajaran, sarana dan prasarana sekolah, pemahaman guru tentang UU Sisdiknas, Pemahaman Guru Tentang UU 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen, Pemahaman Guru Tentang PP 19 Tahun 2005, dan Pemahaman Guru Tentang Standar Evaluasi/Penilaian. Kuesioner dan wawancara mendalam akan dilakukan kepada guru fisika dari beberapa sekolah yang memiliki akreditasi yang berbeda.
Jenis kuesioner yang digunakan adalah kuesioner tak berstruktur. Kuesioner tak berstruktur digunakan untuk menggali informasi yang diinginkan dan sumber data dapat memberikan informasi dengan bebas.

Setelah peneliti mendapatkan fokus atau inti permasalahan yang akan diteliti, maka peneliti akan melakukan wawancara yang mendalam kepada sampel sumber data sehingga diperoleh data yang akurat dan jelas (sugiono.2009)

0 comments:

Post a Comment