Monday, May 4, 2015

contoh proposal kegiatan sm-3t

Standard
 PROPOSAL


PERLOMBAAN OLAHRAGA BOLA VOLLY, SEPAK BOLA, RANGKING 1 SERTA TARIAN DAERAH, FASHION SHOW BAJU DAERAH TINGKAT
SMA, SMP/MTs, DAN SD
SE-KECAMATAN TELUK DALAM
TAHUN 2014




Diselenggarakan Oleh:


SARJANA MENDIDIK DI DAERAH TERDEPAN, TERLUAR, DAN TERTINGGAL (SM-3T) KECAMATAN TELUK DALAM
KABUPATEN SIMEULUE


Sekretariat Panitia:

Sekretariat: Jalan Bulu Hadik – Lauke
HP: 0853 6237 0203
PERLOMBAAN OLAHRAGA BOLA VOLLY, SEPAK BOLA, RANGKING 1 SERTA TARIAN DAERAH, FASHION SHOW BAJU DAERAH TINGKAT SMA, SMP/MTs, DAN SD/MIS
SE-KECAMATAN TELUK DALAM TAHUN 2013

A.      LATAR BELAKANG
Pembangunan Bangsa Indonesia dilakukan secara menyeluruh pada semua aspek yang menyangkut kehidupan berbangsa dan bernegara. Pembangunan pendidikan merupakan bagian integral dari pembangunan nasional yang tidak hanya sangat penting, akan tetapi merupakan salah satu faktor penentu dari keberhasilan pembangunan di segala bidang. Penddikan memegang peranan yang sangat penting untuk menjamin kelangsungan hidup bangsa dan Negara, karena pendidikan merupakan sarana yang paling tepat untuk meningkatkan dan mengembangkan kualitas sumber daya manusia. Hal ini seperti yang diharapkan oleh Depdiknas (2003:11) yang menyatakan bahwa:
Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga yang demokratis serta bertanggung jawab.

Pengukuran mutu pendidikan merupakan hal yang sangat penting yang harus dilakukan berdasarkan kriteria yang ditetapkan untuk menilai sejauh mana mutu pendidikan di Indonesia berhasil dilaksanakan baik di tingkat daerah, provinsi, nasional maupun internasional. Sejalan dengan tujuan pendidikan nasional tersebut maka menjadi penting untuk melakukan evaluasi kemampuan peserta didik serta berbagi ilmu pengetahuan kepada tenaga kependidikan di Indonesia khususnya di Kecamatan Teluk Dalam Kabupaten Simeulue melalui lomba “Perlombaan Olahraga Bola Volly, Sepak Bola, Rangking 1 Serta Tarian Daerah, Fashion Show Baju Daerah”.
Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kompetensi atau cara untuk mengetahui dan meningkatkan kemampuan siswa dan memotivasi peserta didik untuk terus meningkatkan prestasi mereka.
Selain itu peningkatan rasa nasionalisme bagi peserta didik perlu ditanamkan mulai usia dini, tentunya sekolah merupakan salah satu tempat untuk mengerti apa itu nasionalisme. Empat pilar kebangsaan yaitu PANCASILA, NKRI, UUD, dan BHINNEKA TUNGGAL IKA wajib diketahui peserta didik. Lagu Indonesia Raya adalah lagu kebangsaan Indonesia. Indonesia terdiri dari ratusan suku budaya dan adat istiadat yang perlu dipertahankan dan dikembangkan, untuk itu dalam kesempatan ini kami membuat perlombaan tarian daerah serta fashion show baju daerah.

B.      TUJUAN KEGIATAN
1.     Membuat siswa termotivasi dalam meningkatkan kemampuan akademiknya.
2.     Mengevaluasi kemampuan siswa.
3.     Meningkatkan rasa nasionalisme.
4.     Meningkatkan kreatifitas siswa.

C.      NAMA DAN TEMA KEGIATAN
Nama kegiatan ini adalah: “LOMBA HARDIKNAS”. Sedangkan tema kegiatan Perlombaan Olahraga Bola Volly, Sepak Bola, Rangking 1 Serta Tarian Daerah, Fashion Show Baju Daerah se-Kecamatan Teluk Dalam adalah : Melalui Pendidikan Dan Kebudayaan Mari Maju Bersama Mencerdaskan Indonesia”.

D.      SASARAN KEGIATAN
Peserta kegiatan ini adalah seluruh sekolah yang ada di Kecamatan Teluk Dalam Kabupaten Simeulue dengan penjabaran sebagai berikut:
1.   Bola Volly dan Sepak Bola                                   : Siswa SMA
2.   Rangking 1 “Cerdas Cermat                                : Siswa SMP
3.   Tarian daerah dan fashion show baju daerah        : Siswa SD


E.      WAKTU DAN TEMPAT
1.     Pelaksanaan Kegiatan dilaksanakan
Hari/ Tanggal                        : Senin/ 28 April 2014
Tempat                      : SD N 2 Teluk Dalam Desa Kuala Bakti
Peserta                       : Seluruh Peserta

2.       SUSUNAN ACARA
Terlampir.

3.       PANITIA
Terlampir.

4.       TAKSASI DANA
Total dana keseluruhan yang dibutuhkan adalah sebesar Rp. 8.750.000,-
Terbilang: “Delapan Juta Tujuh Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah”.
Terlampir.

5.       PENUTUP
Demikianlah uraian proposal kegiatan Perlombaan Olahraga Bola Volly, Sepak Bola, Rangking 1 Serta Tarian Daerah, Fashion Show Baju Daerah se-Kecamatan Teluk Dalam Kabupaten Simeulue. Semoga kegiatan ini dapat memberikan manfaat positif dan acara ini dapat berjalan dengan baik. Atas perhatian, izin dan kerjasamanya kami mengucapkan terima kasih.


                                                                            Teluk Dalam,  1 Februari 2014

0 comments:

Post a Comment