Tuesday, August 4, 2015

Lampiran Narakarya I

Standard
LAPORAN PER SEMESTER
DATA DAN KEGIATAN GUDEP
I.         UMUM.
1.     Gugus Depan :…………………………………………………………………...
2.     Alamat                       : …………………………………………………………………...
3.     Tempat berlatih: …………………………………………………………………...
II.      KEANGGOTAAN.
1.     Orang Dewasa
a.      Pembina Gugus Depan
b.     Pembina dan Pelatih
2.     Peserta Didik
a.      Penegak Putra.
Calon Penegak                : ………………………….. orang
Bantara                            : ………………………….. orang
Laksana                           : ………………………….. orang
Garuda                             : ………………………….. orang
b.     Penegak Putri
Calon Penegak                : ………………………….. orang
Bantara                            : ………………………….. orang
Laksana                           : ………………………….. orang
Garuda                             : ………………………….. orang
3.     Laporan Tingkat TKK
III.    KEGIATAN.
1.     Gugus Depan
2.     Pasukan Penegak
IV.    KEUANGAN.
1.     Pemasukan    :                       Rp……………..
2.     Pengeluaran   :                       Rp. ……………
Saldo                                     Rp. ……………
Dukungan kegiatan terlampir.
Semarang,……….............2014
Pembina Gugus Depan



.................................
    
FORMULIR PENDAFTARAN
ANGGOTA GERAKAN PRAMUKA

1.   Nama Lengkap                       :.............................................................                 Pa/Pi
2.   Tempat / Tanggal Lahir         :…………………………………………………………….
3.   Agama                                    :.…………………………………………………………….
4.   Nama Orang Tua / Wali         :……………………………………………………………..
5.   Pekerjaan Orang Tua / Wali  :.…………………………………………………………….
6.   Anak Ke                                 : ………… Jumlah Sdr Pa ……… orang, Pi ………. orang
7.   Golongan Darah                     :…………………………………………………………….
8.   Alamat Rumah                       : …………………………………………………………….
                                                ………………………………………………………….....
                                                …………………………………………………………….
…………………………………………………………….
9.   Bakat Dan Hobi                     : …………………………………………………………….
10.  Pengalaman Dalam Kepramukaan :...............…………………...………………………
Tahun        :…………….Sebagai …………………………………………….……………
Tahun        :…………….Sebagai …………………………………………….……………
Tahun        :…………….Sebagai …………………………………………….……………
Tahun        :…………….Sebagai …………………………………………….……………
Tahun        :…………….Sebagai …………………………………………….……………
11.  Lain – Lain.
……………………………………………………………………………………………...
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………

Semarang,........................
Pendaftar

..........................................




CATATAN PRIBADI ANGGOTA PRAMUKA

1.     Nama Lengkap                 : ………………………………………………………………...
2.     Tempat / Tanggal Lahir    : ………………………………………………………………...
3.     Agama                              : ………………………………………………………………...
4.     Masuk Pramuka Tanggal  : ………………………………………………………………...
5.     Sifat baik yang perlu dikembangkan       : ………………………………………………...
6.     Sifat yang kurang baik perlu dikurangi   : ………………………………………………...
7.     Kepemimpinan yang pernah dialami / diikuti     : …………………………………………
8.     Peristiwa - peristiwa penting selama menjadi anggota pramuka            : ………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
9.     Observasi terhadap pribadi anggota :
·       Kecerdasan                             : ………………………………………………………...
·       Gotong royong                        : ………………………………………………………...
·       Disiplin                                   : ………………………………………………………...
·       Kegembiraan                          : ………………………………………………………...
·       Suka menolong / membantu  : ………………………………………………………...
·       Loyalitas                                 : ………………………………………………………...
·       Kejujuran                                : ………………………………………………………...
·       Inisiatif                                   : ………………………………………………………...
·       Kepribadian / meliutasi          : ………………………………………………………...
·       Kreatifitas                               : ………………………………………………………...
·       Pengabdian                             : ………………………………………………………...
No
Peristiwa penting
Tanggal
Tempat
1
Naik Golongan Penegak


2
Di Lantik Penegak


3
Menjadi Penegak Bantara


4
Menjadi Penegak Laksana



10.  Kegiatan kepramukaan / kegiatan lain yang diikuti  : ……………………………………..
11.  Penyakit / gangguan kesehatanyang pernah diderita : ……………………………...……..
12.  Mutasi anggota tanggal : …………………………………………………………………


DAFTAR INDUK ANGGOTA GERAKAN PRAMUKA
GUGUS DEPAN           : ………………………………………………….
PANGKALAN              : ……………………………….………………….

NO
NO. INDUK
NTA
NAMA
AGAMA
GOL. DARAH
SEKOLAH/
PEKERJAAN
NAMA ORANG TUA
PEKERJAAN ORANG TUA
TINGKATAN
KETERANGAN


























Semarang, …………………… 2014
Pembina





.................................

DAFTAR INVENTARIS GUGUS DEPAN

NO
Nama Barang
Merk/Tpye
Kode Barang
Jumlah Barang
Harga
Cara/Tanggal Pengadaan
Kondisi/Keterangan





























Semarang, …………………… 2014
Pembina




..................................


PENERIMAAN DAN PENGELUARAN UANG
GUGUS DEPAN
Bulan : ……………………………..
NO
URAIAN
No. BUKTI
PENERIMAAN
(Rp.)
PENGELUARAN
(Rp.)
KETERANGAN































































































































Semarang, ……………. 2014
Pembina,



...................................





BUKU TAMU GUGUS DEPAN

NO
NAMA
ALAMAT
JABATAN
TUJUAN
SARAN/PESAN
PARAF


























Semarang, ……………… 2014
Pembina


..............................


AGENDA SURAT MASUK
GUGUS DEPAN KOTA SEMARANG 08.09308.094
PANGKALAN SMA N 3 SEMARANG
JL. PEMUDA NO. 149 SEMARANG
No
Tanggal
Pengirim
Isi Surat
Disposisi
Keterangan
Urut
Surat
Surat
Terima


















































































































































































AGENDA SURAT KELUAR
GUGUS DEPAN KOTA SEMARANG 08.09308.094
PANGKALAN SMA N 3 SEMARANG
JL. PEMUDA NO. 149 SEMARANG
No
Tanggal Surat
Isi Surat
Instansi Tujuan
Penanggung Jawab
keterangan
Urut
Surat





























































































































































BUKU NOTULEN RAPAT
Hari                            : ...............................................................................................................
Tanggal                      : ...............................................................................................................
Tempat                       : ...............................................................................................................
Pukul                          : ...............................................................................................................
Agenda                       : ...............................................................................................................
Pemimpin Rapat        : ...............................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
Pemimpin Rapat                                                                          Notulis


____________________                                                             ________________


DAFTAR HADIR RAPAT
Hari                 : ……………………………………………………………………………
Tanggal           : ……………………………………………………………………………
Tempat                        : ……………………………………………………………………………
Pukul               : ……………………………………………………………………………
Agenda            : ……………………………………………………………………………
Pemimpin Rapat: ……………………………………………………………………………
NO
NAMA
JABATAN
ALAMAT
TANDA TANGAN
1



1.
2



2.
3



3.
4



4.
5



5.
6



6.
7



7.
8



8.
9



9.
10



10.
11



11.
12



12.
13



13.
14



14.
15



15.

Pemimpin Rapat,




JADWAL ACARA LATIHAN
HARI               : …………………………………………….
TANGGAL      : …………………………………………….
WAKTU          :…………………………………………….

NO
WAKTU
SASARAN
ACARA
ALAT
PETUGAS
KET
POKOK
PENGGANTI








































































NOTULA  RAPAT

Hari / Tanggal                   : ………………………………………………………………….
Waktu                                : ……………………………………………………………………
Pokok pembicaraan          : ……………………………………………………………………
Pencatat                            : ……………………………………………………………………
NO
Permasalahan
Pemecahan
Keterangan










































LOG BOOK / CATATAN PERISTIWA – PERISTIWA PENTING
GUGUS DEPAN KOTA SEMARANG 08.09308.094
PANGKALAN SMA N 3 SEMARANG
JL. PEMUDA NO. 149 SEMARANG
No
Hari/Tanggal
Pukul
Peristiwa, Ilustrasi, Gambar, Tempelan, Guntingan Peristiwa






























DAFTAR PRESENSI PESERTA DIDIK
GUGUS DEPAN KOTA SEMARANG 08.09308.094
PANGKALAN SMA N 3 SEMARANG
JL. PEMUDA NO. 149 SEMARANG

Sangga :                                                                                              Bulan………… 2014
No
Nama
Iuran Tanggal
Jml
Presensi Tanggal
Keterangan











1













2













3













4













5













6













7













8













Jumlah














Sangga :                                                                                              Bulan………… 2014
No
Nama
Iuran Tanggal
Jml
Absensi Tanggal
Keterangan











1













2













3













4













5













6













7













8













Jumlah














Sangga :                                                                                              Bulan………… 2014
No
Nama
Iuran Tanggal
Jml
Absensi Tanggal
Keterangan











1













2













3













4













5













6













7













8













Jumlah













MATERI KEPRAMUKAAN
BENTUK BARISAN UPACARA PENEGAK

berbanjar di palai oleh pramuka penegak, pandega dan Pembina.
penegak adalah anggota pramuka yang berusai dari 16 sampai 20 tahun, memiliki warna dasar kuning yang berarti mulai matang . di sini para pramuka penegak, pandega dan pembina mengunakan bentuk barisan sepaerti yang ada di samping ini yang memiliki arti bahwa pramuka penegak, pandega serta pembina
sudah mengenal nilai - nilai kemasyarakatan dan sudah terbuka wawasan pikir serta mengabdi ke pada masyarakat atau dengan kata lain pramuka penegak udah terjun langsung ke masyarakat sesuai dengan trisatya pramuka penegak yaitu " ikut serta membangun masyarakat"












UPACARA PEMBUKAAN LATIHAN AMBALAN PENEGAK
Upacara Pembukaan Latihan di Ambalan Penegak diatur sebagai berikut :
a.      Kerapihan setiap anggota ambalan.
b.     Sangga Kerja menyiapkan perlengkapan upacara
c.      Pradana mengumpulkan anggota ambalan dalam bentuk barisan bersaf.
d.     Laporan Pemimpin Sanga kepada Pradana.
e.      Pada waktu Pemimpin Sangga meninggalkan tempat, Wakil Pemimpin Sangga pindah ke tempat Pemimpin Sangga.
f.      Para Pemimpin Sangga sesudah laporan mengambil tempat di sebelah kanan barisan.
g.     Pradana menjemput Pembina dan mengantarnya ke sebelah kanan para pemimpin Sangga.
h.     Pradana mengambil tempat di depan barisan, sesuai dengan adat ambalan yang berlaku.
i.       Petugas bendera mengibarkan Sang Merah Putih, Pradana memimpin penghormatannya.
j.       Pembacaan Dasaidarma oleh petugas.
k.     Pembina Penegak atau Pembina Upacara membaca Pancasila diikuti oleh anggota ambalan.
l.       Pengumuman dari Pradana/Pembina.
m.   Pradana memimpin doa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
n.     Barisan dibubarkan oleh Pradana dilanjutkan dengan acara latihan.

UPACARA PENUTUPAN LATIHAN AMBALAN PENEGAK
Jalannya Upacara Penutupan Latihan pasukan ambalan penegak adalah sebagai berikut :
a.      Kerapihan setiap anggota ambalan.
b.     Pradana mengumpulkan anggota ambalan dalam bentuk barisan bersaf.
c.      1) Pemimpin Sangga mengambil tempat di sebelah kanan barisan.
2) Wakil Pemimpin Sangga pindah ke tempat Pemimpin Sangga.
d.     Pradana menjemput Pembina Penegak dan mengantarkannya ke sebelah kanan barisan.
e.      Pradana mengambil tempat di depan barisan sesuai dengan adat ambalan yang berlaku.
f.      Petugas bendera menurunkan Sang Merah Putih untuk disimpan.
g.     Pembacaan renungan atau sandi ambalan oleh petugas.
h.     Pengumuman tentang sangga kerja untuk latihan yang akan datang, dan lain-lain.
i.       Pradana memimpin berdoa sesuai agama dan kepercayaan masing-masing.
j.       Laporan Pradana kepada Pembina Penegak.
k.     Pradana membubarkan barisan.

SEJARAH SINGKAT GERAKAN PRAMUKA
“DARI GERAKAN KEPANDUAN KE GERAKAN PRAMUKA”

I.         PENDAHULUAN
Sejarah merupakan cermin bagi keadaan sekarang. Sejarah merupakan sumber pemikiran dan pembelajaran dalam mengembangkan tujuan-tujuan yang akan datang.

II.       MATERI POKOK
1.     Masa Hindia Belanda   
a.      Tahun 1908, Mayor Jenderal Robert Baden Powell melancarkan suatu gagasan tentang pendidikan luar sekolah  untuk kanak-anak Inggris, dengan tujuan agar menjadi manusia Inggris, warga Inggris dan anggota masyarakat Inggris yang baik sesuai dengan keadaan dan kebutuhan kerajaaan Inggris Raya ketika itu.
b.     Untuk itu beliau mengarang sebuah buku yang terkenal yaitu “Scouting for Boys”. Buku ini berisi pengalaman beliau dan latihan apa yang diperlukan yang diperlukan para Pramuka.
c.      Gagasan Boden Powell dinilai cemerlang dan sangat menarik sehingga banyak diikuti dan didirikan kepanduan di negara-negara lain. Diantaranya di negeri Belanda dengan nama Padvinder atau Padvinderij.
d.     Oleh orang Belanda, gagasan  kepanduan di bawa dan dilaksanakan di sini (Nederlands OOst Indie), dengan mendirikan Nederland Indischie Padvinders Vereeniging (NIPV) atau Persatuan Pandu-pandu Hindia-Belanda.
e.      Oleh pemimpin-pemimpin di dalam pergerakan nasional, gagasan Baden Powell dimabil alih dengan membentuk organisasi-organisasi kepanduan yang bertujuan membentuk manusia Indonesia yang baik yaitu sebagai kader Pergerakan Nasional. Pada saat itu mulailah bermunculan organisasi-organisasi kepanduan diantaranya Javanse Padvinders  Organizatie (JPO), Jong Java Padvinderij (JJP), National Islamitje Padvinderij (NATIPIJ), Sarikat Islam Afdeling Padvinderij (SIAP), Hizbul Wathan (HW) dan lain sebagainya.
f.      Sumpah Pemuda yang dicetuskan pada Kongres Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928, benar-benar telah menjiwai gerakan kepanduan nasional Indonesia untuk lebih bergerak maju. Pemerintah Hindia Belanda melarang penggunaan istilah Padvinder dan Padvinderij untuk organjisasi kepanduan di luar NIPV.
g.     Dengan meningkatkan kesadaran nasional Indonesia, maka timbullah niat untuk persatuan antara organisasi-organisasi kepanduan. Pada tahun 1930 muncullah Kepanduan Bangsa Indonesia (KBI) yang merupakan gabungan dari organisasi kepanduan  Indonesische Padvinders Organizatie (INPO), Pandu Kesultanan (PK) dan Pandu Pemuda Sumatera (PPS). Pada tahun 1931  terbentuk federasi kepanduan dengan nama Persatuan Antar Pandu-pandu Indonesia (PAPI), yang kemudian berubah menjadi Badan Pusat Persaudaraan Kepanduan Indonesia (BPPKI) pada tahun 1938.
2.     Masa Pendudukan Jepang
Pada masa pendudukan Jepang (PD II), penguasa Jepang di Indonesia melarang keberadaan organisasi kepanduan di Indonesia di larang adanya. Tokoh-tokoh kepanduan banyak yang masuk dalam organisasi Seinendan, Keibodan dan Pembela Tanah Air (PETA).
3.     Masa Perang Kemerdekaan
Dengan diproklamasikan kemerdekaan 17 Agustus 1945, bangsa Indonesia bahu membahu mempertahankan kemerdekaan.  Seiring dengan itu, pada tanggal 28 Desember 1945 di Surakarta berdiri Pandu Rakyat Indonesia (PARI) sebagai satu-satunya organisasi  kepanduan di wilayah Republik Indonesia.
4.     Masa Pasca Perang Kemerdekaan hingga 1961
a.      Setelah pengakuan kedaulatan NKRI, maka mulailah Indonesia memasuki masa pemerintahan yang liberal. Sesuai dengan situasi pemerintahan tersebut maka bermunculan organisasi kepanduan seperti HW, SIAP, Pandu Islam Indonesia, Pandu Kristen, Pandu Katholik, Kepanduan Bangsa Indonesia (KBI) dan lain-lain.
b.     Menjelang tahun 1961, kepanduan Indonesia telah terpecah-pecah menjadi lebih dari 100 organisasi kepanduan, suatu keadaan yang terasa lemah meski tebagi ke dalam 3 federasi organisasi kepanduan; satu federasi kepanduan putra dan dua federasi kepanduan putri:
·       Ikatan Pandu Indonesia (IPINDO), 13 September 1951.
·       Persatuan Organisasi Pandu Putri Indonesia (POPPINDO), 1954.
·       Perserikatan Kepanduan Putri Indonesia.
Keadaan ini membuat lemah organisasi kepanduan, ketiga federasi tersebut melebur menjadi satu federasi: Persatuan Kepanduan Indonesia (PERKINDO). Namun yang masuk dalam federasi ini hanya berkisar 60 buah dari 100 buah organisasi kepanduan, dan hanya berjumlah 500.000 anggota.
Disamping itu, sebagian dari 60 organisasi kepanduan anggota PERKINDO tersebut berada dibawah organisasi politik atau organisasi massa tetap saling berhadap-hadapan berlawanan satu sama lain, sehingga tetap melemahkan gerakan kepanduan Indonesia.
c.      Melihat keadaan tersebut, PERKINDO membentuk panitia untuk memikirkan jalan keluarnya. Panitia menyimpulkan bahwa kepanduan  lemah dan terpecah-pecah, terpaku dalam cengkeraman gaya lama yang tradisional daripada kepanduan Inggris, pembawaan dari luar negeri. Hal ini berakibat bahwa pendidikan yang diselenggarakan oleh gerakan kepanduan Indonesia belum disesuaikan dengan keadaan dan kebutuhan bangsa dan masyarakat Indonesia, maka ketika itu gerakan kepanduan kurang memperoleh tanggapan dari bangsa dan masyarakat Indonesia. Kepanduan hanya berjalan di kota-kota besar dan di situpun hanya terdapat pada lingkungan orang-orang yang sedikit banyak sudah berpendidikan barat.
d.     Kondisi lemah gerakan kepanduan Indonesia dimanfaatkan oleh pihak komunis sebagai alasan untuk memaksa gerakan kepanduan Indonesia menjadi Gerakan Pioner Muda seperti yang terdapat di negara-negara komunis.
e.      Kekuatan Pancasila di dalam PERKINDO berusaha menentangnya, dengan bantuan Perdana Menteri Djuanda maka tercapailah perjuangan dengan menghasilkan Keputusan Presiden RI No. 238 Tahun 1961 tentang Gerakan Pramuka, pada tanggal 20 Mei 1961 yang  ditandatangani oleh
Ir. Djuanda selaku Pejabat Presiden RI, karena Presiden Sukarno sedang berkunjung ke negeri Jepang.
5.     Masa 1961-1999
Dengan Keppres No. 238 Tahun 1961, Gerakan Kepanduan Indonesia mulai dengan keadaan baru dengan nama Gerakan Praja Muda Karana atau Gerakan Pramuka.
a.      Semua organisasi kepanduan melebur ke dalam Gerakan Pramuka, menetapkan   Pancasila sebagai dasar Gerakan Pramuka.
b.     Gerakan Pramuka adalah suatu perkumpulan yang berstatus non-governmental (bukan badan pemerintah) yang berbentuk kesatuan. Gerakan Pramuka diselenggarakan menurut jalan aturan demokrasi, dengan pengurus (Kwartir Nasional, Kwartir Daerah, Kwartir Cabang dan Kwartir Ranting) yang dipilih dalam musyawarah.
c.      Gerakan Pramuka sebagai satu-satunya badan di wilayah NKRI yang diperbolehkan menyelenggarakan kepramukaan bagi anak dan pemuda Indonesia; organisasi lain yang menyerupai, yang sama dan  sama sifatnya dengan Gerakan Pramuka dilarang adanya.
d.     Gerakan Pramuka bertujuan mendidik anak dan pemuda Indonesia dengan prinsip dasar metodik pendidikan kepramukaan yang pelaksanaanya diserasikan dengan keadaan, kepentingan dan perkembangan  bangsa dan masyarakat Indonesia agar menjadi manusia Indonesia yang baik dan anggota masyarakat yang berguna bagi pembangunan bangsa dan negara.
e.      Prinsip-prinsip Dasar Metodik Pendidikan Kepramukaan sebagaimana  dirumuskan oleh Baden Powell tetap dipegang, akan tetapi pelaksanaanya diserasikan dengan keadaan, kepentingan dan perkembangan  bangsa dan masyarakat Indonesia; dengan menyesuaikan dan diserasikan dengan keadaan dan kebutuhan regional ataupun lokal di masing-masing wilayah di Indonesia ternyata mampu membawa banyak perubahan yang mampu membawa Gerakan Pramuka mengembangkan kegiatannya secara meluas.
f.      Gerakan Pramuka ternyata lebih kuat organisasinya dan memperoleh tanggapan luas dari masyarakat, sehingga dalam waktu singkat organisasinya telah berkembang dari kota-kota hingga ke kampong dan desa-desa, jumlah anggotanya meningkat dengan pesat.
g.     Kemajuan pesat tersebut tak lepas dari system Majelis Pembimbing (Mabi) yang dijalankan oleh Gerakan Pramuka di setiap tingkat, baik dari tingkat nasional hingga ke tingkat gugusdepan (Gudep).
h.     Mengingat bahwa 80% penduduk Indonesia tinggal di desa dan 75% adalah keluarga petani, maka pada tahun 1961 Kwartir Nasional menganjurkan supaya para Pramuka menyelenggarakan kegiatan di bidang pembangunan masyarakat desa.
i.       Anjuran tersebut dilaksanakan terutama di Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur dan Jawa Barat telah mampu menarik perhatian pemimpin-pemimpin masyarakat Indonesia. Pada tahun 1966, Menteri Pertanian dan Ketua Kwartir Nasional mengeluarkan instruksi bersama tentang pembentukan Satuan Karya Pramuka (Saka) Tarunabumi. Saka Tarunabumi dibentuk dan diselenggarakan khusus untuk memungkinkan adanya kegiatan Pramuka di bidang pendidikan cinta pembangunan pertanian dan pembangunan masyarakat desa secara lebih nyata dan intensif.
Kegiatan Saka Tarunabumi ternyata telah membawa pembaharuan, bahkan membawa semangat untuk mengusahakan penemuan-penemuan baru (inovasi) pada pemuda desa yang selanjutnya mampu mepengaruhi seluruh masyarakat desa.
j.       Model pembentukan Saka Tarunabumi kemudian berkembang menjadi pembentukan Saka lainnya seperti Saka Dirgantara, Saka Bahari dan Saka Bhayangkara.
Anggota Saka-saka tersebut terdiri dari para Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega yang memiliki minat di bidangnya. Pramuka Siaga dan Penggalang tidak ikut dalam Saka tersebut. Para Pramuka Penegak dan Pandega yang tergabung dalam Saka menjadi instruktur di biangnya bagi adik-adik dan rekan-rekannya di gudep.
k.      Perluasan kegiatan Gerakan Pramuka yang berkembang pesat hingga ke desa-desa, terutama kegiatan di bidang pembangunan pertanian dan masyarakat desa, dan pembentukan Saka Tarunabumi menarik perhatian badan internasional seperti FAO, UNICEF, UNESCO, ILO dan Boys Scout World Bureau.
6.     Masa 1999 – sekarang
a.      Perkembangan politik negara dan pemerintahan mengalami perubahan dengan adanya Reformasi, turut mempengaruhi perkembangan masyarakat secara menyeluruh.
b.     Untuk pertamakalinya pemilihan KaKwarnas dengan Pemilihan Langsung oleh Kwartir Daerah pada Munas 2003 di Jakarta.
c.      Pencanangan Revitaliasi Gerakan Pramuka oleh Presiden RI selaku Ka Mabinas
d.     Pembentukan Saka Wirakartika
e.      RUU Kepramukaan

III.     PENUTUP
Sejarah Gerakan Pramuka merupakan sumber pemikiran dan pembelajaran pengembangan organisasi, agar terus digali untuk memberikan sumbangsih kepada bangsa dan negara.

Reverensi & Bahan Pustaka.
1.     Patah tumbuh hilang berganti, 40 Tahun Gerakan Pramuka.
2.      Buku Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD).

KETERAMPILAN KEPRAMUKAAN

I.       PENDAHULUAN
1.     Keterampilan kepramukaan merupakan keterampilan yang didapat seseorang pramuka dari kegiatan kepramukaan yang diikutinya : keterampilan kepramukaan selalu siap untuk dimanfaatkan sewaktu - waktu dalam menghadapi tantangan.

2.     Pemilikkan keterampilan kepramukaan pada seseorang pramuka banyak sedikitnya tergantung pada :
        a.    golongan usia pramuka (S,G,T,D)
        b.    berapa lama pramuka tersebut mengikuti kegiatan kepramukaan
        c.     bagaimana kualitas pembinanya

II.      MATERI POKOK
1.     Keterampilan kepramukaan merupakan kebutuhan untuk dimiliki peserta didik/kaum muda/pramuka, karena masyarakat mempunyai aumsi bahwa seseorang pramuka pasti memiliki keterampilan kepramukaan yang dapat digunakan sebagai modal pramuka dalam kehidupanya sehari - hari di masyarakat.
2.     Untuk dapat memenuhi kebutuhan tersebut diatas, Pembina Pramuka dituntut agar memiliki seperangkat keterampilan kepramukaan.  Keterampilan kepramukaan oleh Pembina Pramuka dapat difungsikan sebagai media pendidikan/pembinaan watak peserta didik.
3.     Keterampilan kepramukaan dapat dikelompokkan sebagai berikut :
a.        Keterampilan Spiritual
b.        Keterampilan Emosional
c.        Keterampilan Manajerial
d.        Keterampilan Pisik
e.        Keterampilan Mengenal Alam
f.         Keterampilan Sosial
4.     Keterampilan Spiritual
        Keterampilan Spiritual ialah keterampilan sikap dan perilaku seseorang pramuka yang dalam keseharian mencerminkan perwujudan :
        a.     pengamalan kaidah - kaidah agama yang dianutnya.
        b.    pengalaman Prinsip Dasar Kepramukaan
        c.     pengamalan Kode Kehormatan Pramuka
        d.    pengamalan Pancasila
5.     Keterampilan Emosional
        Keterampilan Emosional ialah keterampilan menata emosi, sehingga yang bersangkutan antara lain menjadi pramuka yang :
a.           cermat dalam menghadapi masalah
b.          bijak dalam mengambil keputusan
c.           sabar
d.          tidak tergesa - gesa dalam menentukan sikap
e.           menghormati lawan bicara
f.           sopan
g.          santun dalam berbicara
h.          hormat kepada orang tua
6      Keterampilan Manajerial
        Keterampilan Manajerial ialah keterampilan merencanakan dan mengelola kegiatan sehingga mencapai kesuksesan.  Pramuka yang memiliki keterampilan manajerial, diantaranya memiliki keterampilan :
a.           kepemimpinan
b.          perencanaan, pemrograman dan pelaksanaan kegiatan
c.           administrasi
d.          hubungan antar insani (relationship)
e.           penyusunan pelaporan
7.     Keterampilan Pisik
        Keterampilan Pisik ialah keterampilan yang secara pisik menjadi kebutuhan peserta didik bekal dalam mengatasi tantangan/rintangan.  Yang tergolong keterampilan pisik, ialah :
a.    Tali - temali
       ialah keterampilan dengan menggunakan dasar tali, dikelompokkan dalam :
*     SIMPUL, ialah ikatan pada tali, diantaranya :
-      simpul ujung tali
       simpul untumenjaga  agar tali tidak terurai
                 simwhiping
-      simpul mati
       Simpul untuk menyambung ua tali yang sama besar
                 bends
-      simpul anyam
       simpul untuk menyambung dua tali yang tidak sama besarnya dalam kondisi kering           
       bends2
-      Simpul anyam berganda
       simpul untuk menyambung dua tali yang tidak sama besarnya dalam kondisi basah atau kering
       dblsheetdblsheet
-      simpul erat
       untuk memulai suatu ikatan
                 hitch3
-      simpul pangkal
       simpul digunakan untuk permulaan ikatan
                 hitch1
-      simpul tiang
       simpul untuk mengikat leher binatang agar tidak terjerat dan masih dapat bergerak bebas.
                 bowonb
-      simpul tarik
       simpul digunakan untuk menuruni tebing/pohon dan tidak akan kembali
      
-      simpul kursi
       gunanya untuk mengangkat dan menurunkan orang atau barang.
      
-      simpul kembar
       simpul untuk menyambung dua tali yang sama besar dan dalam kondisi licin atau basah.
      
-      simpul jangkar
       digunakan untuk membuat tandu darurat
      

*     IKATAN
-      ikatan palang
       ikatan untuk membentuk palang yang bersudut 90 derajat
                  
-      ikatan silang
       ikatan untuk membentuk tongkat bersilangan dan talinya membentuk diagonal
      
b.     Memahami peta, kompas dan cara menggunakannya
        -      membaca peta topografi
        -      membuat peta pita
        -      membuat panorama sket
        -      memahami kompas dan cara penggunaannya
c.    Isyarat dan Sandi
      -      membaca dan mengirim isyarat dengan semaphore
-      membaca dan mengirim isyarat dengan morse, dengan menggunakan : peluit, bendera, senter, pesawat telegraph
-      memecahkan/membaca macam-macam sandi, kita harus menemukan dan memahami terlebih dahulu apa yang menjadi kunci sandi yang ada.
d.    Menafsir
-      menafsir tinggi pohon/tiang
-      menafsir lebar sungai
-      menafsir berat, dll

8.    Keterampilan Mengenal Alam
a.    Kabut
1)    kabut tipis dan merata pertanda cuaca baik
2)    terang benderang di pagi hari pertanda buruk
3)    kabut di gunung-gunung pertanda akan turun hujan
4)    udara sejuk dan berembun di pagi hari pertanda akan turun hujan di siang hari.
b.    Matahari
1)    matahari terbit berwarna kemerah-merahan dan diliputi garis-garis awan hitam pertanda akan ada hujan
2)    matahari terbit berwarna kemerahan yang terang pertanda cuaca baik
3)    matahari terbit kemerahan dan dicampuri garis-garis awan kekuning-kuningan pertanda akan hujan lebat
4)    matahari terbenam dengan warna kekuning-kuningan pertanda akan ada hujan
5)    warna merah pada saat matahari terbenam pertanda akan terjadi angin yang cukup kencang
c.    Binatang
1)    semut, akan tetap berada dalam liangnya bila cuaca akan buruk, tetapi akan keluar dari liangnya dan berjalan mondar-mandir bila cuaca akan tetap baik
2)    ayam, akan tetap berjalan-jalan dan membiarkan dirinya kehujanan menandakan bahwa hujan tidak akan berlangsung lama; tetapi kalau ayam tersebut berteduh saat hujan turun pertanda bahwa hujan akan berlangsung lama
3)    lalat, akan tetap hinggap di tembok apabila akan turun hujan; apabila beterbangan kian kemari pertanda cuaca cerah.
4)    cacing, pada malam hari menimbun tanah berbutir-butir di kebun pertanda akan datang hujan, dan bila cacing keluar dari liangnya menandakan hujan akan turun lama.
5)    tanda-tanda lain jika cuaca akan buruk :
-      kucing, duduk dengan membelakangi api sambil mengusap-usap kepalanya dengan kaki depannya yang dibasahi dengan mulutnya.
-      burung-burung, membasahi bulunya dengan paruhnya
-      burung-burung laut beterbangan menuju daratan
9.    Keterampilan Sosial
        Keterampilan sosial ialah keterampilan-keterampilan yang muncul/timbul karena dorongan kepeduliannya terhadap kebutuhan masyarakat, diantaranya terhadap kebutuhan masyarakat, diantaranya :
a.    Keterampilan PPPK (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan)
      diantaranya :
      1)    keterampilan tentang kesehatan lapangan
      2)    keterampilan dapur umum
      3)    keterampilan tentang evakuasi
      4)    keterampilam Search And Rescue (SAR)
b.    Keterampilan tentang kesehatan masyarakat
c.    Keterampilan tentang pengamanan masyarakat
      1)    keterampilan pengamanan TKP (Tempat Kejadian Perkara)
      2)    keterampilan pemadam kebakaran
      3)    keterampilan konservasi tanah dan air

III.     PENUTUP
         Masyarakat berasumsi  bahwa  setiap Pramuka pasti memiliki keterampilan Kepramukaan kiranya asumsi tersebut masuk akal juga, oleh karena itu menjadi kewajiban bagi kitalah untuk memberikan bekal keterampilan kepada Pramuka dengan sebanyak-banyaknya yang meliputi : keterampilan spiritual, keterampilan emosional, keterampilan manajerial, keterampilan fisik, keterampilan mengenal alam dan keterampilan sosial.

KEPUSTAKAAN
1.      AD & ART Gerakan Pramuka, Kepres RI No. 24 Tahun 2009 dan Kep.Ka Kwarnas No. 203 Tahun 2009.
2.      Renstra Gerakan Pramuka Panca Karsa Utama 1999 - 2004, Kep Ka. Kwarnas No. 72 Tahun 1999, Kwarnas, Jakarta, 1999.
3.      Panduan Kegiatan Perkemahan Dan Keterampilan Pramuka, Kwarda DKI Jakarta, 1999.
4.      Powell, Lord Baden. Memandu Untuk Pramuka, Kwarnas, Jakarta, 1998.



0 comments:

Post a Comment