Wednesday, June 8, 2016

Definisi Plasma

Standard


Definisi Plasma
Pada pertengahan abad ke-19 ahli fisiologi berkebangsaan Ceko, Jan Evangelista Purkinje, memperkenalkan penggunaan istilah plasma (dalam bahasa Yunani yang berarti "terbentuk atau tercetak") untuk menunjukkan fluida bening yang tersisa setelah penghapusan seluruh material sel-sel hidup dalam darah. Setengah abad kemudian, ilmuwan Amerika Irving Langmuir pada 1922 mengusulkan bahwa elektron, ion, dan netral dalam gas terionisasi dengan cara serupa dapat dianggap sebagai material sel-sel hidup yang bertahan pada suatu jenis medium fluida dan dalam hal ini disebut media plasma. Namun berbeda dengan darah yang benar-benar terdapat suatu medium fluida yang membawa material sel-sel hidup, dalam plasma sebenarnya tidak terdapat medium fluida yang menahan elektron, ion, dan netral dalam suatu gas terionisasi (Bellan, 2006). Langmuir menyatakan bahwa kecuali di dekat elektroda, dimana terdapat selubung yang mengandung sangat sedikit elektron, gas yang terionisasi mengandung ion dan elektron dalam jumlah yang sama sehinga resultan muatan ruang sangat kecil. Kita harus menggunakan nama plasma untuk menggambarkan daerah yang mengandung muatan-muatan setimbang dari ion dan elektron ini (Fridman, 2008).
Selanjutnya, definisi plasma tersebut digunakan untuk mendefinisikan suatu keadaan materi (fase ke-empat materi). Sebuah definisi kasar namun komprehensif dari plasma adalah suatu ensambel dari spesies-spesies bermuatan, tereksitasi, dan netral, yang meliputi beberapa atau semua spesies berikut: elektron, ion positif dan negatif, atom, molekul, radikal, dan foton. Diperkirakan bahwa lebih dari 99,9% alam semesta ini berada dalam fase plasma, diantaranya: gas nebula, gas interstellar (Sweet, 1958), bintang termasuk matahari (Priest, 1981), yang memiliki suhu permukaan sangat tinggi (dari 2.000 sampai 22.000 K) dan secara keseluruhan mereka terdiri dari plasma.
Menurut Chen (2002), plasma merupakan daerah dimana reaksi tumbukan elektron berlangsung secara sangat signifikan. Plasma dapat terjadi ketika temperatur atau energi suatu gas dinaikkan sehingga memungkinkan atom-atom gas terionisasi dan membuat gas tersebut melepaskan elektron-elektronnya yang pada keadaan normal mengelilingi inti.

1 comment:

  1. Dalam permainan poker dan domino 99 online membutuhkan banyak strategi untuk menang,
    memanfaatkan kartu bagus, ronde, waktu, taktik mengertak dan menipu lawan anda.
    seperti dalam semua varian poker, setiap individu bersaing untuk sejumlah uang atau chip yang diberikan oleh para pemain,
    dengan proses pembagian kartu secara acak. (PIN BBM: 7AC8D76B)

    ReplyDelete