1.
Media
Pembelajaran
Menurut
AECT (dalam Rahadi,2003:10) mengatakan bahwa media pembelajaran adalah segala sesuatu yang digunakan orang
untuk menyalurkan pesan.Pendapat senada juga disampaikan oleh Gagne (dalam
Rahadi,2003:10) bahwa media adalah sebagai jenis komponen dalam lingkungan
siswa yang dapat merangsang mereka untuk
belajar.
Briggs
(dalam Susiana,2007:6) juga berpendapat bahwa media merupakan alat untuk
memberikan perangsang bagi siswa agar
terjadi proses belajar. Sementara Heinich (dalam Susiana,2007:6) menyatakan
bahwa media merupakan alat saluran komuikasi. Media berarti perantara sumber
pesan (a source) dengan penerima
pesan (areceiver). Dikatakan sebagai
media pembelajaran jika membawa pesan-pesan (massages) dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran.
Perolehan
pengetahuan siswa akan semakin abstrak
jika pesan yang disampaikan melalui kata
verbal. Siswa hanya mengetahui tentang
kata tanpa memahami makna yang
terkandung didalamnya, hal ini akan menimbulkan kesalahan penafsiran siswa. Oleh karena itu, sebaiknya siswa
memiliki pengalaman yang lebih kongrit,
pesan yang ingin disampaikan dapat mencapai tujuan yang dicapai sehingga
memotivasi siswa untuk belajar. Pengalaman yang lebih kongrit dapat dilakukan
melalui penggunaan media pembelajaran.
Berdasarkan
beberapa pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa media adalah segala bentuk
dan saluran yang digunakan untuk menyampaikan pesan yang dapat merangsang siswa
untuk belajar.
0 comments:
Post a Comment