Wednesday, June 8, 2016

Plasma tekanan Atmosfer

Standard


Plasma tekanan Atmosfer
            Plasma tekanan atmosfer termasuk dalam plasma tekanan rendah. Plasma tekanan rendah merupakan suatu teknologi yang dikembangkan dengan sangat matang untuk industri mikroelektronik. Namun, kebutuhan dalam fabrikasi mikroelektronik tidaklah sama dengan kebutuhan pada pemrosesan tekstil, dan telah banyak perusahaan yang mengembangkan teknologi reaktor bertekanan rendah untuk memperoleh fungsionalisasi yang efektif dan ekonomis dari produk-produk serat dan bahan-bahan yang fleksibel. Bentuk yang paling umum digunakan dari plasma tekanan atmosfer adalah plasma korona, plasma berpenghalang dielektrik, dan plasma pijar.
            Lucutan korona dicirikan dengan berpendarnya filamen-filamen dari suatu elektroda runcing bertegangan tinggi menuju substrat. Perlakuan korona merupakan pemrosesan menggunakan plasma yang paling luas digunakan. Kelebihan perlakuan korona adalah bahwa proses ini dapat dilakukan dalam kondisi tekanan atmosfer, gas reagennya biasanya berupa udara lingkungan. Sistem korona secara prinsip memiliki persyaratan pembuatan pada industri tekstil, namun jenis plasma yang dihasilkan tidak mencapai spektrum yang diinginkan pada fungsionalisasi permukaan dalam tekstil dan bahan-bahan non-tenun.
            Selanjutnya, lucutan berpenghalang dielektrik merupakan suatu kelas yang luas dari sumber plasma yang memiliki penghalang dielektrik yang melingkupi salah satu atau kedua elektroda dan beroperasi dengan pembangkit tegangan tinggi dengan rentang dari frekuensi rendah AC sampai 100 kHZ. Lucutan ini termasuk dalam plasma non termal dan terjadi dalam jumlah yang acak, sejumlah lucutan (arc) terbentuk di antara kedua elektroda. Namun, lucutan-lucutan mikro tersebut tidak seragam dan berpotensi menyebabkan perlakuan yang tidak merata.
            Sedangkan lucutan pijar dicirikan sebagai suatu bentuk lucutan seragam, homogen dan stabil yang biasanya dibangkitkan dalam keberadaan gas helium dan argon (dan beberapa dalam nitrogen). Lucutan ini terjadi, misalnya, dengan mengaplikasikan tegangan frekuensi radio diantara dua elektroda plat paralel. Lucutan pijar tekanan atmosfer (APGD) menawarkan suatu sumber plasma dingin homogen alternatif, yang memiliki banyak kelebihan dibandingkan kondisi vakum, metode plasma dingin, sementara mengoperasikannya pada tekanan atmosfer (Shishoo ed., 2007).

1 comment:

  1. Dalam permainan poker dan domino 99 online membutuhkan banyak strategi untuk menang,
    memanfaatkan kartu bagus, ronde, waktu, taktik mengertak dan menipu lawan anda.
    seperti dalam semua varian poker, setiap individu bersaing untuk sejumlah uang atau chip yang diberikan oleh para pemain,
    dengan proses pembagian kartu secara acak. (PIN BBM: 7AC8D76B)

    ReplyDelete