LAPORAN PER SEMESTER
DATA DAN KEGIATAN GUDEP
I.
UMUM.
1.
Gugus Depan :…………………………………………………………………...
2.
Alamat : …………………………………………………………………...
3.
Tempat berlatih:
…………………………………………………………………...
II.
KEANGGOTAAN.
1.
Orang Dewasa
a.
Pembina Gugus Depan
b.
Pembina dan Pelatih
2.
Peserta Didik
a.
Penegak Putra.
Calon Penegak : ………………………….. orang
Bantara :
………………………….. orang
Laksana :
………………………….. orang
Garuda : …………………………..
orang
b.
Penegak Putri
Calon Penegak : ………………………….. orang
Bantara :
………………………….. orang
Laksana :
………………………….. orang
Garuda : …………………………..
orang
3.
Laporan Tingkat TKK
III.
KEGIATAN.
1.
Gugus Depan
2.
Pasukan Penegak
IV.
KEUANGAN.
1.
Pemasukan : Rp……………..
2.
Pengeluaran : Rp.
……………
Saldo Rp.
……………
Dukungan kegiatan terlampir.
Semarang,……….............2014
Pembina Gugus Depan
.................................
FORMULIR
PENDAFTARAN
ANGGOTA GERAKAN PRAMUKA
1.
Nama Lengkap :............................................................. Pa/Pi
2.
Tempat / Tanggal Lahir :…………………………………………………………….
3.
Agama :.…………………………………………………………….
4.
Nama Orang Tua / Wali :……………………………………………………………..
5.
Pekerjaan Orang Tua / Wali :.…………………………………………………………….
6.
Anak Ke : ………… Jumlah Sdr Pa ……… orang, Pi ………. orang
7.
Golongan Darah :…………………………………………………………….
8.
Alamat Rumah :
…………………………………………………………….
………………………………………………………….....
…………………………………………………………….
…………………………………………………………….
9.
Bakat Dan Hobi : …………………………………………………………….
10.
Pengalaman Dalam Kepramukaan :...............…………………...………………………
Tahun :…………….Sebagai
…………………………………………….……………
Tahun :…………….Sebagai …………………………………………….……………
Tahun :…………….Sebagai
…………………………………………….……………
Tahun :…………….Sebagai
…………………………………………….……………
Tahun :…………….Sebagai
…………………………………………….……………
11.
Lain – Lain.
……………………………………………………………………………………………...
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
Semarang,........................
Pendaftar
..........................................
CATATAN PRIBADI ANGGOTA PRAMUKA
1.
Nama Lengkap : ………………………………………………………………...
2.
Tempat / Tanggal Lahir : ………………………………………………………………...
3.
Agama : ………………………………………………………………...
4.
Masuk Pramuka Tanggal : ………………………………………………………………...
5.
Sifat baik yang perlu
dikembangkan : ………………………………………………...
6.
Sifat yang kurang baik
perlu dikurangi : ………………………………………………...
7.
Kepemimpinan yang
pernah dialami / diikuti : …………………………………………
8.
Peristiwa - peristiwa
penting selama menjadi anggota pramuka :
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
9.
Observasi terhadap
pribadi anggota :
· Kecerdasan :
………………………………………………………...
· Gotong royong :
………………………………………………………...
· Disiplin :
………………………………………………………...
· Kegembiraan :
………………………………………………………...
· Suka menolong / membantu :
………………………………………………………...
· Loyalitas :
………………………………………………………...
· Kejujuran :
………………………………………………………...
· Inisiatif :
………………………………………………………...
· Kepribadian / meliutasi :
………………………………………………………...
· Kreatifitas :
………………………………………………………...
· Pengabdian :
………………………………………………………...
No
|
Peristiwa penting
|
Tanggal
|
Tempat
|
1
|
Naik Golongan Penegak
|
|
|
2
|
Di Lantik Penegak
|
|
|
3
|
Menjadi Penegak Bantara
|
|
|
4
|
Menjadi Penegak Laksana
|
|
|
10. Kegiatan kepramukaan / kegiatan lain yang diikuti : ……………………………………..
11. Penyakit / gangguan kesehatanyang pernah diderita :
……………………………...……..
12.
Mutasi anggota tanggal
: …………………………………………………………………
DAFTAR INDUK ANGGOTA GERAKAN
PRAMUKA
GUGUS DEPAN :
………………………………………………….
PANGKALAN :
……………………………….………………….
NO
|
NO. INDUK
|
NTA
|
NAMA
|
AGAMA
|
GOL. DARAH
|
SEKOLAH/
PEKERJAAN
|
NAMA ORANG TUA
|
PEKERJAAN ORANG TUA
|
TINGKATAN
|
KETERANGAN
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Semarang, …………………… 2014
Pembina
.................................
DAFTAR INVENTARIS GUGUS DEPAN
NO
|
Nama Barang
|
Merk/Tpye
|
Kode Barang
|
Jumlah Barang
|
Harga
|
Cara/Tanggal
Pengadaan
|
Kondisi/Keterangan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Semarang, …………………… 2014
Pembina
..................................
PENERIMAAN DAN PENGELUARAN UANG
GUGUS DEPAN
Bulan : ……………………………..
NO
|
URAIAN
|
No.
BUKTI
|
PENERIMAAN
(Rp.)
|
PENGELUARAN
(Rp.)
|
KETERANGAN
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Semarang, ……………. 2014
Pembina,
...................................
BUKU TAMU GUGUS DEPAN
NO
|
NAMA
|
ALAMAT
|
JABATAN
|
TUJUAN
|
SARAN/PESAN
|
PARAF
|
|
|
|
|
|
|
|
Semarang, ……………… 2014
Pembina
..............................
AGENDA SURAT MASUK
GUGUS DEPAN KOTA SEMARANG 08.093 – 08.094
PANGKALAN SMA N 3 SEMARANG
JL. PEMUDA NO. 149 SEMARANG
No
|
Tanggal
|
Pengirim
|
Isi Surat
|
Disposisi
|
Keterangan
|
||
Urut
|
Surat
|
Surat
|
Terima
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
AGENDA SURAT KELUAR
GUGUS DEPAN KOTA SEMARANG 08.093 – 08.094
PANGKALAN SMA N 3 SEMARANG
JL. PEMUDA NO. 149 SEMARANG
No
|
Tanggal Surat
|
Isi Surat
|
Instansi Tujuan
|
Penanggung Jawab
|
keterangan
|
|
Urut
|
Surat
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
BUKU NOTULEN RAPAT
Hari :
...............................................................................................................
Tanggal : ...............................................................................................................
Tempat : ...............................................................................................................
Pukul :
...............................................................................................................
Agenda : ...............................................................................................................
Pemimpin Rapat : ...............................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
Pemimpin Rapat Notulis
____________________ ________________
DAFTAR HADIR RAPAT
Hari : ……………………………………………………………………………
Tanggal : ……………………………………………………………………………
Tempat : ……………………………………………………………………………
Pukul : ……………………………………………………………………………
Agenda : ……………………………………………………………………………
Pemimpin Rapat: ……………………………………………………………………………
NO
|
NAMA
|
JABATAN
|
ALAMAT
|
TANDA
TANGAN
|
1
|
|
|
|
1.
|
2
|
|
|
|
2.
|
3
|
|
|
|
3.
|
4
|
|
|
|
4.
|
5
|
|
|
|
5.
|
6
|
|
|
|
6.
|
7
|
|
|
|
7.
|
8
|
|
|
|
8.
|
9
|
|
|
|
9.
|
10
|
|
|
|
10.
|
11
|
|
|
|
11.
|
12
|
|
|
|
12.
|
13
|
|
|
|
13.
|
14
|
|
|
|
14.
|
15
|
|
|
|
15.
|
Pemimpin Rapat,
JADWAL ACARA LATIHAN
HARI : …………………………………………….
TANGGAL : …………………………………………….
WAKTU :…………………………………………….
NO
|
WAKTU
|
SASARAN
|
ACARA
|
ALAT
|
PETUGAS
|
KET
|
|
POKOK
|
PENGGANTI
|
||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
NOTULA
RAPAT
Hari / Tanggal : ………………………………………………………………….
Waktu : ……………………………………………………………………
Pokok pembicaraan : ……………………………………………………………………
Pencatat : ……………………………………………………………………
NO
|
Permasalahan
|
Pemecahan
|
Keterangan
|
|
|
|
|
LOG BOOK / CATATAN PERISTIWA –
PERISTIWA PENTING
GUGUS DEPAN KOTA SEMARANG 08.093 – 08.094
PANGKALAN SMA N 3 SEMARANG
JL. PEMUDA NO. 149 SEMARANG
No
|
Hari/Tanggal
|
Pukul
|
Peristiwa, Ilustrasi, Gambar, Tempelan, Guntingan Peristiwa
|
|
|
|
|
DAFTAR
PRESENSI PESERTA DIDIK
GUGUS
DEPAN KOTA SEMARANG 08.093 – 08.094
PANGKALAN
SMA N 3 SEMARANG
JL.
PEMUDA NO. 149 SEMARANG
Sangga : Bulan…………
2014
No
|
Nama
|
Iuran
Tanggal
|
Jml
|
Presensi Tanggal
|
Keterangan
|
||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Sangga : Bulan………… 2014
No
|
Nama
|
Iuran
Tanggal
|
Jml
|
Absensi
Tanggal
|
Keterangan
|
||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Sangga : Bulan………… 2014
No
|
Nama
|
Iuran
Tanggal
|
Jml
|
Absensi
Tanggal
|
Keterangan
|
||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
MATERI
KEPRAMUKAAN
BENTUK BARISAN UPACARA PENEGAK
berbanjar
di palai oleh pramuka penegak, pandega dan Pembina.
penegak adalah anggota pramuka yang berusai dari 16 sampai 20 tahun, memiliki warna dasar kuning yang berarti mulai matang . di sini para pramuka penegak, pandega dan pembina mengunakan bentuk barisan sepaerti yang ada di samping ini yang memiliki arti bahwa pramuka penegak, pandega serta pembina sudah mengenal nilai - nilai kemasyarakatan dan sudah terbuka wawasan pikir serta mengabdi ke pada masyarakat atau dengan kata lain pramuka penegak udah terjun langsung ke masyarakat sesuai dengan trisatya pramuka penegak yaitu " ikut serta membangun masyarakat"
penegak adalah anggota pramuka yang berusai dari 16 sampai 20 tahun, memiliki warna dasar kuning yang berarti mulai matang . di sini para pramuka penegak, pandega dan pembina mengunakan bentuk barisan sepaerti yang ada di samping ini yang memiliki arti bahwa pramuka penegak, pandega serta pembina sudah mengenal nilai - nilai kemasyarakatan dan sudah terbuka wawasan pikir serta mengabdi ke pada masyarakat atau dengan kata lain pramuka penegak udah terjun langsung ke masyarakat sesuai dengan trisatya pramuka penegak yaitu " ikut serta membangun masyarakat"
UPACARA
PEMBUKAAN LATIHAN AMBALAN PENEGAK
Upacara Pembukaan Latihan di Ambalan
Penegak diatur sebagai berikut :
a.
Kerapihan setiap
anggota ambalan.
b.
Sangga Kerja
menyiapkan perlengkapan upacara
c.
Pradana mengumpulkan
anggota ambalan dalam bentuk barisan bersaf.
d.
Laporan Pemimpin Sanga
kepada Pradana.
e.
Pada waktu Pemimpin
Sangga meninggalkan tempat, Wakil Pemimpin Sangga pindah ke tempat Pemimpin
Sangga.
f.
Para Pemimpin Sangga
sesudah laporan mengambil tempat di sebelah kanan barisan.
g.
Pradana menjemput
Pembina dan mengantarnya ke sebelah kanan para pemimpin Sangga.
h.
Pradana mengambil
tempat di depan barisan, sesuai dengan adat ambalan yang berlaku.
i.
Petugas bendera
mengibarkan Sang Merah Putih, Pradana memimpin penghormatannya.
j.
Pembacaan Dasaidarma
oleh petugas.
k.
Pembina Penegak atau
Pembina Upacara membaca Pancasila diikuti oleh anggota ambalan.
l.
Pengumuman dari
Pradana/Pembina.
m.
Pradana memimpin doa
sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
n.
Barisan dibubarkan
oleh Pradana dilanjutkan dengan acara latihan.
UPACARA
PENUTUPAN LATIHAN AMBALAN PENEGAK
Jalannya Upacara Penutupan Latihan pasukan ambalan penegak
adalah sebagai berikut :
a.
Kerapihan setiap
anggota ambalan.
b.
Pradana mengumpulkan
anggota ambalan dalam bentuk barisan bersaf.
c.
1) Pemimpin Sangga
mengambil tempat di sebelah kanan barisan.
2) Wakil Pemimpin
Sangga pindah ke tempat Pemimpin Sangga.
d.
Pradana menjemput
Pembina Penegak dan mengantarkannya ke sebelah kanan barisan.
e.
Pradana mengambil tempat
di depan barisan sesuai dengan adat ambalan yang berlaku.
f.
Petugas bendera
menurunkan Sang Merah Putih untuk disimpan.
g.
Pembacaan renungan
atau sandi ambalan oleh petugas.
h.
Pengumuman tentang
sangga kerja untuk latihan yang akan datang, dan lain-lain.
i.
Pradana memimpin
berdoa sesuai agama dan kepercayaan masing-masing.
j.
Laporan Pradana kepada
Pembina Penegak.
k.
Pradana membubarkan
barisan.
SEJARAH SINGKAT GERAKAN
PRAMUKA
“DARI GERAKAN KEPANDUAN KE
GERAKAN PRAMUKA”
I.
PENDAHULUAN
Sejarah merupakan cermin bagi keadaan sekarang. Sejarah
merupakan sumber pemikiran dan pembelajaran dalam mengembangkan tujuan-tujuan
yang akan datang.
II.
MATERI POKOK
1.
Masa Hindia Belanda
a.
Tahun 1908, Mayor Jenderal Robert Baden Powell melancarkan
suatu gagasan tentang pendidikan luar sekolah
untuk kanak-anak Inggris, dengan tujuan agar menjadi manusia Inggris,
warga Inggris dan anggota masyarakat Inggris yang baik sesuai dengan keadaan
dan kebutuhan kerajaaan Inggris Raya ketika itu.
b.
Untuk itu beliau mengarang sebuah buku yang terkenal yaitu “Scouting for Boys”. Buku ini berisi
pengalaman beliau dan latihan apa yang diperlukan yang diperlukan para Pramuka.
c.
Gagasan Boden Powell dinilai cemerlang dan sangat menarik
sehingga banyak diikuti dan didirikan kepanduan di negara-negara lain. Diantaranya
di negeri Belanda dengan nama Padvinder atau Padvinderij.
d.
Oleh orang Belanda, gagasan
kepanduan di bawa dan dilaksanakan di sini (Nederlands OOst Indie), dengan mendirikan
Nederland Indischie Padvinders Vereeniging (NIPV) atau Persatuan Pandu-pandu
Hindia-Belanda.
e.
Oleh pemimpin-pemimpin di dalam pergerakan nasional, gagasan
Baden Powell dimabil alih dengan membentuk organisasi-organisasi kepanduan yang
bertujuan membentuk manusia Indonesia yang baik yaitu sebagai kader Pergerakan
Nasional. Pada saat itu mulailah bermunculan organisasi-organisasi kepanduan
diantaranya Javanse Padvinders Organizatie (JPO), Jong Java Padvinderij (JJP), National
Islamitje Padvinderij (NATIPIJ), Sarikat Islam Afdeling Padvinderij (SIAP), Hizbul Wathan (HW) dan lain sebagainya.
f.
Sumpah Pemuda yang dicetuskan pada Kongres Pemuda pada
tanggal 28 Oktober 1928, benar-benar telah menjiwai gerakan kepanduan nasional
Indonesia untuk lebih bergerak maju. Pemerintah Hindia Belanda melarang
penggunaan istilah Padvinder dan Padvinderij untuk organjisasi kepanduan di
luar NIPV.
g.
Dengan meningkatkan kesadaran nasional Indonesia, maka
timbullah niat untuk persatuan antara organisasi-organisasi kepanduan. Pada
tahun 1930 muncullah Kepanduan Bangsa Indonesia (KBI) yang merupakan gabungan dari
organisasi kepanduan Indonesische Padvinders Organizatie
(INPO), Pandu Kesultanan (PK) dan Pandu Pemuda Sumatera (PPS). Pada tahun
1931 terbentuk federasi kepanduan dengan
nama Persatuan Antar Pandu-pandu Indonesia (PAPI), yang kemudian berubah menjadi
Badan Pusat Persaudaraan Kepanduan Indonesia (BPPKI) pada tahun 1938.
2.
Masa Pendudukan Jepang
Pada masa
pendudukan Jepang (PD II), penguasa Jepang di Indonesia melarang keberadaan
organisasi kepanduan di Indonesia di larang adanya. Tokoh-tokoh kepanduan
banyak yang masuk dalam organisasi Seinendan, Keibodan dan Pembela Tanah Air
(PETA).
3.
Masa Perang Kemerdekaan
Dengan
diproklamasikan kemerdekaan 17 Agustus 1945, bangsa Indonesia bahu membahu
mempertahankan kemerdekaan. Seiring
dengan itu, pada tanggal 28 Desember 1945 di Surakarta berdiri Pandu Rakyat
Indonesia (PARI) sebagai satu-satunya organisasi kepanduan di wilayah Republik Indonesia.
4.
Masa Pasca Perang Kemerdekaan
hingga 1961
a.
Setelah pengakuan kedaulatan NKRI, maka mulailah Indonesia
memasuki masa pemerintahan yang liberal. Sesuai dengan situasi pemerintahan
tersebut maka bermunculan organisasi kepanduan seperti HW, SIAP, Pandu Islam
Indonesia, Pandu Kristen, Pandu Katholik, Kepanduan Bangsa Indonesia (KBI) dan
lain-lain.
b.
Menjelang tahun 1961, kepanduan Indonesia telah
terpecah-pecah menjadi lebih dari 100 organisasi kepanduan, suatu keadaan yang
terasa lemah meski tebagi ke dalam 3 federasi organisasi kepanduan; satu
federasi kepanduan putra dan dua federasi kepanduan putri:
·
Ikatan Pandu Indonesia (IPINDO), 13 September 1951.
·
Persatuan Organisasi Pandu Putri Indonesia (POPPINDO), 1954.
·
Perserikatan Kepanduan Putri Indonesia.
Keadaan ini membuat lemah organisasi kepanduan, ketiga federasi tersebut
melebur menjadi satu federasi: Persatuan Kepanduan Indonesia (PERKINDO). Namun
yang masuk dalam federasi ini hanya berkisar 60 buah dari 100 buah organisasi
kepanduan, dan hanya berjumlah 500.000 anggota.
Disamping itu, sebagian dari 60 organisasi kepanduan anggota PERKINDO
tersebut berada dibawah organisasi politik atau organisasi massa tetap saling
berhadap-hadapan berlawanan satu sama lain, sehingga tetap melemahkan gerakan
kepanduan Indonesia.
c.
Melihat keadaan tersebut, PERKINDO membentuk panitia untuk
memikirkan jalan keluarnya. Panitia menyimpulkan bahwa kepanduan lemah dan terpecah-pecah, terpaku dalam
cengkeraman gaya lama yang tradisional daripada kepanduan Inggris, pembawaan
dari luar negeri. Hal ini berakibat bahwa pendidikan yang diselenggarakan oleh
gerakan kepanduan Indonesia belum disesuaikan dengan keadaan dan kebutuhan
bangsa dan masyarakat Indonesia, maka ketika itu gerakan kepanduan kurang
memperoleh tanggapan dari bangsa dan masyarakat Indonesia. Kepanduan hanya
berjalan di kota-kota besar dan di situpun hanya terdapat pada lingkungan
orang-orang yang sedikit banyak sudah berpendidikan barat.
d.
Kondisi lemah gerakan kepanduan Indonesia dimanfaatkan oleh
pihak komunis sebagai alasan untuk memaksa gerakan kepanduan Indonesia menjadi
Gerakan Pioner Muda seperti yang terdapat di negara-negara komunis.
e.
Kekuatan Pancasila di dalam PERKINDO berusaha menentangnya,
dengan bantuan Perdana Menteri Djuanda maka tercapailah perjuangan dengan
menghasilkan Keputusan Presiden RI No. 238 Tahun 1961 tentang Gerakan Pramuka,
pada tanggal 20 Mei 1961 yang ditandatangani
oleh
Ir. Djuanda selaku Pejabat Presiden RI, karena Presiden Sukarno sedang
berkunjung ke negeri Jepang.
5.
Masa 1961-1999
Dengan Keppres
No. 238 Tahun 1961, Gerakan Kepanduan Indonesia mulai dengan keadaan baru
dengan nama Gerakan Praja Muda Karana atau Gerakan Pramuka.
a.
Semua organisasi kepanduan melebur ke dalam Gerakan Pramuka,
menetapkan Pancasila sebagai dasar
Gerakan Pramuka.
b.
Gerakan Pramuka adalah suatu perkumpulan yang berstatus
non-governmental (bukan badan pemerintah) yang berbentuk kesatuan. Gerakan
Pramuka diselenggarakan menurut jalan aturan demokrasi, dengan pengurus
(Kwartir Nasional, Kwartir Daerah, Kwartir Cabang dan Kwartir Ranting) yang
dipilih dalam musyawarah.
c.
Gerakan Pramuka sebagai satu-satunya badan di wilayah NKRI
yang diperbolehkan menyelenggarakan kepramukaan bagi anak dan pemuda Indonesia;
organisasi lain yang menyerupai, yang sama dan
sama sifatnya dengan Gerakan Pramuka dilarang adanya.
d.
Gerakan Pramuka bertujuan mendidik anak dan pemuda Indonesia
dengan prinsip dasar metodik pendidikan kepramukaan yang pelaksanaanya
diserasikan dengan keadaan, kepentingan dan perkembangan bangsa dan masyarakat Indonesia agar menjadi
manusia Indonesia yang baik dan anggota masyarakat yang berguna bagi
pembangunan bangsa dan negara.
e.
Prinsip-prinsip Dasar Metodik Pendidikan Kepramukaan
sebagaimana dirumuskan oleh Baden Powell
tetap dipegang, akan tetapi pelaksanaanya diserasikan dengan keadaan,
kepentingan dan perkembangan bangsa dan
masyarakat Indonesia; dengan menyesuaikan dan diserasikan dengan keadaan dan
kebutuhan regional ataupun lokal di masing-masing wilayah di Indonesia ternyata
mampu membawa banyak perubahan yang mampu membawa Gerakan Pramuka mengembangkan
kegiatannya secara meluas.
f.
Gerakan Pramuka ternyata lebih kuat organisasinya dan
memperoleh tanggapan luas dari masyarakat, sehingga dalam waktu singkat
organisasinya telah berkembang dari kota-kota hingga ke kampong dan desa-desa,
jumlah anggotanya meningkat dengan pesat.
g.
Kemajuan pesat tersebut tak lepas dari system Majelis Pembimbing
(Mabi) yang dijalankan oleh Gerakan Pramuka di setiap tingkat, baik dari
tingkat nasional hingga ke tingkat gugusdepan (Gudep).
h.
Mengingat bahwa 80% penduduk Indonesia tinggal di desa dan
75% adalah keluarga petani, maka pada tahun 1961 Kwartir Nasional menganjurkan
supaya para Pramuka menyelenggarakan kegiatan di bidang pembangunan masyarakat
desa.
i.
Anjuran tersebut dilaksanakan terutama di Jawa Tengah, DI
Yogyakarta, Jawa Timur dan Jawa Barat telah mampu menarik perhatian
pemimpin-pemimpin masyarakat Indonesia. Pada tahun 1966, Menteri Pertanian dan
Ketua Kwartir Nasional mengeluarkan instruksi bersama tentang pembentukan
Satuan Karya Pramuka (Saka) Tarunabumi. Saka Tarunabumi dibentuk dan
diselenggarakan khusus untuk memungkinkan adanya kegiatan Pramuka di bidang
pendidikan cinta pembangunan pertanian dan pembangunan masyarakat desa secara
lebih nyata dan intensif.
Kegiatan Saka Tarunabumi ternyata telah membawa pembaharuan, bahkan
membawa semangat untuk mengusahakan penemuan-penemuan baru (inovasi) pada
pemuda desa yang selanjutnya mampu mepengaruhi seluruh masyarakat desa.
j.
Model pembentukan Saka Tarunabumi kemudian berkembang menjadi
pembentukan Saka lainnya seperti Saka Dirgantara, Saka Bahari dan Saka
Bhayangkara.
Anggota Saka-saka tersebut terdiri dari para Pramuka Penegak dan Pramuka
Pandega yang memiliki minat di bidangnya. Pramuka Siaga dan Penggalang tidak
ikut dalam Saka tersebut. Para Pramuka Penegak dan Pandega yang tergabung dalam
Saka menjadi instruktur di biangnya bagi adik-adik dan rekan-rekannya di gudep.
k.
Perluasan kegiatan Gerakan Pramuka yang berkembang
pesat hingga ke desa-desa, terutama kegiatan di bidang pembangunan pertanian
dan masyarakat desa, dan pembentukan Saka Tarunabumi menarik perhatian badan
internasional seperti FAO, UNICEF, UNESCO, ILO dan Boys Scout World Bureau.
6.
Masa 1999 – sekarang
a.
Perkembangan politik negara dan pemerintahan mengalami perubahan
dengan adanya Reformasi, turut mempengaruhi perkembangan masyarakat secara
menyeluruh.
b.
Untuk pertamakalinya pemilihan KaKwarnas dengan Pemilihan
Langsung oleh Kwartir Daerah pada Munas 2003 di Jakarta.
c.
Pencanangan Revitaliasi Gerakan Pramuka oleh Presiden RI
selaku Ka Mabinas
d.
Pembentukan Saka Wirakartika
e.
RUU Kepramukaan
III.
PENUTUP
Sejarah Gerakan Pramuka merupakan sumber pemikiran dan
pembelajaran pengembangan organisasi, agar terus digali untuk memberikan
sumbangsih kepada bangsa dan negara.
Reverensi &
Bahan Pustaka.
1.
Patah tumbuh hilang berganti,
40 Tahun Gerakan Pramuka.
2.
Buku Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar
(KMD).
KETERAMPILAN KEPRAMUKAAN
I. PENDAHULUAN
1. Keterampilan
kepramukaan merupakan keterampilan yang didapat seseorang pramuka dari kegiatan
kepramukaan yang diikutinya : keterampilan kepramukaan selalu siap untuk
dimanfaatkan sewaktu - waktu dalam menghadapi tantangan.
2. Pemilikkan
keterampilan kepramukaan pada seseorang pramuka banyak sedikitnya tergantung
pada :
a. golongan
usia pramuka (S,G,T,D)
b. berapa lama pramuka tersebut mengikuti
kegiatan kepramukaan
c. bagaimana kualitas pembinanya
II. MATERI
POKOK
1. Keterampilan
kepramukaan merupakan kebutuhan untuk dimiliki peserta didik/kaum muda/pramuka,
karena masyarakat mempunyai aumsi bahwa seseorang pramuka pasti memiliki
keterampilan kepramukaan yang dapat digunakan sebagai modal pramuka dalam
kehidupanya sehari - hari di masyarakat.
2. Untuk
dapat memenuhi kebutuhan tersebut diatas, Pembina Pramuka dituntut agar
memiliki seperangkat keterampilan kepramukaan.
Keterampilan kepramukaan oleh Pembina Pramuka dapat difungsikan sebagai
media pendidikan/pembinaan watak peserta didik.
3. Keterampilan
kepramukaan dapat dikelompokkan sebagai berikut :
a.
Keterampilan Spiritual
b.
Keterampilan Emosional
c.
Keterampilan Manajerial
d.
Keterampilan Pisik
e.
Keterampilan Mengenal Alam
f.
Keterampilan Sosial
4. Keterampilan
Spiritual
Keterampilan
Spiritual ialah keterampilan sikap dan perilaku seseorang pramuka yang dalam
keseharian mencerminkan perwujudan :
a. pengamalan kaidah - kaidah agama yang
dianutnya.
b. pengalaman Prinsip Dasar Kepramukaan
c. pengamalan Kode Kehormatan Pramuka
d. pengamalan Pancasila
5. Keterampilan
Emosional
Keterampilan
Emosional ialah keterampilan menata emosi, sehingga yang bersangkutan antara
lain menjadi pramuka yang :
a.
cermat dalam menghadapi masalah
b.
bijak dalam mengambil keputusan
c.
sabar
d.
tidak tergesa - gesa dalam
menentukan sikap
e.
menghormati lawan bicara
f.
sopan
g.
santun dalam berbicara
h.
hormat kepada orang tua
6 Keterampilan
Manajerial
Keterampilan
Manajerial ialah keterampilan merencanakan dan mengelola kegiatan sehingga
mencapai kesuksesan. Pramuka yang
memiliki keterampilan manajerial, diantaranya memiliki keterampilan :
a.
kepemimpinan
b.
perencanaan, pemrograman dan
pelaksanaan kegiatan
c.
administrasi
d.
hubungan antar insani
(relationship)
e.
penyusunan pelaporan
7. Keterampilan
Pisik
Keterampilan
Pisik ialah keterampilan yang secara pisik menjadi kebutuhan peserta didik
bekal dalam mengatasi tantangan/rintangan.
Yang tergolong keterampilan pisik, ialah :
a. Tali
- temali
ialah
keterampilan dengan menggunakan dasar tali, dikelompokkan dalam :
* SIMPUL, ialah ikatan pada tali,
diantaranya :
- simpul
ujung tali
simpul untumenjaga agar tali tidak terurai
- simpul
mati
Simpul
untuk menyambung ua tali yang sama besar
- simpul
anyam
simpul
untuk menyambung dua tali yang tidak sama besarnya dalam kondisi kering
- Simpul
anyam berganda
simpul
untuk menyambung dua tali yang tidak sama besarnya dalam kondisi basah atau
kering
- simpul
erat
untuk
memulai suatu ikatan
- simpul
pangkal
simpul
digunakan untuk permulaan ikatan
- simpul
tiang
simpul
untuk mengikat leher binatang agar tidak terjerat dan masih dapat bergerak
bebas.
- simpul
tarik
simpul
digunakan untuk menuruni tebing/pohon dan tidak akan kembali
- simpul
kursi
gunanya untuk mengangkat dan menurunkan orang atau barang.
- simpul
kembar
simpul untuk menyambung dua tali yang
sama besar dan dalam kondisi licin atau basah.
- simpul
jangkar
digunakan
untuk membuat tandu darurat
* IKATAN
- ikatan
palang
ikatan untuk membentuk palang yang bersudut 90 derajat
- ikatan
silang
ikatan untuk membentuk tongkat bersilangan dan talinya
membentuk diagonal
b. Memahami
peta, kompas dan cara menggunakannya
- membaca
peta topografi
- membuat
peta pita
- membuat
panorama sket
- memahami
kompas dan cara penggunaannya
c. Isyarat
dan Sandi
- membaca
dan mengirim isyarat dengan semaphore
- membaca
dan mengirim isyarat dengan morse, dengan menggunakan : peluit, bendera,
senter, pesawat telegraph
- memecahkan/membaca
macam-macam sandi, kita harus menemukan dan memahami terlebih dahulu apa yang
menjadi kunci sandi yang ada.
d. Menafsir
- menafsir
tinggi pohon/tiang
- menafsir
lebar sungai
- menafsir
berat, dll
8. Keterampilan
Mengenal Alam
a. Kabut
1) kabut
tipis dan merata pertanda cuaca baik
2) terang
benderang di pagi hari pertanda buruk
3) kabut
di gunung-gunung pertanda akan turun hujan
4) udara
sejuk dan berembun di pagi hari pertanda akan turun hujan di siang hari.
b. Matahari
1) matahari
terbit berwarna kemerah-merahan dan diliputi garis-garis awan hitam pertanda
akan ada hujan
2) matahari
terbit berwarna kemerahan yang terang pertanda cuaca baik
3) matahari
terbit kemerahan dan dicampuri garis-garis awan kekuning-kuningan pertanda akan
hujan lebat
4) matahari
terbenam dengan warna kekuning-kuningan pertanda akan ada hujan
5) warna
merah pada saat matahari terbenam pertanda akan terjadi angin yang cukup
kencang
c. Binatang
1) semut, akan tetap berada dalam liangnya
bila cuaca akan buruk, tetapi akan keluar dari liangnya dan berjalan
mondar-mandir bila cuaca akan tetap baik
2) ayam, akan tetap berjalan-jalan dan
membiarkan dirinya kehujanan menandakan bahwa hujan tidak akan berlangsung
lama; tetapi kalau ayam tersebut berteduh saat hujan turun pertanda bahwa hujan
akan berlangsung lama
3) lalat, akan tetap hinggap di tembok
apabila akan turun hujan; apabila beterbangan kian kemari pertanda cuaca cerah.
4) cacing,
pada malam hari menimbun tanah berbutir-butir di kebun pertanda akan datang
hujan, dan bila cacing keluar dari liangnya menandakan hujan akan turun lama.
5) tanda-tanda
lain jika cuaca akan buruk :
- kucing,
duduk dengan membelakangi api sambil mengusap-usap kepalanya dengan kaki
depannya yang dibasahi dengan mulutnya.
- burung-burung,
membasahi bulunya dengan paruhnya
- burung-burung
laut beterbangan menuju daratan
9. Keterampilan
Sosial
Keterampilan
sosial ialah keterampilan-keterampilan yang muncul/timbul karena dorongan
kepeduliannya terhadap kebutuhan masyarakat, diantaranya terhadap kebutuhan
masyarakat, diantaranya :
a. Keterampilan
PPPK (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan)
diantaranya
:
1) keterampilan
tentang kesehatan lapangan
2) keterampilan
dapur umum
3) keterampilan
tentang evakuasi
4) keterampilam
Search And Rescue (SAR)
b. Keterampilan
tentang kesehatan masyarakat
c. Keterampilan
tentang pengamanan masyarakat
1) keterampilan
pengamanan TKP (Tempat Kejadian Perkara)
2) keterampilan
pemadam kebakaran
3) keterampilan
konservasi tanah dan air
III. PENUTUP
Masyarakat
berasumsi bahwa setiap Pramuka pasti memiliki keterampilan
Kepramukaan kiranya asumsi tersebut masuk akal juga, oleh karena itu menjadi
kewajiban bagi kitalah untuk memberikan bekal keterampilan kepada Pramuka
dengan sebanyak-banyaknya yang meliputi : keterampilan spiritual, keterampilan
emosional, keterampilan manajerial, keterampilan fisik, keterampilan mengenal
alam dan keterampilan sosial.
KEPUSTAKAAN
1.
AD & ART Gerakan Pramuka,
Kepres RI No. 24 Tahun 2009 dan Kep.Ka Kwarnas No. 203 Tahun 2009.
2.
Renstra Gerakan Pramuka Panca
Karsa Utama 1999 - 2004, Kep Ka. Kwarnas No. 72 Tahun 1999, Kwarnas, Jakarta,
1999.
3.
Panduan Kegiatan Perkemahan Dan
Keterampilan Pramuka, Kwarda DKI Jakarta, 1999.
4. Powell,
Lord Baden. Memandu Untuk Pramuka, Kwarnas, Jakarta, 1998.
0 comments:
Post a Comment