Thursday, December 24, 2015

Pembelajaran Menulis

Standard

            Pada jenjang SMP/MTs pembelajaran menulis merupakan bagian tak terpisahkan dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Tujuannya menurut Parera (1999:10) adalah agar siswa (1) mampu menuangkan pengalaman, gagasan, dan perasaan secara tertulis, (2) mampu mengungkapkan informasi sesuai dengan konteks dan keadaan, (3) peka terhadap lingkungan dan mampu mengungkapkannya dalam karangan, dan (5) memiliki kegemaran menulis untuk meningkatkan pengetahuan dan memanfaatkannya dalam kehidupan sehari-hari  

Sesuai dengan prinsip komunikatif, pembelajaran menulis bukanlah pembelajaran tentang teori menulis, tetapi merupakan kegiatan pembelajaran keterampilan menggunakan bahasa dalam bentuk tulis. Hal ini sesuai dengan BSNP  (2006:281) bahwa pembelajaran bahasa Indonesia bertujuan meningkatkan kemampuan siswa dalam berkomunikasi dalam bahasa Indonesia dengan baik dan benar, baik secara lisan maupun tulis. Amanat ini merupakan refleksi dari kurikulum sebelumnya yang lebih berorientasi pada sistem bahasa. Oleh karena itu, Depdiknas (2003:1) menegaskan bahwa pembelajaran yang beorientasi pada target penguasaan materi harus ditinggalkan karena terbukti hanya berhasil dalam mengingat jangka pendek, tetapi gagal dalam membekali siswa memecahkan persoalan kehidupan jangka panjang

0 comments:

Post a Comment